Pintar Atur Pencahayaan Video Blogging Dengan Pencahayaan Canggih Dari Signify



Vlog saat ini memang lagi happening banget dan makin banyak di gandrungi oleh masyarakat dan kebanyakan dari mereka adalah para anak muda.


Ngevlog sebenarnya buat apaan sih? 



Ada yang cuma iseng-iseng aja, untuk sekedar seseruan, biar dibilang gak ketinggalan zaman, biar terkenal, dan ada juga yang hanya sekedar sharing tutorial atau tips-tips buat para viewers-nya. Sudah pada kenal dong dengan beberapa vlogger yang terkenal di Indonesia, mereka sudah punya viewers dalam jumlah yang lumayan besar, seperti vlogger Kevin Anggara, Raditya Dika, dan masih banyak lagi.


Menurut Wikipedia video blogging atau yang biasa disingkat vlog atau vlogging merupakan suatu kegiatan blogging dengan menggunakan medium video diatas penggunaan teks atau audio sebagai media utamanya. Modal utama untuk membuat vlog adalah ponsel yang memiliki kamera atau kamera digital.


Menara Gaze of Light


Pada Jumat siang kemarin, 7 Desember 2018, saya bersama Hijabersmom Community berkesempatan menghadiri acara Blogger Gathering mengenai "Pentingnya Pencahayaan dalam Video Blogging" yang bertempat di Instalasi “City of Light” di Main Atrium Senayan City Mall, Jl. Asia Afrika Lot 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10270.


Dede Ariyanto dan Lea Kartika Indra


Acara yang diawali dengan makan siang di Restoran Remboelan lantai 5 ini, dihadiri oleh mas Dede Ariyanto, Vlogger dan ibu Lea Kartika Indra, Head of Integrated Communications dari operasi/bisnis Signify di Indonesia

Mas Dede Ariyanto adalah seorang jurnalis lepas bagi beberapa media harian, juga merupakan seorang penulis buku mengenai teknologi dan juga tips blog seperti “Teknik Jitu Mengoptimalkan Flash Disk” dan Blogspot Hacking”. 

Sebagai seorang penulis yang telah menjadi blogger sejak tahun 2009, Dede tergabung dalam berbagai komunitas blogger seperti Blogger Crony dan Blogger Reporter Indonesia.

Mas Dede juga merupakan seorang praktisi teknisi komputer dan menjadi mentor di beberapa Lembaga Pendidikan dan Keterampilan di Yogyakarta. Beliau sering diundang sebagai seorang pembicara dan pelatih di bidang jurnalistik, seminar atau workshop komputer dan internet serta blogging.


Pentingnya Pencahayaan dalam Video Blogging ala Dede Ariyanto


"..mau pakai kamera mirrorles atau mau pakai apapun itu, sebenarnya ada dikitanya, kitanya bisa maksimalkan gak?" ungkap mas Dede

Hmm..itu artinya dengan kita harus bisa memaksimalkan alat-alat yang kita punya, yang kita miliki saat ini untuk memulai membuat vlog kita sendiri. Pintar-pintarnya kita sendiri membuat kreativitas.

Mas Dede juga menambahkan jangan sampai kalau mau ngevlog itu nunggu-nunggu alat, aku belum ada alatnya, aku gak ada kameranya, aku gak ada lightingnya, jadi nanti ajalah ngevlognya, terus ngevlognya kapan?

Mas Dede Ariyanto saat sharing tentang pencahayaan untuk vlog


Salah satu elemen penting untuk bisa menghasilkan video blogging berkualitas adalah dari sisi pencahayaan. Jam 6 - 9 pagi dan jam 4 - 6 sore merupakan waktu yang tepat alias golden hour untuk mendapatkan pencahayaan yang baik dari matahari.



Selain itu, headset juga berperan penting dalam proses pembuatan vlog. Dengan menggunakan headset maka kita akan terhindar dari noise (suara bising) yang akan mempengaruhi vlog kita nantinya.

Benar juga ya apa yang dikatakan mas Dede, jika kita menunda action maka tertunda pula kesuksesan kita. Saya jadi terpacu untuk membuat vlog, padahal belum pernah buat sama sekali. Malu dan khawatir takut hasilnya jelek, gambarnya gak bagus, suaranya gak jelas, aduuuh bikin nyali jadi ciut. 

Tapi hal ini pula yang juga dirasakan mas Dede saat membuat vlog diawal karirnya sebagai vlogger ternyata. Sempat diputarkan video behind the scene, mas Dede harus take video berulang kali untuk menghasilkan gambar yang sempurna, padahal saat itu beliau dan sang istri (mba Icha) sedang dikejar waktu karena hari semakin sore, gerimis dan tempatnya akan segera ditutup.

Untuk menghasilkan gambar atau video yang terbaik memang butuh kerja yang maksimal, edit sana...edit sini perlu banget ternyata, dari hasil ide kreatif kita dan selalu giat berlatih membuat vlog akan muncul rasa puas dihati. Anda setuju kan?


Instalasi Pencahayaan Canggih City of Light


Akhir tahun biasanya identik dengan momen berkumpul bersama keluarga, pergi liburan menikmati pergantian tahun, atau belanja di pusat-pusat perbelanjaan alias mal yang biasanya menggelar berbagai macam diskon akhir tahun.

Kenapa kalau dengar kata diskon koq jadi langsung semangat keponya keluar ya..hahahaa.




Salah satunya adalah Mal Senayan City yang selain ikut menebar diskon untuk merayakan kemeriahan akhir tahun, juga menggelar pameran 'City of Light' dengan teknologi pencahayaan inovatif dari Signify memberikan sebuah tampilan yang keren dan canggih melalui pencahayaan ikonik.

Instalansi pencahayaan canggih 'City of Life' ini menggunakan suara dan efek pencahayaan yang menarik, menara 'Gaze of Light' dan elemen lain di 'City of Light' akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menghibur bagi seluruh pengunjung mal.


Tentang Signify


Brand Philips merupakan brand yang sudah terkenal dengan produk-produk pencahayaan yang biasanya ada dirumah-rumah, dan salah satu produknya adalah bohlam.

Signify (d.h Philips Lighting), sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan, terus melakukan terobosan dalam menghadirkan pencahayaan berkualitas. Pencahayaan menjadi penting tidak hanya sekedar penerangan, namun juga membantu kegiatan lain seperti video blogging.

Signify sebagai sebuah perusahaan internasional yang fokus dibidang pencahayaan, untuk pertama kalinya mempersembahkan aplikasi platform IoT Interact secara khusus termasuk Interact Office, Interact Industry, Interact Landmark, Interact City, Interact Retail, dan Interact Hospitality.

Interact IoT platform dapat mengubah sistem pencahayaan dari titik-titik pencahayaan individu menjadi titik-titik data yang terintegrasi. 

Yang artinya dengan kita menggunakan Interact maka data yang terkumpul dari semakin banyaknya titik lampu, perangkat sensor dan sistem yang terhubung, maka kita akan mendapatkan akses ke informasi dan layanan yang memberikan nilai yang jauh melampaui penerangan sederhana yang biasanya kita pakai. Nah, di www.signify.com/en-id Anda akan mendapatkan info lebih lengkapnya.


Penghematan Pintar


Philips telah hadir selama 125 tahun dalam mendesain, mengembangkan dan memproduksi lampu. Lebih dari 1 dekade, Philips meningkatkan dan memperbaharui teknologi LED. Menjadikan philips sebagai perusahaan perlampuan yang terdepan dalam hal kualitas cahaya dan kekuatan umur lampu. Lebih lengkapnya lagi Anda bisa intip www.philips.co.id.

Ada 4 langkah dalam memilih lampu, yaitu :

  1. Ukuran fitting lampu
  2. Kekuatan cahaya lampu
  3. Bentuk lampu
  4. Temperatur warna lampu
Memainkan cahaya lampu dapat menciptakan suasana yang berbeda di ruangan Anda. Philips menghadirkan lampu LED yang dapat diredupkan dengan tombol peredup yang sudah Anda miliki. Pastikan tanda bisa diredupkan tertera di kemasan saat Anda ingin membeli lampu.


HUE Starter Kit WCA 


Pencahayaan pintar rumah Anda dimulai di sini!
Dengan 3 HUE Bulb dan 1 HUE Bridge yang mudah dipasang dan dihubungkan. Anda dapat langsung mengatur tingkat pencahayaan dan jadwal penggunaan melalui gadget.

Inilah aplikasi HUE

Atur pencahayaan dengan cepat dan nyaman dari mana saja dengan aplikasi Philips HUE

  • Ciptakan ruangan
  • Atur suasana
  • Rumah atau pergi
  • Atur cepat
  • Rutinitas hunian
  • Ciptakan ruangan
  • Widgets + Apple Watch

Sahabat rumah cerdas Anda
Philips HUE dapat dihubungkan dengan produk-produk cerdas lain untuk ketenangan pikiran, kenyamanan, dan kemudahan Anda.

Ketenangan pikiran untuk Anda
Saat Anda berada di rumah, Philips HUE mampu menghadirkan suasana tepat dengan warna yang tepat. Ketika Anda sedang bepergian, Philips HUE yang mematikan lampu dan menjaga keamanan rumah.

