Yuk Bersama, Kita Bantu Dan Ringankan Beban Anak-anak Penderita Kanker Melalui Donasi Konsumen


Keseruan acara Childhood Cancer Awareness Month, September 2019
Light Up Hope, Light Up Gold

Masa indah anak-anak serasa tercabik, dunia seakan runtuh, serasa berhenti berputar dan tidak akan pernah sama seperti dulu lagi ketika penyakit kanker menimpa anak-anak. 

Jujur saja, mendengar dan melihat sendiri bagaimana anak-anak yang menderita kanker membuat saya sedih, karena penyakit kanker memang tidak memandang usia, tidak hanya menimpa orang dewasa saja, kanker juga dapat menimpa anak-anak. 

Penampilan adik-adik penderita kanker memainkan alat musik angklung

Alhamdulillah, Kamis (5/9) saya bisa ikut hadir dan bertemu langsung anak-anak penderita kanker bersama para pendampingnya di Rumah Kita YKAKI, Jl. Percetakan Negara XI No.129, Jakarta Pusat, dalam rangka memperingati Peranan Masyarakat dan Korporasi dalam Penanggulangan Kanker Pada Anak CHILDHOOD CANCER AWARENESS MONTH , September 2019
LIGHT UP HOPE - LIGHT UP GOLD

Acara ini dimeriahkan oleh para duta YKAKI  Indra Bekti, Ibu Retno Palupi A Noya. Andrea Turk (diwakili oleh orangtuanya) sebagai duta baru YKAKI.

Ki-ka: Nur Rachman, dr. Endang Windiastuti SpA(K), Ira Soelistyo, Upik Handayani, Indra Bekti dan MC Adi AFI

Ira Soelistyo selaku Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin, donatur, duta yang baru karena selalu mendukung YKAKI.
Tujuan dari acara ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada para donatur. Saat ini sudah ada 6200 anak dari seluruh jakarta dan cabang-cabang yang ditampung di Rumah Singgah YKAKI.


"Peran perusahaan atau masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu anak-anak penderita kanker. Salah satunya adalah Alfamart dengan.program.Donasi Konsumen yang digunakan untuk operasional Rumah Singgah YKAKI.

Rumah Kita YKAKI adalah Rumah Singgah merupakan sarana akomodasi, tempat tinggal sementara bagi pasien anak penderita kanker dan pendampingnya, agar dapat mengikuti pengobatan dan/atau perawatan dapat berjalan kontinyu dan tuntas.

Bahwa beberapa hasil studi dan penelitian oleh tenaga ahli di dunia mengatakan bahwa jumlah kasus baru dan kematian anak penderita kanker meningkat setiap tahunnya; 1 anak ter diagnose kanker setiap 3 menit, 20 anak setiap jam atau 480 anak setiap hari (sumber : Chair of ICCCPO Dec.2014)

Bahwa pengobatan dan perawatan anak penderita kanker membutuhkan waktu antara 5 bulan - 2 tahun dan biaya tinggi.

Tidak semua daerah telah tersedia fasilitas pengobatan kanker yang memadai, sehingga mengharuskan untuk berobat di kota lain dan tidak jarang menghabiskan waktu berhari-hari. Rumah Singgah YKAKI ada untuk memberikan tempat sementara yang layak secara gratis bagi anak-anak pendeeita kanker dan keluarganya selama masa tersebut.

Simbolis penyerahan donasi dari Alfamart dan Avery Dennison

"Alfamart mengajak konsumen untuk ikut aktif membantu adik-adik kita ini, dengan memberikan donasi yang hasilnya tentu bermanfaat", ujar Nur Rachman selaku Corporate Communication GM Alfamart.

Pada periode 1-31 Juli 2019 Alfamart memberikan donasi konsumen senilai Rp.1.246.519.005,- kepada YKAKI di Rumah Singgah YKAKI. Donasi konsumen ini murni sumbangan dari kembalian masyarakat yang telah berbelanja di gerai Alfamart.


Nah, hasil donasi ini setidaknya dapat meringankan biaya orang tua saat mengantarkan anaknya berobat untuk kesembuhan. Sekaligus fasilitas yang ada di Rumah Singgah bisa memberikan anak-anak waktu dan tempat yang menyenangkan walaupun dalam proses pengobatan di rumah sakit.

"Uluran tangan konsumen ini bisa membuktikan bahwa sekecil apapun donasi yang diberikan memberi arti besar bagi mereka yang benar-benar membutuhkan" pungkas Nur Rachman.

Selain Alfamart, PT. Avery Dennison yang diwakilkan oleh Irfan Pradono juga menyerahkan bantuan dana senilai 3000USD (Rp.41.790.000,-) yang nantinya akan digunakan untuk operasional Rumah Singgah YKAKI.

Setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya dimanapun ia berada, juga hak belajar maupun hak bermain, walaupun dalam keadaan sakit.

Kanker pada anak merupakan masalah yang cukup kompleks mengingat perawatan dan/atau pengobatannya melibatkan selain orangtua, tenaga profesional, tak kalah penting peranan keluarga, sekolah serta lingkungan. Kanker pada anak dapat disembuhkan apabila dikenali secara dini dan memperoleh penanganan yang tepat dan baik.


Lokasi rumah singgah, sambungnya, dipilih berdasarkan ketersediaan serta kedekatan jarak dengan rumah sakit yang memiliki dokter spesialis kanker pada anak di wilayah tersebut. Rumah singgah tersebut dibangun dengan konsep atmospher yang nyaman serta ramah bagi anak-anak, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat, menyenangkan, dan baik untuk mendukung kesembuhan anak-anak penderita kanker.

KANKER PADA ANAK DAPAT DISEMBUHKAN! Anak-anak dan remaja dapat diobati dengan diagnisis awal, pengobatan yang tepat dan dukungan pada keluarganya untuk mengatasi tingginya biaya dalam pengobatan.

Rumah tersebut dilengkapi berbagai sarana dan prasarana mulai dari tempat tidur, lemari, televisi, perlengkapan masak, hingga tenaga pengajar dan tenaga pengurus harian. Selain itu juga disediakan fasilitas belajar, melalui program SekolahKu, sehingga selama masa pengobatan anak-anak bisa tetap bermain dan belajar. Pengadaan hingga operasionalnya, seluruhnya dikelola oleh pihak yayasan.

“Rumah singgah ini menjadi bukti, bahwa sekecil apapun yang kita berikan bisa bermanfaat besar bagi yang membutuhkan. Seperti halnya donasi konsumen yang nilainya kecil, tetapi jika dikumpulkan bisa membantu dan memberikan manfaat besar bagi anak-anak penderita kanker di Tanah Air,” ujar Ira.

Anak penyintas kanker sangat berharga dan unik. Kontribusi mereka akan masa depan sangat berarti. Setiap anak yang sembuh dari kanker, secara rata-rata, dapat menyelamatkan 71 tahun kehidupannya.
Masih banyak anak-anak penderita kanker yang membutuhkan uluran tangan baik dari masyarakat, pemerintah dan perusahaan yang bisa memberikan semangat bagi anak-anak untuk sembuh, aktif dan mengejar cita-citanya.











3 Responses to "Yuk Bersama, Kita Bantu Dan Ringankan Beban Anak-anak Penderita Kanker Melalui Donasi Konsumen "

  1. Ternyata donasi yang selama ini dicanangkan oleh Alfamart salah satunya untuk membantu adik2 yang terserang penyakit kanker ya mba.. Bagus nih program yang satu ini..

    BalasHapus
  2. Betul sekali mba Diyah, berapapun nilai rupiah kembalian belanjaan kita di Alfamart bisa kita sumbangkan untuk adik-adik penderita kanker.

    BalasHapus
  3. Ini donasinya bisa berapapun yah kak laily? Yang di Alfamart itu, yang kembalian kadang ga berharga buat kita, ternyata sangat bermanfaat yah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel