Senin, 07 November 2022

Berpetualang Sambil Mengenal Puluhan Jenis Burung Di Jakarta Bird Land Ancol, Seru!

 


Rasa jenuh, bosan bahkan stres bisa dialami oleh siapa saja, untuk menghilangkan kejenuhan ada baiknya kita menyempatkan untuk berekreasi sejenak. Selain dapat menghilangkan rasa jenuh, rekreasi juga dapat menyegarkan pikiran sehingga kita akan kembali bersemangat melakukan rutinitas keseharian.

Tidak ada salahnya koq sesekali kita pergi rekreasi ke tempat wisata sekaligus edukasi. Dan tidak perlu report jauh-jauh pergi ke luar kota bagi kita yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya karena sekarang kita bisa rekreasi sekaligus belajar di Jakarta Bird Land, Ancol Taman Impian.

Wisata Edukasi Jakarta Bird Land 


(Foto : @jakartabirdland)

Hadirnya Jakarta Bird Land menjadi sebuah angin sejuk untuk kita semua yang tinggal di Jakarta, khususnya untuk saya dan keluarga. Karena selain lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal kami di daerah Bendungan Jago, Kemayoran, kurang lebih hanya 10 menit saja dari rumah ke Ancol Taman Impian menjadi sebuah keuntungan untuk kami.

Langsung saja kami meluncur ke Jakarta Bird Land pas weekend kemarin, tepatnya hari Minggu (5/11) yang bertepatan juga dihari launching-nya Jakarta Bird Land, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.

Happy banget kita bisa berkunjung ke Jakarta Bird Land, terutama adek Kayyisah nih, yang sudah tidak sabar mau berinteraksi langsung dengan beragam jenis burung yang ada di Jakarta Bird Land, Ancol Taman Impian.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa wisata edukasi sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, karena bisa membantu mereka dalam mempelajari berbagai macam hal secara langsung dari sumbernya.

Jakarta Bird Land merupakan taman wisata edukasi sekaligus tempat konservasi yang memiliki berbagai jenis spesies burung di Indonesia maupun mancanegara.

Lho, koq tempat konservasi sih?
Iya betul, selain menjadi taman wisata edukasi, Jakarta Bird Land juga menjadi tempat konservasi yang menyelamatkan berbagai spesies burung yang terancam punah melalui pusat Breeding & Research. Seperti salah satu karakter Kawan Jaga Langit yang bernama Angkasa dari spesies Elang Bondol.




Jakarta Bird Land yang memiliki luas kurang lebih 6.000 m2 terbagi dalam 6 kawasan, yaitu :

1. Area American Macaw dan Indonesian Cockatoo
Di area ini terdapat dua jenis burung, yaitu Macaw Amerika dan Kakatua Indonesia. Kita bisa melakukan beberapa aktivitas yang seru, seperti berinteraksi langsung dengan burung macaw dan kakatua, memberi makan burung , mendapatkan penjelasan dari tim education guide dan berfoto bersama burung.



Untuk aktivitas foto bersama burung atau photo spot bisa dilakukan pada pukul 10.00 - 16.00 WIB setiap hari. Sedangkan aktivitas lainnya seperti memberi makan burung bisa dilakukan pada dua sesi. Sesi pertama ada pada pukul 09.30 - 11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00 - 16.00 WIB.

2. Area Hornbill Family 
Hornbill atau Rangkong merupakan salah satu burung yang punya paruh melengkung berukuran besar. Paruh berwarna terang tersebut menjadi daya tarik utama Rangkong.

(Foto : @jakartabirdland)

Di Jakarta Bird Land terdapat burung Rangkong jantan dan betina yang bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjung. Aktivitas yang bisa dilakukan di area ini kurang lebih sama seperti di area Macaw.

3. Area Aviary Exhibit
Di habitatnya, ada beberapa burung yang berperan menjadi pemangsa. Contohnya antara lain Elang, Alap-alap, dan Elang Tikus.

Itulah 3 spesies burung pemangsa yang dimiliki oleh Jakarta Bird Land. Karena burung-burung ini cukup berbahaya, kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dengannya, tapi kita masih bisa menyaksikan pertunjukan memukau dari burung tersebut.

4. Area Water Bird
Tidak hanya di darat, beberapa spesies burung juga memiliki habitat di perairan. Untuk memperkenalkan burung tersebut, Jakarta Bird Land menyediakan area khusus yang berisi burung-burung seperti Bebek Mandarin, Angsa Hitam, Pelikan, Pecuk/Komoran, Pecuk Ular Asia Dan Bangau Bluwok.



Karena relatif tenang dan tidak membahayakan, kita pun bisa berinteraksi langsung dan memberi makan burung-burung di atas.

5. Area Free Range Bird
Siapa nih yang ingin berinteraksi langsung dengan burung di kandangnya? 
Kita bisa melakukan aktivitas ini di area kandang burung atau Aviary and Free Range Bird. Di area Aviary & Free Range terdapat burung dari berbagai macam spesies.

Kita bisa berinteraksi dengan burung-burung di Aviary selama jam operasional. Berbeda dengan area Free Range yang hanya tersedia di dua sesi, pada pukul 09.00-11.00 WIB dan 13.00-14.00 WIB.

6. Mini Show
Kurang lengkap rasanya kalau datang ke wahana atraksi burung tanpa menonton pertunjukan. Nah, Jakarta Bird Land menggelar 4 mini show setiap hari di beberapa area. Konsep dari show ini adalah fun education.