Kemudahan yang mengerti Anda
Bekerja sama denganAmazon Alexa, Apple Homekit, dan Google Assistant, Anda dapat mengendalikan pencahayaan Philips HUE di rumah Anda hanya dengan suara.

Produk pintar untuk rumah pintar Anda




HUE Single Bulb, selain konektivitas pintarnya, setiap HUE Single Bulb mampu menghasilkan pencahayaan dengan suhu (temperatur) warna alami dengan spektrum yang luas. Semuanya dapat diatur melalui aplikasi HUE di gadget Anda.

Apa yang dimaksud dengan suhu (temperatur) warna?
Temperatur warna membantu kita dalam melihat sebuah obyek dengan jelas. Cool white, cahaya berwarna putih yang membantu Anda untuk berkonsentrasi dan fokus. Cocok dalan melakukan kegiatan sehari-hari. Warm white, cahaya berwarna kuning yang dapat menciptakan suasana hangat dan nyaman.

HUE Go, pasangkan pada outlet listrik atau jadikan pencahayaan portabel, Philips HUE Go dapat diatur sepenuhnya dengan gadget Anda. Lengkapi aktivitas Anda dan keluarga dengan 7 efek pencahayaan berbeda dan 5 efek dinamis yang natural.

HUE Bridge, Bridge adalah sistem pusat yang menghubungkan gadget Anda dengan Philips Hue melalui sinyal Wi-Fi dan bahkan internet, untuk pengaturan di mana saja dan kapan saja.

HUE Dim Switch, saklar nirkabel yang dapat menyimpan hingga 4 pengaturan pencahayaan berbeda yang dapat Anda ubah dengan sekali klik.

HUE Lightstrip Plus 2m, ciptakan suasana pencahayaan yang tepat dengan menyeluruh hingga ke bawah rak, lemari, dan furnitur lainnya. Lightstrip Plus yang fleksibel dapat dibentuk dan dilekatkan sesuai kebutuhan Anda.

HUE Lightstrip Plus 1m Ext, perluas jangkauan pencahayaan HUE Lightstrip di seluruh bagian rumah Anda dengan ekstensi 1 meter ini.











4 Langkah mudah untuk nyalakan imajinasi Anda


  1. Pasang dan nyalakan Philips HUE, pasang lampu ke fitting yang ada dan atur sakelar ke posisi ON. Selanjutnya, produk Philips HUE yang lain juga dapat langsung dipasang dan dipakai.
  2. Atur Bridge, pasang Bridge dan lampu akan otomatis dan menyala. Selanjutnya hubungkan dengan router Wi-Fi, lalu tunggu hingga tiga lampu menyala dan Bridge siap digunakan.
  3. Unduh aplikasi HUE dan hubungkan dengan Bridge, unduh aplikasiny di App Store atau Google Play Store. Hubungkan dengan Bridge lalu temukan tipe lampu Anda. Sekarang, Philips HUE siap digunakan.
  4. Permainan cahaya dimulai, jelajahi beragam fungsi aplikasi , Philips HUE atau unduh aplikasi pihak ketiga, dan temukan cara baru untuk bermain dengan pencahayaan rumah Anda.
Sudah saatnya beralih ke produk lampu yang dapat menciptakan suasana lebih nyaman sesuai kebutuhan hanya dengan satu lampu. Temukan experience berbagai aplikasi sistem pencahayaan terkoneksi Interact, serta teknologi pencahayaan terbaru Philips.

Inovasi pencahayaan untuk kehidupan yang lebih baik.

25 Responses to "Pintar Atur Pencahayaan Video Blogging Dengan Pencahayaan Canggih Dari Signify"

  1. Pencahayaan emang penting untuk kehidupan sehari-hari. Khusus untuk foto atau video mesti cari posisi yg tepat spy hasilnya keren.

    BalasHapus
  2. Makasih mba sharingnya kebetulan nih saya lagi belajar video blogging yang ternyata susahhh ya bikin video hehe

    BalasHapus
  3. Pencahayaan bisa dibilang syarat utama ya. Ga ada cahaya mana bisa melihat gambar atau foto apalagi video.

    Sejak listrik masuk desa kami Philips memang sudah terkenal mutu dan kualitasnya

    BalasHapus
  4. Bener banget sih emang, kalo nunggu alat terus kapan mulainya?
    Aku yang udah ada alatnya aja males-malesan. Alasannya kurang pd lah, kurang inilah kurang itulah. Yang penting dan utama kayaknya niat. Hehe

    Btw, kalo foto di posisi yang tepat dengan pencahayaan keren pd semakin meningkat ya mbak. :)

    BalasHapus
  5. Ternyata ilmu pencahayaan untuk membuat video ataupun foto tergantung kitanya ya mbak..bukan cameranya walau pake mirrorles atau dslr..

