Berbagi Kebahagiaan Untuk Anak Penderita Kanker Di Christmas Celebration Charity Concert


Tiap tanggal 25 Desember adalah hari yang spesial khususnya bagi mereka yang merayakan Hari Raya Natal. Sebuah perayaan yang ditunggu oleh banyak orang karena merupakan sebuah momentum yang memberikan makna suka cita pada setiap umat nasrani.

Dibulan yang penuh suka cita ini, Light & Salt Community bekerjasama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) menggelar acara sosial yang bertajuk "Christmas Celebration Charity Concert" di Ballroom Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta.


Light & Salt Community


Press conference yang dihadiri oleh Ibu Ira Soelistyo (Ketua YKAKI), Ibu Julia Hutapea (Penggagas Light & Community), Ibu Ina Tasya (Ketua Light & Salt Community), Ina Simorangkir (Penyanyi rohani), Yemima Hutapea (MC) dan Perwakilan dari Glorify Choir & Ensemble (Bandung) berlangsung sangat meriah.


Berbagi Kebahagiaan Di Christmas Celebration Charity Concert


Dua tahun lalu Light & Salt Community pernah bekerjasama dengan YKAKI, dan sekarang ingin mengulang kembali berbagi kebahagiaan bersama adik-adik penderita kanker di yayasan tersebut.

"Konser amal ini berawal dari rasa kangen saya dengan YKAKI" pungkas Ina Tasya.


Penggalangan dana untuk adik-adik YKAKI

Adik-adik YKAKI bersama Ibu Ira Soelistyo

Adik-adik YKAKI bersama Ibu Julia Hutapea


Perfiormance adik-adik YKAKI
(YKAKI)


Acara konser amal "Christmas Celebration Charity Concert" yang dipandu oleh MC Yemima Hutapea dan John Martin ini juga dimeriahkan oleh performance dari penyanyi cantik Sari Simorangkir, Nindi Ellesse, Hyori Darmawan, Moby Sade, Glorify Choir&Ensemble. Dalam acara ini juga Light & Salt Community juga memberikan donasi dari penggalangan dana yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Light & Salt Community atas dukungan dari berbagai donatur dan sponsor seperti Oxone, D'Crepes, Carrot & Co, Levico Tenun, Trimegah Securities, G-Force serta pihak Hotel Sheraton Gandaria yang telah memfasilitasi tempat acara ini berlangsung.

Lewat acara ini diharapkan semangat kebaikan, cinta kasih dan menolong sesama tumbuh terus didalam jiwa kita semua.


Penyakit Kanker Pada Anak


Kanker merupakan sebuah istilah untuk penyakit degeneratif yang ditandai dengan berkembangnya sel abnormal yang merusak dan mengambil nutrisi dari tubuh seseorang. Inilah yang menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan lainnya, bahkan kematian. 

Satu kata yang menakutkan, terutama bila ini menimpa putri atau putra tercinta kita. Masa indah anak-anak kita seakan hancur dan dunia serasa berhenti berputar dan tidak akan pernah sama seperti dahulu.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI hingga 2013, kasus baru kanker pada anak mencapai 11.000 per tahun. Sebagian besar atau sekitar 30% kasus kanker pada anak yang terjadi di Indonesia adalah leukemia atau kanker yang terjadi pada sel darah putih, kemudian disusul dengan kanker yang menyerang sistem saraf pusat. Di samping faktor mutasi gen, penyebab kanker anak di Indonesia dapat terjadi akibat paparan zat kimia dan penyakit infeksi seperti hepatitis B dan HIV pada anak.

Bisakah kanker pada anak dicegah?


Tidak seperti kanker pada umumnya yang menyerang orang dewasa karena faktor risiko gaya hidup yang tidak sehat, kanker pada anak tidak memiliki faktor risiko yang dapat diubah.

Mutasi gen yang merupakan penyebab kanker pada anak dapat disebabkan hilangnya kemampuan sel untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan yang abnormal. 

