Minggu, 17 September 2023

Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati RW 03 Semangat Olah Sampah Jadi Berkah

 
Dok.Pri

Keberadaan kampung yang asri dan berseri ternyata masih ada ditengah pesatnya pembangunan gedung bertingkat di ibukota Jakarta. Salah satunya adalah Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati RW 03 yang berlokasi di Komplek Zeni, Jl. Zeni AD 2 RT.06/RW.03 Rawajati Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.

Begitu tiba di Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati RW.03 kesan pertama yang terlihat adalah lingkungan yang bersih, berhawa sejuk, adem dan banyak pepohonan hijaunya.

Kampung Berseri Astra yang terletak di wilayah kelurahan Rawajati kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan ini, merupakan hasil kerja keras dan komitmen berkelanjutan warga sekitar, khususnya ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang merintis sebuah gerakan cinta lingkungan.
Pemandangan lingkungan bersih bebas dari sampah sehingga menjadi daya tarik Kampung Rawajati ini. 

Ternyata kampung ini memiliki prestasi diantaranya di tahun 2004 dinobatkan menjadi Kampung Agrowisata DKI Jakarta yang menjadi percontohan bagi banyak pihak. Dan di tahun 2015 Kampung Rawajati diresmikan menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) yang didukung penuh oleh PT Astra International Tbk.

Pastinya  prestasi diraih melalui adanya perjuangan dan cinta akan lingkungan dan inilah yang kini menjadi cikal bakal lahirnya gerakan bank sampah di Kampung Rawajati.

Program Semangat Kurangi Sampah Plastik

Adalah Sylvia Ermita selaku Ketua Pengurus Bank Sampah Percontohan Rawajati bersama ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merintis sebuah gerakan cinta lingkungan, yaitu gerakan yang dicanangkan warga memang bertujuan kepada peduli lingkungan untuk menjadikan area RW.03 Rawajati menjadi kawasan hijau yang dipenuhi pepohonan dengan memanfaatkan setiap jengkal tanah.

Dok.Pri

KBA Rawajati merupakan satu dari 22 KBA yang ada di seluruh Indonesia yang menerapkan gerakan Semangat Kurangi Plastik. Semangat Kurangi Plastik merupakan sebuah program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang bertujuan mengurangi sampah plastik sekali pakai.

Program ini diluncurkan Astra pada Februari 2020.
KBA Rawajati mengumpulkan sampah plastik sekali pakai dari rumah tangga warga di sekitar lingkungan kampung dan hasil pengumpulan sampah dari sungai oleh Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Pancoran yang setiap hari disetor ke bank sampah Rawajati dapat mencapai hingga 100kg.

Bank Sampah KBA Rawajati

Para warga yang sebelumnya tidak pernah mengelola sampah rumah tangga dengan benar, saat ini perlahan-lahan mulai berubah dengan adanya bank sampah di Kampung Rawajati.
Telah tercatat 858 orang warga menjadi nasabah bank sampah KBA Rawajati, mulai dari rumah tangga hingga mahasiswa di luar wilayah dan memiliki kas hingga mencapai Rp.24 juta.

Dok.Pri

Sylvia Ermita sebagai Local Champions atau Tokoh Penggerak KBA Rawajati mengungkapkan bahwa bank sampah KBA Rawajati telah bertransformasi sebagai tempat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat yang tergerak untuk melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar.

Sylvia Ermita telah mendedikasikan waktunya untuk mengelola sampah, memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pengelolaan sampah kepada para warga agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Sebagian sampah bisa diolah untuk dijadikan kebutuhan alat rumah tangga, seperti sampah kertas yang dapat dijadikan sebuah wadah dan sampah plastik yang dapat dijadikan tikar serta sampah organik untuk dijadikan kompos.

Dok.Pri

Bank sampah Kampung Rawajati juga telah bermitra dengan institusi pemerintah dan salah satu penyedia alat transportasi online sebagai tempat penyaluran sampah plastik yang berasal dari pengemudi ataupun pengguna jasa layanan yang ingin menyalurkan sampah plastiknya.

Bank Sampah Rawajati telah memiliki 819 nasabah dengan target 3 ribu nasabah atau se-kelurahan, pastinya warga masyarakat diajak untuk bergabung dalam program ini dengan cara mengumpulkan sampah di rumahnya atau di jalan. Sylvia dan pengurus rutin melakukan sosialisasi melalui arisan- arisan RT dan face to face untuk mencapai target nasabah, bahkan pengurus bersedia menjemput bola ke RW- RW di hari Kamis dan Sabtu. 

Dok.Pri

Untuk menyetorkan sampah di Bank Sampah Rawajati, penting bagi nasabah untuk memperhatikan apa saja sampah-sampah yang bernilai atau dapat didaur ulang. Sesuai dengan alurnya, pengurus melakukan pemilihan sampah skala rumah tangga, penyetoran, penimbangan dan kemudian pencairan yang dimasukkan ke dalam buku tabungan nasabah.

Bank Sampah Rawajati juga menyediakan reward bagi nasabah yang memiliki tabungan terbanyak dan penyetor sampah terajin, maka akan mendapatkan reward sembako agar warga masyarakat makin semangat mengumpulkan sampah yang bisa diolah.

Tidak hanya program bank sampah, di bidang ekonomi kreatif Kampung Berseri Astra Kampung Rawajati ini juga menghasilkan beragam produk diantaranya jamu instan, snack, anyaman hasil daur ulang dari koran yang menyerupai rotan, pembuatan pupuk kompos manual dan banyak lagi. 

Hasil produknya pun kerap dipamerkan dan diperjualbelikan di pameran- pameran yang digelar oleh Astra maupun Pemerintah. Progres yang positif tentunya mengundang banyak pihak untuk study banding dan mensupport kegiatan di Kampung Rawajati ini. 

Dok.Pri

Kampung Rawajati telah melahirkan inspirasi bagi banyak pihak mulai dari bagaimana menciptakan taman yang asri, sejuk dan bersih, menghadirkan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkembang, pelayanan kesehatan melalui posyandu, pengolahan daur ulang sampah menjadi kerajinan tangan, pembuatan pupuk kompos dari sampah dedaunan, kebun tanaman obat keluarga (Toga) dan membangun jiwa kewirausahaan masyarakat. 

0 komentar:

Posting Komentar