Sabtu, 16 September 2023

Kampung Berseri Astra (KBA) Lengkong Kulon Menjelma Menjadi Kawasan Yang Bersih, Sehat, Dan Produktif

 

Dok. Pri

Ditengah-tengah berdirinya bangunan apartemen, deretan bangunan perkantoran yang megah , dan jalan-jalan yang sangat lebar beraspal mulus, siapa yang menyangka ada sebuah jalan kecil menuju sebuah kampung yang bernama Kampung Lengkong Kulon. 

Kampung Lengkong Kulon merupakan tanah agraris, dengan hamparan sawah dan ladang yang sangat luas. Namun, sekarang sudah berubah menjadi kawasan permukiman dan satu-satunya kampung yang masih ada di daerah BSD City, Tangerang, Banten. Dengan jumlah warga 700 KK dan luasnya 75 HA ini, awalnya bernama Kampung Sawah karena dikelilingi sawah-sawah, dan daerahnya disebut Pagedangan.

Keberadaannya di tengah kota yang modern dengan gaya hidup orang kota yang gemerlapan, kampung ini mampu bertahan dengan semangat yang dikobarkan dari Program CSR untuk menjadi Kampung Berseri Astra (KBA).

Eksistensi KBA Lengkong Kulon ini merupakan bagian dari Corporate Social Responbility Astra, melalui Astra Daihatsu , salah satu anak perusahaan Astra. Bersamaan dengan diresmikannya Astra Biz Center BSD City yang prestisius, maka Astra pun mengembangkan Corporate Social Responsiblity (CSR) di Tangerang. 


Keberhasilan KBA Kampung Lengkong Kulon 

Ternyata Kampung Lengkong Kulon telah berhasil melaksanakan dan membuktikan 4 pilar yang menjadi program Kampung Berseri Astra (KBA) sejak tahun 2016.

1. Pilar Pendidikan
Melihat anak-anak zaman now yang tidak pernah ketinggalan gadget-nya tiap hari, akibatnya anak-anak kurang minat membaca buku. Oleh karena itu, Kampung Lengkong Kulon telah memiliki Gerobak Baca pemberian dari Astra Daihatsu BSD  yang berisi berbagai macam buku pendidikan untuk menambah literasi ataupun pengetahuan bagi anak-anak agar lebih gemar membaca buku.

Dok. Pri

Di Gerobak Baca juga ada televisi yang digunakan untuk memutar video tentang pengetahuan mengenai tanaman, hewan dan lainnya.

Harapannya adalah dengan hadirnya Gerobak Baca di KBA Lengkong Kulon ini dapat membuat seluruh lapisan masyarakat untuk membudayakan gemar membaca demi pendidikan yang berkualitas dan masa depan yang cerah.

Selain itu juga di KBA Lengkong Kulon terdapat taman baca, untuk mewadahi kreativitas anak-anak dan mengembangkan kemampuannya, agar anak-anak dapat menjaga generasi literasi yang rajin membaca.

Pada tiap hari Sabtu dan Minggu dibuka program taman baca yang diselingi dengan berbagai kegiatan untuk anak-anak, termasuk adanya kegiatan permainan tradisional seperti petak umpet. Program ini berhasil mengurangi intensitas anak-anak bermain game di smartphone saat libur sekolah, agar mereka juga dapat bersosialisasi.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menumbuhkan kreavifitas, anak-anak Kampung Lengkong Kulon juga ada challenge untuk bisa bercerita di depan banyak orang mengenai aktivitasnya selama satu pekan.

2. Pilar Lingkungan
KBA Lengkong Kulon mengadakan kegiatan kebun sayur  dengan menanam pohon sayur, pelatihan menanam, dan segala aktivitas yang berkaitan dengan lingkungan. Terdapat juga pelatihan untuk anak-anak seperti menanam tanaman dan cara merawatnya.

Dok. Pri

Pada pilar ini merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh KBA Lengkong Kulon, disana juga sering mengadakan pelatihan yang berhubungan dengan tanaman diantaranya pelatihan pembuatan pupuk dan pestisida organik.