Selain bersenang-senang melihat pertunjukan, kita juga akan mendapatkan pengetahuan baru tentang burung.

Kawan Jaga Langit (Foto : @jakartabirdland)


Berikut ini adalah jadwal pertunjukan mini show yang bisa kita saksikan :
  • Pukul 10.00 WIB Water Bird dan American Macaw (berbagai jenis Makau, Pelikan, Bebek Mandarin dan lain-lain).
  • Pukul 13.00 WIB Rangkong dan Kakaktua (aneka Rangkong Triton Alba, Jambul Kuning).
  • Pukul 14.30 WIB Aviary (Beo Betet Sun Conure).
  • Pukul 16.00 WIB Free Range (Crowned Pigeon Merak)

Mini show tidak hanya ada di setiap area, Jakarta Bird Land juga menggelar show yang lebih besar di area tribun. Ada 2 jenis tribun berukuran besar dan kecil. Masing-masing digunakan untuk menggelar main show dan mini show.

Main show digelar di tribun utama yang memiliki kapasitas 850 penonton. Durasi pertunjukannya sendiri 22 menit dengan mempertontonkan atraksi dari 5 spesies burung berbeda. Saat weekday, main show digelar 1 kali. Sedangkan saat weekend digelar sebanyak 2 kali.

Di tribun yang lebih kecil berkapasitas 150 orang digelar mini show. Pertunjukan dijadwalkan 3 kali sehari saat weekday dan 4 kali sehari saat weekend. Durasi show ini hanya 10 menit dengan atraksi 1-2 jenis burung.

Jakarta Bird Land merupakan rumah dari ratusan ekor burung dari berbagai jenis dan didesain semirip mungkin dengan habitat asli para burung-burung penghuninya.

Semua area Jakarta Bird Land sangat menarik, malahan Kay betah di area Sky Bridge, dimana kita bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area Aviary.





Kenapa Harus Berpetualang ke Jakarta Bird Land?
Di Jakarta Bird Land ada juga interaksi keren lain yang tidak ditemukan di taman burung manapun di Indonesia. Di antaranya Free Range Bird, Lake For Show, Waterfall, Escalator, hingga Thematic Hardscape.

1. Melihat Kehidupan Burung Lebih Dekat
Di Jakarta Bird Land, kita bisa menyaksikan langsung kehidupan binatang berdarah panas tersebut dengan lebih dekat. 
Bahkan kita tidak hanya bisa menyaksikan kehidupannya, kita malah dipersilakan untuk berinteraksi secara langsung seperti menyentuh dan memberi makan burung-burung di Jakarta Bird Land.

2. Pengalaman Baru
Menyaksikan burung-burung menjalani kehidupan secara alami, tentunya akan menjadi pengalaman baru yang menarik.

3. Mudah Dijangkau
Jakarta Bird Land berada di kawasan wisata Ancol Taman Impian yang sangat mudah untuk dijangkau. 

(Foto : @jakartabirdland)

4. Lokasi Instagramable
Seluruh area di Jakarta Bird Land berada di dalam dome raksasa dengan luas 3.600 meter persegi dan ketinggian 15 meter. Dome ini punya banyak sekali spot menarik yang bisa digunakan untuk mengambil foto dan membagikannya di instagram.

5. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Alam 
Mengajak anak-anak untuk menyaksikan kehidupan satwa, khususnya burung secara langsung akan meningkatkan empati serta kepedulian terhadap alam agar tetap lestari.

Lokasi Jakarta Bird Land

Jakarta Bird Land menawarkan banyak keseruan yang bisa dinikmati oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sangat cocok untuk menjadikan wahana ini sebagai tujuan rekreasi bersama keluarga.

Jakarta Bird Land lokasinya ada didekat Sea World Ancol dan juga Ocean Dream Samudra.

Jakarta Bird Land terletak di jalan Lodan Timur No.7 RW.10, Ancol, Jakarta Utara 1443.

Foto bersama Agus, salah satu sahabat yang menetas di Wildlife Reserve Ancol


Jam operasional dan harga tiket

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jakarta Bird Land sebaiknya cek jam operasionalnya dulu nih.

Melansir laman resmi Ancol, berikut jam operasional dan harga tiket masuk Jakarta Bird Land :

Weekday 09.30 - 16.30 WIB
Jakarta Bird Land : Rp.60 ribu
Jakarta Bird Land+Ancol : Rp.75 ribu
Jakarta Bird Land+Ancol+Samudra : Rp.115 ribu
Jakarta Bird Land+Samudra+Sea World+ Ancol : Rp.155 ribu

Weekend : 09.00 - 16.30  WIB
Jakarta Bird Land : Rp.80 ribu
Jakarta Bird Land+Ancol : Rp.95 ribu
Jakarta Bird Land+Ancol+Samudra : Rp.145 ribu
Jakarta Bird Land+Samudra+Sea World+ Ancol : Rp.195 ribu

Jadi, pastikan kita beli tiket terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi Jakarta Bird Land di website resmi Ancol ancol.com untuk mendapatkan penawaran menarik. Kemudian klik pada menu Tiket & Promo dan pilih tiket Jakarta Bird Land.

Langsung cuss aja beli tiketnya Jakarta Bird Land secara online yes!

Pastinya semakin seru mengajak keluarga, teman, sahabat untuk berpetualang sambil mengenal puluhan jenis burung di Jakarta Bird Land Ancol.

















0 komentar:

Posting Komentar