Menurut penjelasan di HelloSehatdotcom , orang tua dapat meminimalisir risiko kanker yang akan dialami anak mereka sebelum dilahirkan, dengan cara :
  • Merencanakan kehamilan dengan matang, 
  • Menjaga kesehatan organ reproduksi, 
  • Tidak merokok, 
  • Menghindari paparan radiasi, dan 
  • Deteksi dini kesehatan kehamilan.
Orang tua sebaiknya waspada dan memperhatikan kondisi kesehatan anak jika beberapa tanda berikut sering terjadi dan bertahan dalam waktu yang lama:

  1. Terjadinya pembengkakan pada tubuh anak. 
  2. Anak terlihat pucat dan sering tampak lemas. 
  3. Anak sering mengalami luka, atau ada luka yang tidak kunjung sembuh. 
  4. Terdapat keluhan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. 
  5. Terlihat lesu atau pincang saat berjalan. 
  6. Demam tanpa sebab atau infeksi yang tidak kunjung sembuh. 
  7. Sering menderita sakit kepala disertai dengan muntah-muntah. 
  8. Gangguan penglihatan. 
  9. Penurunan berat badan tanpa sebab.

Kanker pada anak tidak memiliki gejala yang spesifik, dan dapat bervariasi sesuai dengan jenis kanker yang dialami anak. Meskipun bukan disebabkan kanker, gejala tersebut perlu diatasi untuk memulihkan kesehatan anak.


Tentang Light & Salt Community


Ibu Julia Hutapea merupakan penggagas nama Light & Salt Community dan diketuai oleh Ina Tasya yang memiliki kerinduan agar anak-anak generasi milenial yang sibuk berkomunitas dapat melakukan kegiatan positif sesuai dengan porsinya.




Walaupun masih dinilai anak-anak muda, dan jumlah anggotanya sekitar 50 orang, namun tetap kreatif dan rendah hati, serta berharap dapat menjadi role model bagi semua kalangan.

Light & Salt Community memiliki misi yaitu membangkitkan rasa persaudaraan yang erat, berbagi kasih dan kebahagiaan untuk banyak orang, terutama kelompok yang lemah dan kurang perhatian. Sebagai toleransi komunitas ini kepada banyak orang yang didasari rasa kemanusiaan diatas ras, suku ataupun agama.


Tentang Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)


Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI baca: ye ka ki) didirikan pada tgl. 1 Nopember 2006 berdasarkan pengalaman merawat anak dengan kanker serta berdasarkan kasih, empati pada anak penderita kanker serta orang tua dan keluarga mereka.





YKAKI merupakan sebuah yayasan nirlaba yang didirikan dengan visi bahwa semua anak kanker (terutama dari keluarga prasejahtera) berhak untuk hidup layak, sehat, bahagia dan berkembang dengan maksimal sehingga dapat menjadi pribadi berkualitas.

Memberikan "Awareness" mengenai kanker pada anak kepada masyarakat luas antara lain pada dokter-dokter di PUSKESMAS, kader-kader PKK, Paramedis, sekolah-sekolah dan masyarakat umum lainnya menjadi misi yayasan yang diketuai oleh Ibu Ira Soelistyo ini.

Program YKAKI disiapkan untuk membantu perjuangan para orangtua mendampingi putra-putrinya dalam pengobatan dan/atau perawatan termasuk pendidikannya.

Yayasan yang berkantor di Jl.Percetakan Negara XI No.129, Jakarta Pusat 10570, saat ini telah ada di 8 kota di Indonesia, yaitu Jakarta (kantor pusat), Bandung, Surabaya, Jogja, Riau, Makassar, Semarang dan Manado.

Khususnya untuk YKAKI Jakarta, saat ini telah menampung dan memfasilitasi kurang lebih 110 orang, yang terdiri dari 50 anak kanker dan 60 orang pendampingnya.

