Jumat, 13 Oktober 2023

Semangat, Komitmen Dan Perjuangan Kampung Berseri Astra Rawasari RW 02 Peduli Terhadap Lingkungan



Sumber foto : @kbarawasari02

Menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan merupakan hal yang seharusnya wajib dilakukan oleh semua orang dan menjadi prioritas utama demi terciptanya kenyamanan bersama. Lingkungan yang asri adalah daerah yang memiliki wilayah bersih dan jauh dari pencemaran serta banyak ditumbuhi pepohonan hijau.

Peduli Menjaga Kelestarian Lingkungan Kampung 

Upaya menjaga lingkungan agar tetap nyaman dan asri berseri telah dilakukan oleh warga kampung Rawasari RW 02, dengan melakukan aksi bersih-bersih di lingkungannya. Kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan melibatkan Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) beserta warga dan tokoh masyarakat setempat.

Selain asri dan berseri, ternyata kampung Rawasari RW 02 juga memiliki banyak program yang sangat bermanfaat untuk warga kampungnya, seperti adanya pengolahan sampah dan penanaman dengan cara hidroponik, cara ini yang cocok diterapkan di pemukiman padat penduduk yang lahannya terbatas untuk bercocok tanam.

Kampung Rawasari RW 02 yang dulunya merupakan daerah pemukiman padat penduduk, nyatanya mampu mengolah sampah mereka sendiri, dan kegiatan pengolahan sampah ini pun terorganisir dengan cukup baik.

Sumber foto : @kbarawasari02

Mulai dari jenis sampah organik (misalnya : dedaunan) yang nantinya dapat terdekomposisi melalui proses dikubur atau dimasukkan ke dalam wadah, lalu dibiarkan selama beberapa hari, kemudian hasilnya akan menjadi pupuk kompos padat. Selain kompos padat, ada juga pupuk kompos cair. Pupuk ini merupakan hasil penguraian secara biologis bahan-bahan organik dari sayur-sayuran atau buah busuk.

Proses pupuk kompos cair ini dimulai dari warga yang mengumpulkan sayuran atau buah busuk, lalu dipotong-potong, ditambahin sedikit air cucian beras yang pertama dan gula jawa, kemudian dimasukkan ke dalam tong kompos, dan biang kompos pun siap diproses selama beberapa hari.

Warga kampung dapat mengambil biang kompos cair ini dan memanfaatkannya untuk menyiram tanaman yang ada dilingkungan sekitar dengan cara menambahkan air secukupnya (kurang lebih setengah ember).

Selain itu, warga kampung ada juga yang membuat kompos cacing (kocing) dengan cara menaruh cacing ke dalam sebuah wadah (bisa wadah plastik) yang dicampur dengan tanah, lalu diatas tanahnya ditaburi dengan berbagai potongan sisa sayuran sebagai makanan untuk cacingnya. Selama dalam proses ini, cacing-cacing tersebut akan berkembang biak, menguraikan sampah organik dan menghasilkan kotoran, kotoran inilah yang menjadi pupuk kocing. Kocing kaya akan bahan organik yang memiliki tingkat aerasi yang tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai media tanam, pastinya kocing ini bisa menyuburkan tanaman.

Dengan adanya kegiatan pengolahan sampah yang secara rutin dilaksanakan oleh para warga KBA Rawasari RW 02, maka didirikanlah Bank Sampah. Tentunya bank sampah ini mampu membuat para warga kampung menjadi lebih peduli pada sampah plastik karena jenis sampah ini sulit terurai. Sampah plastik nantinya akan didaur ulang, sehingga dapat meminimalkan sampah yang bertumpuk di tong sampah. Hal ini otomatis dapat meningkatkan rasa kepedulian pada generasi penerus yang ada di KBA Rawasari RW 02.

Sumber foto : @kbarawasari02

Para warga KBA Rawasari RW 02 jadi lebih giat menghijaukan kampung mereka dengan berbagai kegiatan pengolahan sampah. Suasana kampung pun berubah menjadi lebih asri berseri dengan adanya berbagai tanaman atau pepohonan di tiap pekarangan rumah warga, baik itu yang ditanam didalam pot maupun poly bag.

Para warga pun dapat memanfaatkan air dari tong PAH (Penampungan Air Hujan) yang telah disediakan. Air berasal air hujan yang mengalir ke pipa yang menjadi penghubung antara tong PAH dan atap rumah warga. Jadi, warga dapat menyiram tanamannya ataupun keperluan lain menggunakan air ini.

KBA Rawasari RW 02 memiliki lubang biopori (lubang resapan), agar saluran air tetap lancar mengalir dan dapat terhindar dari banjir. Karena keterbatasan jalan yang masih ada tanahnya, maka lubang biopori ini dibuat di beberapa selokan. Sehingga lingkungan kampung aman dari banjir.

Menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) Rawasari RW 02 

KBA merupakan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada 4 pilar, yakni pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan. Visi program ini adalah mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. Pengurus KBA merupakan warga setempat yang akan bertanggung jawab memastikan jalannya program 4 pilar tersebut.

Kampung Rawasari RW 02 telah menerapkan pilar lingkungan, dan adanya kegiatan gotong royong yang rutin yang dilakukan warga setiap tiga bulan sekali, kampung ini dilirik oleh PT Astra International Tbk untuk menjadikan makin berseri. Tak hanya menerapkan pilar lingkungan yang digagas oleh Astra saja, kampung Rawasari pun telah menerapkan juga pilar kesehatan, kewirausahaan dan pendidikan.

Untuk itu pada tahun 2015 kampung Rawasari ini menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) Rawasari RW 02 dan pihak Astra mulai memberikan bantuan untuk keperluan warga dan penghijauan kampung melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Sumber foto : @kbarawasari02

Astra sangat mendukung pelestarian lingkungan, hal ini diwujudkan dengan memberikan bantuan berupa tanaman, pot, bit, bantuan alat membuat lubang biopori, tong penampungan air hujan (PAH), timbangan untuk posyandu, alat-alat kesehatan, lemari, timbangan sampah bahkan sembako untuk para warga Kampung Berseri Astra.

Selain itu, Astra juga mendukung bank sampah yang ada di kampung ini dengan memberikan kantong-kantomg untuk menampung sampah an-organik, misalnya plastik kemasan sachet, plastik bekas, botol plastik dan lainnya agar para warga kampung lebih mudah mengumpulkan sampah plastiknya.
Sampah kemasan plastik ini nantinya dikumpulkan dan dapat dijadikan kreasi atau kerajinan tangan berupa taplak meja dan lain sebagainya.

Raih Berbagai Penghargaan

Perjuangan dari para warganya yang saling berlomba menghijaukan kampung, KBA Rawasari RW 02 meraih berbagai penghargaan, diantaranya langganan Pemenang Lomba 10 program PKK antar kelurahan dan kecamatan, Juara Dua Lomba 10 program PKK Tingkat Nasional 2009, Juara Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tingkat Provinsi DKI Jakarta, Juara Dua Lomba 10 program PKK Tingkat Nasional 2012, Juara Pertama Lomba Tertib Administrasi Tingkat DKI Jakarta 2012.

Pasca dinobatkan sebagai Kampung Berseri Astra, pihak Astra kerap memberikan bantuan dan pembinaan tentang keterampilan, penyuluhan kesehatan bahkan kegiatan dongeng khusus untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) kepada para warga.

KBA Rawasari RW 02 ini pun meraih penghargaan di tahun 2017 sebagai Kampung Iklim Tingkat Provinsi DKI Jakarta dalam rangka pelaksanaan Apresiasi Lingkungan Hidup. Dan mendapatkan program pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melalui pelatihan budidaya cacing untuk kocing, budidaya tanaman jamur dan lain sebagainya.

Berbagai prestasi yang telah diraih KBA Rawasari RW 02 ini pun menjadikan kampung ini sebagai percontohan keberhasilan program PKK dan kampung hijau. Tentunya hal tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para warga KBA Rawasari RW 02, dan yang patut ditiru adalah semangat, komitmen dan perjuangannya untuk peduli terhadap lingkungan sejak dini.

0 komentar:

Posting Komentar