    BalasHapus
  6. Pencahayaan itu memang penting banget. Nggak cuma untuk video aja sih. Foto pun kalau pencahayaannya bagus maka hasilnya bagus juga.

    BalasHapus
  7. Bener banget mba Vlog itu lagi tren ya. Pengennn banget belajar bkin vlog. Tapi sayangnya masih tetbatas waktunya soalnya masih punya anak kecil. Buat nulis aja keteteran apalagi bkin video hihihi. Semoga nanti ada masanya buat saya ya mba

    BalasHapus
  8. Saya berhalangan hadir di acara ini. Tapi, baca di sini jadi bisa mengambil ilmunya juga. Dan Philips mah dari dulu selalu juara untuk pencahayaan

    BalasHapus
  9. Penting banget emang pencahayaan dalam video, buktinya zaman sekarang banyak banget yang coba jadi vlogger, tapi videonya remang-remang hahaha
    Saya masih butuh keberanian tingkat dewa untuk menghadap video dan share ke banyak orang :D

    BalasHapus
  10. Vlog, aku dnegar istilah ini dari zaman mahasiswa d tahun 2014 waktu baru merintis komunitas blogger UNJ. Utk skrg blm pedensuh buat ngevlog hehe.

    BalasHapus
  11. Hahahahaha aku banget tuh. Nunda2 bikin vlog karena nunggu punya ring light dulu. Belum nemu yang harganya cucok di kantong.

    BalasHapus
  12. woaahhh kesindir juga nih... nunggu alat kapan mulai. naitan mau beli kamera tahun depan. tapi sebenarnya bisa langsung dicoba dulu kan pakai smartphone dulu.... jadi maluu...

    oke, noted. so gorden hour waktu yang tepat untuk bikin video, 6 s.d 9 dan 4 s.d 6 sore

    BalasHapus
  13. Mau ngevlog nunggu alatnya dulu..aku bangets itu huhuhu. Jadi enggak mulai-mulai
    Baca ini jadi semangat deh...Hmm, mesti catet dan diinget nih tips vloggingnya.

    BalasHapus
  14. Ini nih! Pencahayaan itu penting untuk keberlangsungan hidup influencer. (Halah). Soalnya kalau mau foto bagus atau video cerah, pencahayaan ini adalah koentji!

    BalasHapus
  15. Bener banget mbak, pencahayaan sangat penting, saya pun sampai sekarang masih belajar.

    BalasHapus
  16. Aku pun datang kemarin ke acara ini mba. Keren ya philips, makin canggih deh. Aku tertarik dengan inovasi nya yang bisa di connect ke iPhone juga android kita.

    BalasHapus
  17. Iya yaa pencahayaan itu penting. Kalau pencahayaan gak bagus males juga kan nonton vlog nya.

    Saya mah gak bakat ngevlog deh. Susah. Ngedit nya. Hehe

    BalasHapus
  18. Setuju mba. Gear sebagus apapun kalo cahaya jelek ya ga bisa bagus hasilnya. Jadi mupeng sama lightingnya ini, nabung dulu ah :)

    BalasHapus
  19. aku masih belum bisa nih untuk pencahayaan boro2 pencahayaan hahaha buat gaya aja ga ada :D

    BalasHapus
  20. Bagus amat itu instalasinya ya, kalau foto disitu pasti keren. Ini sampai kapan di Sency mbak? Jadi penasaran pengen kesana deh.

    BalasHapus
  21. Bener pencahayaan sangat penting, soalnya daku pernah buat vlog yang kirain terang eh hasilnya malah gelap, wkkwjw

    BalasHapus
  22. Huaaa iya ini bener, bikin vlog kece perlu pencahayaan yang bagus. Biar serasa professional. Apalagi kayak kita nih mom.

    BalasHapus
  23. Lighting emang ngaruhhh banget ke video! Kalau mau videonya bagus harus pakai lighting yang mumpuni dna yang bisa dihandalkan.

    BalasHapus
  24. So action dulu aja ya mba, lengkapin peralatan bisa sambil jalan hihi. Yes lighting itu penting banget baik outdoor apalagi indoor

    BalasHapus
  25. Suka banget sama quote "Mas Dede juga menambahkan jangan sampai kalau mau ngevlog itu nunggu-nunggu alat, aku belum ada alatnya, aku gak ada kameranya, aku gak ada lightingnya, jadi nanti ajalah ngevlognya, terus ngevlognya kapan?"

    Dari dulu susah ngevlog gara-gara ini sih, tapi kuncinya saya harus mulai action

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel