Kamis, 19 Oktober 2023

Rubah Kertas Konsisten Mendaur Ulang Kertas Bekas Menjadi Kertas Daur Ulang Yang Bermanfaat

Sumber foto: @rubahkertas

Dirumah ada tumpukan kertas bekas dokumen penting dan ada juga berbagai buku bekas yang sudah tak terpakai lagi, enaknya tuh langsung dbuang, dikiloin ke tukang loak, didaur ulang, atau dibuat kreasi ya?
Biasanya nih kita suka bingung sendiri, gimana ya caranya untuk memanfaatkan tumpukan kertas bekas yang ada? 

Kian banyaknya penggunaan kertas, otomatis meningkat pula jumlah sampah kertas, untuk itu perlu adanya pengelolaan sampah kertas. Salah satu caranya adalah dengan merubah sampah kertas menjadi kertas daur ulang yang bernilai jual dan bermanfaat seperti yang dilakukan oleh Afifah Luthfiya Hanum.

Afifah (begitu sapaan akrab Afifah Luthfiya Hanum) yang merupakan seorang Pendiri sekaligus CEO Rubah Kertas awalnya memiliki cita-cita untuk membuka bisnis di bidang yang ramah lingkungan. Mengetahui bahwa ada banyak teman mahasiswa yang pada saat pengerjaan tugas hingga skripsi tuh malah sering bikin sampah kertas. Saat itulah Afifah punya ide untuk membuat suatu perubahan di lingkungan sekitarnya.

Rubah Kertas Membantu Mengurangi Sampah Kertas 

Saat ini permasalahan sampah merupakan salah satu masalah umum yang belum dapat teratasi secara komprehensif, tentunya permasalahan sampah ini akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan bahkan dapat menimbulkan bahaya jika tidak diurus dengan baik. Kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap persoalan sampah menjadi salah satu penyebabnya.

Sumber foto: @rubahkertas


Menurut gadis asal Padang kelahiran 14 Desember 1995 ini bahwa di Indonesia pembuatan tempat pembuangan akhir (TPA) belum terpadu, padahal sampah yang dihasilkan semakin meningkat, khususnya sampah kertas. Melihat banyaknya dampak yang ditimbulkan dari sampah kertas terhadap lingkungan, akhirnya Afifah mendirikan Rubah Kertas pada Juni 2018.

Rubah Kertas adalah sebuah socio-preneur yang fokusnya pada produk sustainable yang ramah lingkungan. Rubah Kertas membantu mengurangi sampah kertas yang ada di Indonesia dengan cara mendaur ulang kertas-kertas bekas yang sudah terpakai menjadi beberapa produk baru yang bisa digunakan kembali. 


Sumber foto: @rubahkertas

Rubah Kertas menghadirkan berbagai produk yang didalam proses produksi dan konsep bisnisnya tidak mengabaikan isu-isu lingkungan yang terjadi, seperti : kertas daur ulang, kaligrafi, kartu nama, buku tulis, label baju, jurnal dan lain-lain.

Untuk proses pembuatan kaligrafi yang diproduksi oleh Rubah Kertas ini dilakukan dengan menggunakan tulisan tangan. Yang tidak kalah menariknya lagi adalah berbagai produk yang dihasilkan oleh Rubah Kertas awalnya hanya ditujukan untuk kerajinan, seni dan kebutuhan kreasi saja.

Namun, dikarenakan cukup banyaknya peminat produk-produk Rubah Kertas dan jangkauan produknya pun juga sangat luas, akhirnya tim Rubah Kertas melakukan berbagai inovasi untuk mengembangkan produknya sehingga menghasilkan beberapa produk baru dengan jangkauan yang lebih luas lagi dari yang sebelumnya.

Rubah Kertas Konsisten Mendaur Ulang Kertas Bekas  

Rubah Kertas selalu berusaha untuk lebih konsisten meskipun sulit, bahkan ditengah bermacam-macam masalah dan cobaan yang datang di tahun 2022. Namun, Rubah Kertas terus belajar untuk semakin konsisten dalam mendaur ulang kertas bekas menjadi kertas daur ulang yang bermanfaat. Kehadiran Rubah Kertas yang mendaur ulang sampah kertas, diharapkan dapat meminimalisir sampah kertas yang dihasilkan dan membantu menjaga lingkungan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sampah kertas sebenarnya dapat terurai dengan tanah, proses penguraian kertas ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 6 bulan, tergantung dari kondisi tanah dan juga membutuhkan banyak tahapan.

Berarti proses ini awalnya harus kita mulai dari pemilahan sampah dong ya, karena tanpa adanya pemilahan sampah kertas diawal maka akan bisa mempercepat perubahan iklim. Kertas yang bersifat organik dapat bercampur dengan sampah jenis lain (anorganik) kemudian akan menyebabkan pembusukan yang berlangsung tanpa adanya oksigen atau anaerobik. Proses pembusukan secara anaerobik ini nantinya akan membentuk gas metana.

Gas metana ini bisa mempercepat terjadinya perubahan iklim, Sebab gas metana memiliki kekuatan menangkap panas di atmosfer bumi 25 kali lebih kuat dari karbon dioksida, serta menciptakan penguraian yang tidak sempurna, yang tentunya dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Ternyata sampah kertas ini bisa berbahaya ya.

Pastinya akan sangat sulit bagi kita untuk keluar dari lingkungan yang tidak sehat seperti yang kita harapkan selama kita masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah terhadap dampak sampah.

Manfaat Daur Ulang Sampah Kertas

  1. Menghemat ruang di tempat pembuangan akhir (TPA) : mengurangi kebutuhan untuk membangun lebih banyak tempat pembuangan sampah.
  2. Menghemat energi dan air : dapat menghemat energi dan air karena jumlah langkah energi dan proses yang menggunakan air berkurang.
  3. Mengurangi gas rumah kaca : dapat mengurangi gas metana dan karbon dioksida.
  4. Melestarikan sumber daya : mempertahankan pohon-pohon dan hutan.
  5. Material energi : dapat menjadi material yang terdiri dari serat pendek dapat dikomposkan, dibakar menjadi energi atau digunakan sebagai TPA.

Semoga kita semua lebih bijak dalam menggunakan kertas, bukan hanya untuk mengurangi volume sampah, tapi juga untuk membantu menjaga kesehatan lingkungan tempat tinggal kita masing-masing.


Sumber foto: @rubahkertas

Yuk, bagi teman-teman yang ingin membantu upaya Rubah Kertas dapat juga mendonasikan kertas bekasnya untuk didaur ulang oleh tim Rubah Kertas. Donasi kertas bekas ini terbuka untuk umum selama memenuhi persyaratan kertas bekas yang dapat didaur ulang.

0 komentar:

Posting Komentar