Di Kampung Lengkong Kulon juga dikembangkan kawasan ekowisata, yang nantinya, anak-anak bisa melihat secara langsung tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Termasuk edukasi mengenai pemanfaatan pupuk organik.

Untuk pengembangan kebun organik, digunakan kompos organik yang berasal dari limbah basah organik yang diolah sendiri dan ramah lingkungan, serta dapat  memberikan nilai ekonomi yang lebih besar lagi bagi masyarakat kampung.

Kesadaran masyarakat untuk maju terus meningkat sejak ada KBA, apalagi Kampung Lengkong Kulon ini menerapkan konsep Sabilulungan yang artinya gotong royong atau kebersamaan.

3. Pilar Kesehatan
KBA Lengkong Kulon selalu rutin mengadakan kegiatan posyandu sehat demi memberikan dan mengecek kesehatan warganya secara berkala. Kegiatan posyandu sehat juga memberikan apresiasi bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Selain itu ada juga sosialisasi tentang diabet, darah tinggi, kelas bagi ibu hamil dan pengetahuan lainnya bagi ibu-ibu dan para orang tua.

Dok. Pri


Dok. Pri


KBA Lengkong Kulon pernah mengadakan kegiatan kelas hamil bagi kaum wanita terutama ibu-ibu. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan membawakan manfaat untuk kaum wanita agar senantiasa menjaga kehamilannya. Tidak hanya itu, Kampung Lengkong Kulon juga pernah melaksanakan pelatihan kader kesehatan.

Yang membanggakan, posyandu KBA Lengkong Kulon berhasil masuk lima besar tingkat nasional, sementara kader posyandunya, berhasil menyabet juara dua tingkat nasional untuk inovasi.

KBA Lengkong Kulon juga berhasil menjadi juara kedua se-Kabupaten Tangerang untuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Posbindu merupakan tempat edukasi bagi masyarakat tentang Penyakit Tidak Menular (PTM). Di Posbindu, masyarakat usia produktif dibekali pengetahuan tentang penyakit tidak menular.

Dan pencapaian luar biasa lainnya adalah menjadi  Finalis KBA Innovation 2020 untuk  kategori Kampung Berseri Astra.

4. Pilar Kewirausahaan
KBA Lengkong Kulon pernah menyelenggarakan pelatihan cooporatives entreneurship, yang bertujuan agar semua masyarakat di KBA Lengkong Kulon bisa menjadi wirausaha asal ada kemauan dan tekad yang tinggi.

Dok.Pri

Kampung Lengkong Kulon membangun workshop yang dijadikan pusat kewirausahaan dan pusat kegiatan di kampung,  kelak dari tempat ini akan dihasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Tak hanya warga Kampung Lengkong Kulon saja tapi masyarakat luar kampung juga.

Disini dengan dukungan Astra mendidik masyarakat agar mandiri dan mengembangkan potensinya, mengembangkan kreatifitasnya dan bisa berinovasi.
Workshop yang dikembangkan itu, selain digunakan sebagai pusat edukasi kewirausahaan, juga digunakan sebagai tempat pelatihan ketrampilan, pengelolaan lingkungan, kesehatan dan pendidikan.

Keberadaan workshop tersebut akan membantu masyarakat khususnya yang berusia produktif untuk mengembangkan bakatnya, juga difungsikan sebagai tempat untuk berbagi ilmu yang dimiliki agar mereka produktif dan menghasilkan sesuatu yang berguna.

Menuju Desa Sejahtera 2021 melalui Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra

Program ini fokus pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa melalui pengembangan Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan) sesuai daerahnya masing-masing.

Semangat masyarakat Kampung Lengkong Kulon untuk maju dan sejahtera secara mandiri semakin kuat saat kawasan ini menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) Lengkong Kulon yang menjelma menjadi kawasan yang bersih, sehat, dan produktif.

Tak hanya itu, kualitas pendidikan di kawasan ini juga semakin membaik, lebih kreatif dan makin semangat untuk maju. KBA Lengkong Kulon bisa jadi contoh yang baik bagi kampung lain agar bisa produktif dan bermanfaat untuk masyarakatnya.


0 komentar:

Posting Komentar