Jumat, 20 Oktober 2023

Ganjar Pranowo Presiden 2024, Ini 7 Rencana Program Kuncinya


Sumber foto : @ganjar_pranowo

Tak lama lagi Indonesia akan melaksanakan perhelatan politik yang besar di tahun 2024, salah satunya adalah pemilihan presiden. Sebagai masyarakat yang cerdas tentunya kita harus mampu menilai calon pemimpin yang terbaik yang sekiranya mampu dan mau mendengarkan aspirasi masyarakat. Indonesia juga membutuhkan seorang pemimpin yang jujur dan berintegritas serta peduli masyarakat kecil, seperti Ganjar Pranowo yang telah resmi diusung PDI Perjuangan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P.  yang lahir pada 28 Oktober 1968 di Karanganyar, Jawa Tengah  adalah sosok yang sangat luar biasa, yang memiliki kejujuran dan integritas sebagai calon presiden Indonesia. Selain itu, pencalonan Ganjar Pranowo Presiden pun punya aspek perhatian yang sangat tinggi terhadap masyarakat kecil.

Memangku jabatan sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode membuat Ganjar Pranowo melihat potensi dan mengatasi masalah yang dihadapi provinsi Jawa Tengah secara visioner. Di tahun 2019 Jawa tengah mendapat penghargaan sebagai provinsi paling inovatif dalam Innovative Government Award 2019. Dibawah kepemimpinan Ganjar Pranowo di periode pertamanya sebagai Gubernur Jawa Tengah, provinsi Jawa Tengah berhasil meraih 178 penghargaan. Jawa Tengah juga mendapat prestasi sebagai provinsi paling berintegritas dari Hasil Survei Penilaian Integritas KPK.

Bahkan segudang prestasi berhasil diraih Ganjar Pranowo Presiden 2024, sehingga membuat beliau menjadi salah satu pemimpin daerah yang populer di tingkat nasional yang berprestasi :
  • Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama 2015
  • Pembina Seni Budaya dan Pariwisata daerah oleh Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia 2018.
  • Anggota Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia 2018
  • Widyaiswara Ahli kehormatan Lembaga Administrasi Negara 2019

Dilansir dari laman Pemprov Jateng, pada tahun 2020 Jawa tengah berhasil mendapat peringkat pertama pada PPD 2020.

Tahun 2020 Jawa Tengah menyabet penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk keempat kalinya secara berturut-turut.
Penghargaan SAKIP Award tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi.

Yang terbaru, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima dua penghargaan dari Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP).

Dua penghargaan tersebut diberikan atas kinerja Pemprov Jateng yang mencapai level tiga untuk Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Risiko Indeks.


Sumber foto : @ganjar_pranowo


Dilansir dari laman SINDOnews.com (Selasa, 17 Oktober 2023) Visi-misi tersebut akan disokong tiga fondasi program utama seperti pelipatgandaan anggaran, digitalisasi pemerintahan, dan pemberantasan korupsi. Ketiga fondasi itu menghasilkan 7 program kunci.

Program Kunci Ganjar Pranowo 
1. Membangun SDM Produktif
Dalam membangun SDM yang produktif, Ganjar berencana membuka akses pendidikan yang seluas-luasnya tanpa membedakan gender atau tingkat kesejahteraan. Program itu diharapkan bisa menekan angka pengangguran nasional hingga 4 persen pada 2029.

“Pentingnya untuk menyiapkan talenta. Karena itu, akses pendidikan perlu diberikan seluas-luasnya, memberikan 1 dari 4 mahasiswa dapat gratis kuliah. Dalam membangun SDM, saya ingin adil antara laki-laki dan perempuan, begitu juga dengan perkotaan dan pedesaan,” kata Ganjar.

2. Menjaga Stabilitas Harga Bahan-bahan Pokok
Terdapat tiga strategi untuk menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok, yakni dengan mengakselerasi kinerja birokrasi untuk memantau ketersediaan suplai dan permintaan, menggenjot sentra produksi bahan pokok, dan menyeimbangkan neraca ekspor-impor pangan.

3. Menghapus Kemiskinan
Mantan Gubernur Jateng itu ingin mengurai kemiskinan yang masih belum terselesaikan lewat intervensi program pemerintah yang berfokus kepada investasi keluarga. Kemiskinan masih menjadi isu yang belum terselesaikan hingga saat ini dan dia akan menyelesaikannya melalui investasi keluarga.

4. Memperkuat Jaringan Pengaman Sosial
Ganjar ingin memperbaiki data penerima program jaring pengaman sosial yang saat ini masih dinilai berantakan. Dia juga berencana memperluas jangkauan jaminan sosial tersebut yang berupa BPJS. Anggaran yang sebelumnya Rp166 triliun pada tahun 2024 akan menjadi Rp300 triliun pada 2029.

5. Mendorong Hilirisasi Menuju Pabrik Kelas Dunia Tentang hal ini, Ganjar menargetkan akan mempercepat perkembangan sektor-sektor penopang PDB. Dia akan mendorong pertumbuhan di sektor pertanian hingga 2,25 persen, pertambangan dan penggilingan naik sekitar 4,38 persen, industri pengolahan naik 4,89 persen, perdagangan dan reparasi sebesar 5,52 persen, transportasi dan pergudangan sebesar 19,87 persen, serta sektor digital sebesar 19 persen.

6. Akselerasi Nilai Tambah Pembangunan Infrastruktur
Ganjar ingin seluruh proyek infrastruktur yang dibangun pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi) diakselerasi agar dapat merangsang berbagai kegiatan perekonomian. “Infrastruktur sumber daya air yang lebih produktif, kereta api berteknologi modern, menciptakan 40 persen bauran energi terbarukan, perumahan yang berkualitas dan membangun kawasan industri, serta ekonomi yang berorientasi pada hilirisasi,” katanya.

7. Memulihkan Alam Indonesia
Ganjar merencanakan berbagai cara untuk memulihkan alam Indonesia, yaitu dengan mengurangi emisi karbon, mencetak talenta untuk inovasi, serta mendorong ekonomi hijau dan ekonomi biru. “Terkhususkan ekonomi biru, saya ingin mendorong perikanan kita tidak lagi bertumpu pada perikanan tangkap, tapi perikanan budidaya,” ucapnya.

Sosok Ganjar Pranowo Presiden 2024 sebagai seorang figur pemimpin masa depan yang mampu membawa anak bangsa berfikir lebih maju dan lebih positif. Beliau punya kepribadian yang sangat mengayomi dan sosoknya masuk di semua lapisan masyarakat, yakin nantinya dapat membawa Indonesia lebih maju dibawah kepemimpinan Ganjar Pranowo Presiden 2024.










0 komentar:

Posting Komentar