Minggu, 22 Oktober 2023

Atourin, Jelajahi Berbagai Destinasi Wisata Secara Virtual



Sumber foto : @lifeatatourin

Wisata adalah aktivitas yang menyenangkan untuk siapa pun, baik itu orang tua maupun anak-anak. Dengan berwisata kita mendapatkan berbagai pengalaman baru yang seru sehingga pikiran dan tubuh menjadi lebih fresh dan lebih santai. Wisata juga dapat merangsang kegembiraan, mengurangi stres dan kejenuhan, sehingga kita pun menjadi lebih produktif. 

Kini, berwisata tak hanya bisa dilakukan atau dinikmati secara nyata, ada wisata virtual atau virtual tour yang tidak kalah menarik untuk kita pilih dan wajib dicoba. Karena kita gak perlu repot meninggalkan rumah, dengan wisata virtual kita pun dapat menghilangkan stres dan menghentikan rutinitas sejenak, cara berlibur ini bisa menghemat banyak biaya dan tak perlu repot-repot lagi memesan kamar penginapan.

Wisata Virtual Atourin Berbasis Digital


Sumber foto : @lifeatatourin


Wisata virtual Atourin yang digagas oleh Reza Permadi selaku COO dan Co-Founder Atourin adalah aktivitas berbasis digital yang memanfaatkan teknologi internet dan gawai (seperti smartphone, televisi, dan komputer) untuk tetap bisa berwisata atau berkegiatan mempromosikan pariwisata.

Wisata virtual menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik, apalagi disaat kita mengalami masa pandemi covid-19 waktu itu. Kegiatan wisata virtual ini memiliki konsep gabungan antara gagasan dan teknologi realitas virtual (VR), jadi kita bisa mengeksplore berbagai destinasi wisata secara virtual tanpa harus mengunjungi secara langsung ke tempat wisata tersebut.

Dalam aktivitas wisata virtual, pemandu wisatanya akan memandu para wisatawan yang berwisata dari rumahnya masing-masing secara virtual melalui online meeting platform seperti google meet dan zoom meeting.

Kita tentunya masih ingat betul di awal masa pandemi kita tidak bisa masuk ke tempat wisata apalagi pada waktu lockdown semua aktivitas harus dilakukan di rumah saja. Virtual tour menjadi solusi untuk membantu para pemandu wisata yang saat itu menganggur akibat pandemi. 

Pastinya wisata virtual bisa memberikan rasa baru menikmati keindahan alam, gedung-gedung, bahkan barang seni tanpa perlu keluar rumah, tanpa harus lelah berjalan kaki apalagi biasanya sambil membawa tas berisi segala macam perlengkapan atau bekal. Dan wisata virtual atau virtual tour ini menggunakan google earth atau google map untuk berwisata, dengan menggunakan gambar 360 di google earth.

Wisata virtual bukan merupakan substitusi dari wisata konvensional, akan tetapi ayanan ini menjadi penyedia informasi bagi calon wisatawan sebelum mengunjungi destinasi wisata idamannya di kemudian hari. Jadi, untuk setiap aktivitas wisata virtual, wisatawan akan didorong untuk bisa langsung datang aktual ke sana dengan menghubungi pemandunya.

Menjelajahi Berbagai Destinasi Wisata Bersama Atourin

Atourin (PT Atourin Teknologi Nusantara) adalah perusahaan teknologi di sektor pariwisata yang memberikan layanan one-stop-solution kepada para wisatawan, seperti penyediaan informasi obyek wisata se-Indonesia, rekomendasi rencana perjalanan ke berbagai destinasi, jasa pemesanan pemandu wisata, dan marketplace berisi produk pariwisata lokal.


Sumber foto : tangkapan layar atourin.com


Selain memiliki visi untuk memajukan industri pariwisata Indonesia, Atourin juga berkontribusi meningkatkan perekonomian Indonesia melalui implementasi teknologi hingga menjadi perusahaan teknologi pariwisata raksasa di Indonesia dan kawasan regional, serta menjadi technology enabler untuk pelaku pariwisata di Indonesia.

Bukan hanya sekedar wisata virtual saja, bersama Atourin, kita juga bisa melakukan :  
  • Marketplace Desa Wisata, 
  • Itinerary Planner, 
  • Rekomendasi Rencana Perjalanan, 
  • Informasi Daya Tarik Wisata, 
  • Tourism Object Placement, 
  • Open/Private Trip, 
  • Custom Trip, 
  • Trip Consultant, 
  • Direktori Pemandu Wisata, 
  • Tourism Design & Branding, 
  • Manajemen Social Media, 
  • Manejemen Daya Tarik Wisata, dan 
  • Virtual Tour/Experiences.

Sebagai layanan one-stop-solution, Atourin juga menawarkan :
  1. Marketplace Desa Wisata, yaitu paket wisata, experience, dan tiket masuk yang disediakan oleh desa wisata di Indonesia.
  2. Rencana Perjalanan, seperti rekomendasi dan referensi rencana perjalanan dari wisatawan di seluruh Indonesia.
  3. Informasi Obyek Wisata, merupakan integrasi informasi lengkap mengenai obyek wisata yang dibutuhkan wisatawan.
  4. Direktori Pemandu Wisata terhubung dengan pemandu wisata lokal tersertifikasi di destinasi tujuan wisatawan.

Tips Wisata Virtual Agar Lebih Menyenangkan

Sebelum memutuskan kemana destinasi wisata virtual, kita bisa :

  • Bertanya kepada anggota keluarga mengenai tempat atau kota  mana saja yang ingin dikunjunginya secara virtual.
  • Terapkan dress code agar lebih seru lagi, contohnya seperti jika ingin ke station untuk menonton pertandingan sepakbola sebaiknya mengenakan kaos jersey favoritnya. Atau bisa juga jika ingin ke pulau Bali bisa mengenakan dress code baju pantai.
  • Menyiapkan makanan berat atau cemilan untuk bersantap selayaknya sedang piknik, pastinya akan lebih menyenangkan.


Pergi wisata pastilah sangat disukai banyak orang apalagi jika tempat wisata yang kita kunjungi sangat menyenangkan.

















0 komentar:

Posting Komentar