Di 'Rumah Kita' atau Rumah YKAKI, anak kanker ini mendapat fasilitas tempat tinggal, makan minum, transportasi ke rumah sakit, berobat serta pendidikan lewat program 'sekolah-ku' YKAKI.

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) mengajak saya, Anda, kita semua berpartisipasi untuk membantu dan peduli pada anak-anak dengan kanker di Indonesia. Melipir sejenak ke YKAKI di www.ykaki.or.id kuy.

Sudah saatnya kita peduli, berbagi dan berbuat sesuatu untuk mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan kita semua guna mengurangi beban kehidupan mereka terlebih di saat kesedihan melanda karena buah hati menderita kanker. 

Kami menanti uluran tangan Anda semua untuk bersama-sama dalam upaya menanggulangi kanker anak di Indonesia, baik dalam informasi tepat guna mengenai deteksi dini, menyediakan sarana akomodasi/rumah singgah, pendidikan bagi anak-anak yang sedang dalam perawatan di rumah sakit. Demikian pula advokasi/pendampingan para orangtua disaat mereka membutuhkan.

Mari bersama kita dampingi dan dukung anak-anak kita untuk mencapai kesembuhannya.

14 Responses to "Berbagi Kebahagiaan Untuk Anak Penderita Kanker Di Christmas Celebration Charity Concert"

  1. Sedih ya lihat anak2 sakit..

    BalasHapus
  2. Sedih ya kalau lihat anak-anak yang terkena kanker. Semoga jangan sampai menimpa anak-anak kita.
    Aku pernah punya pengalaman dengan penyakit ini. Kakak kandungku meninggal karena kanker payudara. Membuatku jadi lebih aware dan menerapkan pola hidup sehat.

    BalasHapus
  3. Acara yg bagus sekali, semoga dg adanya acara banyak yg makin terdorong untuk menolong sesama..

    BalasHapus
  4. Smoga anak anak penderita kanker jd makin semangat melawan penyakitnya ya

    BalasHapus
  5. Semoga para penderita kanker (terlebih anak kecil) diberikan kesembuhan dan kesehatan ya Mom..
    Terimakasih sudah menyebarkan informasi kebaikan ini Mom..

    BalasHapus
  6. Program dan acara seperti Ini bagus banget diadakan secara rutin ya mbak. Supaya memberikan semangat positif untuk mereka. Salut sama yayasan Ini selalu ada kegiatan positif

    BalasHapus
  7. Turut senang di perayaan hari besar, pada turut memberikan dukungan dan perhatian kepada yang membutuhkan. :)

    BalasHapus
  8. Salut untuk YKAKI dan LSC..acara yang bagus. Semoga makin menurun angka penderita kanker ini. Dan khusus anak-anak yang menderita kanker tambah semangat lagi untuk melawan penyakitnya

    BalasHapus
  9. Semoga mereka selalu semangat dan tetap mengejar apa yang mereka ingin capai. Aku tuh suka gak kuat kalau denger orang sakit kanker, terlebih anak kecil.

    BalasHapus
  10. Acara yang positif banget ini, bisa membuat anak-anak penderita kanker bahagia. Semoga bisa terus rutin dilaksanakan

    BalasHapus
  11. Acaranya menginspirasi banget...semoga semakin banyak yayasan yang peduli juga terhadap orang-orang yang membutuhkan...

    BalasHapus
  12. Salut dengan apa yang dilakukan YKAKI dan LSC. Semoga kegiatan positif dan sosialisasi ini bisa terus digaungkan ke masyarakat agar bisa segera antisipasi dini tentang gejala kanker.

    BalasHapus
  13. Bener banget kita harus membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan terutama YKAKI anak-anak butuh semangat dan kasih sayang.

    BalasHapus
  14. Semoga dengan kegiatan ini kita bisa lebih aware dengan kesehatan diri sendiri, anak2, keluarga dan orang2 sekitar kita.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel