Sabtu, 14 September 2019

Serunya Bermain Di Bebeland, 15 Wahana Permainan Edukatif Bantu Mengasah Rasa Peduli Dan Daya Pikir Si Kecil

Serunya jadi Anak Hebat di Bebeland

Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anak, sehingga anak akan melakukannya dengan emosi gembira dan bahagia. Dengan sendirinya, melalui kegiatan bermain yang menyenangkan, anak lebih mudah mempelajari dan menyerap banyak hal.

Setiap anak memiliki potensi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ).

Untuk tumbuh dan berkembang menjadi Anak Hebat, dibutuhkan stimulasi yang tepat dan seimbang bagi si Kecil, baik pada aspek IQ yang berhubungan dengan daya pikir maupun EQ yang berhubungan dengan rasa peduli.

Bebeland Hadirkan 15 Wahana Permaian Edukatif

Ki-ka: MC, Roslina Verauli, Deska Hapsari Nugrahaini, Mama Dena dan Papa Jonathan Frizzy

Ngomong-ngomong soal bermain, pas banget dihari Minggu (8/9) saya mengajak kakak Atqa dan adek Kayyisah bermain di Bebeland yang berlokasi di Summarecon Mall Bekasi. Mereka berdua langsung antusias begitu melihat Bebeland dan nggak sabar mau main disemua wahana permainan Bebeland.

Bebeland merupakan sebuah wahana permainan edukatif dan interaktif untuk berbagi inspirasi tentang pentingnya pengembangan rasa peduli seiring daya pikir untuk mendorong si Kecil menjadi Anak Hebat.


Menurut Deska Hapsari Nugrahaini selaku Brand Head Bebelac, Bebelac percaya bahwa rasa peduli dapat mendukung daya pikir si Kecil berkembang lebih baik untuk mencari solusi atas masalah yang ada disekitarnya. Apabila rasa peduli anak berkembang seiring daya pikirnya, ia akan tumbuh menjadi Anak Hebat yang memiliki rasa peduli, cepat tanggap dan mudah bersosialisasi dalam menghadapi lingkungannya.

“Dan, Bebelac berkomitmen untuk terus mendukung orang tua dalam memberikan solusi nutrisi berkualitas tinggi dan mendorong pemberian stimulasi tepat sejak dini. Salah satunya adalah dengan menghadirkan permainan edukatif BebeLand di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 7-8 September 2019,” lanjutnya.

Melalui kegiatan BebeLand ini, kami berharap dapat mendorong dan menginspirasi para orang tua sehingga  semakin banyak anak Indonesia yang tumbuh menjadi Anak Hebat, yang punya rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi.

Bekerjasama dengan Psikolog Anak Roslina Verauli, M.Psi., BebeLand hadir dengan 15 permainan edukasi dalam 3 area besar, yaitu :

BebeTown

Wahana permainan ini bisa mengajarkan si Kecil untuk memperindah kota dengan permainannya, ada Move the Log, Light the City, Built the Bench, Fix the Gears dan Save the Animal.




BebeForest

Wahana permainan ini mengajak anak untuk menemukan solusi melestarikan hutan. Ada juga Rescue the Cat, Save the Forest, Find the Way dan Save the Earth.


BebeSea

Wahana permainan ini mengajak si Kecil untuk menyelamatkan laut, menjaga laut agar tetap bersih di Clean The Ocean. Ada juga Viral Savior, Preserve the Turtle, Helping Friends dan Fix the Bridge.





Roslina menekankan bahwa dengan empati dan rasa peduli, si Kecil mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, bersimpati, hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain.

“Dengan mengembangkan rasa peduli, si Kecil mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal inilah yang perlu diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir si Kecil, agar mampu menyikapi sebuah permasalahan serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati,” papar Roslina sebagai ahli yang berperan besar dalam pengembangan permainan edukatif Bebeland ini.

Setiap permainan di BebeLand dirancang dengan alur cerita “masalah – solusi”, dimana si Kecil dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, sebelum kemudian diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberi solusi yang berguna bagi sekitarnya.

Salah satu contohnya adalah si Kecil akan diajak melihat lampu kota yang mati sehingga menghambat aktifitas warga di kota tersebut. Dalam permainan edukasi ini, si Kecil akan diajak memahami situasi sosial dan mental state dari warga kota yang kesusahan.

Seperti adek Kayyisah yang dibantu kakak Atqa mengayuh sepeda dengan cepat nih untuk bisa menyalakan lampu kota yang mati, seru!

Malah ketagihan dan minta main lagi, tapi sayangnya tiap anak hanya bisa bermain 1 kali saja ditiap permainan dan mendapatkan lencana (badge) yang bisa ditempelkan pada baju seragam kuning tumeric Bebelac. Jadi, kami beralih mengunjungi wahana permainan lain yang tidak kalah serunya.

Harapannya adalah melalui pengalaman interaktif di Bebeland ini, diharapkan orang tua dapat berperan lebih aktif dalam mengembangkan aspek kecerdasan emosi dan kecerdasan intelektual anak di usia satu tahun, yaitu usia dimana berbagai aspek kecerdasan si Kecil berkembang dengan sangat pesat.

Pentingnya Stimulasi Tepat dan Asupan Nutrisi Lengkap untuk Anak Hebat


Nah, terkait dengan cara orang tua mengasah rasa peduli dan daya pikir si Kecil sejak dini, sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang bervariasi, dimulai pada usia 1-2 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun, hingga usia 7 tahun ke atas.

Pada usia 3-4 tahun, misalnya, ajak anak untuk membantu atau menolong orang lain, atau saat anak berusia 5-6 tahun, libatkan si Kecil dalam ‘emotional talk’ dimana mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan berikan pujian dan penghargaan untuk setiap hal baik yang mereka lakukan.

Papa Jonathan Frizzy dan Mama Dena

Jonathan Frizzy family yang turut hadir saat acara Playdate menyampaikan keinginannya untuk membesarkan Anak Hebat cara Bebelac.

“Sebagai orang tua, saya sadar bahwa pada usia di atas satu tahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi dan sosial berkembang sangat pesat. Pada masa inilah saat yang tepat bagi saya sebagai orang tua memperhatikan asupan nutrisi anak agar ia dapat tanggap secara intelektual, emosi, dan sosial,” ungkap papa Jonathan.

“Saya mulai melakukan stimulasi rasa peduli si Kecil dengan mengajarkan anak mengungkapkan perasaan, memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sekitar" lanjutnya lagi.

Anaknya terdorong melakukan aksi kecil yang bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu sebagai orang tua, Jonathan sangat mengapresiasi kegiatan Bebelac melalui  BebeLand ini karena dapat menginspirasi tentang bagaimana mengasah rasa peduli dan daya pikir si Kecil melalui berbagai permainan edukatif serta dapat bersosialisasi dengan anak-anak seusianya.


Inti dari semua wahana permainan yang ada di Bebeland adalah untuk menghasilkan aksi-aksi hebat dari si Kecil, yaitu :
● Aksi Bekerjasama
● Aksi Menolong
● Aksi Berbagi
Yang mana ketiga aksi tersebut dapat menjadikan si Kecil menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga si Kecil mempunyai solusi setiap ada masalah dan juga memiliki rasa empati terhadap lingkungan yang semakin hari semakin baik melalui daya pikirnya. Itulah peduli, si Kecil memiliki kecerdasan emosional melakukan aksi tersebut sehingga timbullah aksi hebat dari hati.

Oia, BebeLand juga akan hadir kembali di Tunjungan Plaza Surabaya pada 28-29 September 2019 dan Plaza Medan Fair pada 26-27 Oktober 2019. Dapatkan juga berbagai hadiah langsung setiap pembelian Bebelac, ada juga point Beberewards dan bonus extra points di Aplikasi Bebeclub.

Pastinya, anak-anak happy bermain di Bebeland dan moms pun juga happy bisa dapat banyak hadiah dari Bebelac. Berharap semoga bisa ikut bermain lagi di next Bebeland.


3 komentar:

  1. Serunya Key bisa bermain dengan 3 aksi. Aksi bekerja sama, menolong, dan berbagi. Sehingga kecerdasan IQ dan EQ terpenuhi :)

    BalasHapus
  2. Bebeland wadah seru bermain anak yang mendukung kecerdasan berpikir yah kak. Anak jadi makin kreatif

    BalasHapus
  3. wah seru banget ya, nanti kalo ada acara ini lagi mau ajak keponakanku ah :D

    BalasHapus