Senin, 13 Juni 2022

Hospital Tour RS Premier Bintaro : Kenali Skoliosis Sejak Dini

 


Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Kamis, 9 Juni 2022 saya bersama rekan-rekan Blogger berkesempatan menghadiri acara Blogger & Vlogger Gathering yang dimulai dengan sebuah rangkaian perjalanan 'Hospital Tour' di RS Premier Bintaro.

Biasanya rumah sakit identik dengan tempat yang tidak menyenangkan dan menyeramkan bagi kebanyakan masyarakat. Dengan adanya Wisata Edukasi Rumah Sakit (Hospital Tour) ini dimaksudkan agar seluruh pasien dapat mengenal bagaimana dan apa saja fasilitas pelayanan kesehatan yang bisa pasien peroleh di rumah sakit.

Rangkaian Hospital Tour di RS Premier Bintaro

RS Premier Bintaro adalah rumah sakit swasta di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. Rumah sakit yang didirikan sejak tahun 1998 silam ini merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Healthcare, sebuah organisasi kesehatan yang memberikan layanan medis di kawasan Asia, khususnya Malaysia dan Asia.

Rumah sakit Premier Bintaro hadir dengan memberikan layanan kesehatan menggunakan fasilitas dan teknologi medis mumpuni, seperti radiologi dengan mammografi, USG, ekokardiografi, CT Scan, dan MRI.

Spesialisasi ortopedi (tulang) dan kardiologi (jantung) menjadi layanan unggulan di rumah sakit ini.

Melalui filosofi People Caring for People, RS Premier Bintaro terus berkomitmen terhadap peningkatan kualitas berkelanjutan serta tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar internasional juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten.

Jujur saja, saya pribadi begitu antusias dengan kegiatan hospital tour ini, penasaran sekali bagaimana rasanya berkeliling melihat-lihat ruangan yang tidak banyak orang tahu. Apakah semenakutkan itu? Atau malah membosankan? Makin penasaran jadinya.

Sebelum memasuki gedung RS Premier Bintaro, tetap ada protokol kesehatan yang harus kita patuhi bersama, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan scan barcode Peduli Lindungi.

Saat masuk ke area lobby RS Premier Bintaro rasanya malah seperti masuk ke mall mewah, seperti tidak sedang memasuki sebuah rumah sakit. Sebenarnya ini rumah sakit atau bukan ya? Area lobby-nya luas, banyak bangku tertata rapi, dihiasi tanaman-tanaman hijau pun ikut menyejukkan dan  membuat suasana semakin nyaman.

Saya dan rekan-rekan Blogger yang berjumlah 50 orang dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang dan dipandu oleh 1 orang petugas dari RS Premier Bintaro. Setelah itu langsung meluncur ke rute yang sudah ditetapkan. Dan saya bergabung dikelompok pertama untuk mengunjungi : 

Ruang Flamingo Vascular Center

Ruang Flamingo berada dilantai 2 RS Premier Bintaro, adapun fasilitasnya meliputi :

- Ruang Endoskopi

RS Premier Bintaro termasuk salah rumah sakit yang concern untuk melayani penyakit vaskuler secara menyeluruh. 

Untuk itu, jaringan rumah sakit Ramsay Health Care Group Australia ini memiliki fasiitas “Vascular Center”. Di sini pasien akan mendapatkan pelayanan lengkap terintegrasi mulai dari diagnostik, penanganan, hingga fisioterapi.

Vascular Center menyediakan pelayanan vaskuler modern  yang komprehensif. Pelayanan yang diberikan terkoordinasi dan terintegrasi di setiap aspek,  mulai dari skrining, diagnostik, terapi obat-obatan, terapi bedah maupun non-bedah dengan teknik endovaskuler untuk pasien rawat inap maupun rawat jalan.

Jadi, pasien tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Dengan berobat di Vascular Center layanan one stop service, lebih hemat dan efisien. Apalagi RS Premier Bintaro sudah memiliki pengalaman 15 tahun melayani pasien.


- Ruang Cath Lab

Cath Lab atau Kateter Jantung dan Angiografi adalah suatu tindakan medis atau prosedur diagnostik invasif yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung atau koroner.

Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh. Misalnya, jantung untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tersebut.


- Ruang ESWL

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) merupakan terapi non-invasif, karena tidak memerlukan pembedahan atau pemasukan alat kedalam tubuh pasien.

Sesuai dengan namanya, Extracorporeal berarti diluar tubuh, sedangkan Lithotripsy berarti penghancuran batu, secara harfiah ESWL memiliki arti penghancuran batu saluran kemih dengan menggunakan gelombang kejut (shock wave) yang ditransmisi dari luar tubuh.

Perjalanan Hospital Tour langsung dilanjutkan untuk mengunjungi ruang IGD yang berada dilantai 1 RS Premier Bintaro.

Ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat)

Prosedur wajib bagi pasien yang datang, harus melalui assesment awal dengan menemui dokter selama lima menit, agar dapat diketahui tingkat emergency post pasien, apakah parah, semi parah atau tidak parah. 





Jadi dapat diketahui bagaimana penanganan yang tepat untuk pasien tersebut. Petugas IGD mengatakan bahwa IGD juga harus menerapkan First Life Safety untuk semua pasien. 

Ketentuan IGD di RS Premier Bintaro, semua yang bertugas dibagian ini wajib mempunyai sertifikat kegawatdaruratan dan untuk kepala IGD harus dokter Anestesi.


Di ruang IGD RS Premier Bintaro ada tiga jalur warna di lantai yang berfungsi sebagai petunjuk kemana pasien harus ditangani. Tiga warna tersebut adalah Merah, Kuning dan Hijau. 

  • Warna Merah menandakan jalur untuk pasien yang kegawatdaruratannya tinggi, 
  • Warna Kuning, tinggi namun tidak terlalu parah, 
  • Warna Hijau untuk pasien yang tidak parah dan tidak memerlukan tindakan medis segera.

Ruangan untuk jalur Hijau, peralatan medis yang tersedia adalah peralatan basic yang terdiri dari Oksigen, Infus, Sabun untuk cuci tangan dan stop kontak. 

Sedangkan jalur Kuning dan Merah, selain peralatan medis basic, ada tambahan peralatan berupa tensi dan monitor continuous

Jadi pengetahuan baru untuk kita semua nih tentang proses dan prosedur rumah sakit yang sebenarnya sangat memudahkan pasien ketika berobat ke rumah sakit. 

Tinggal mengedukasi masyarakat agar mereka dapat memahami mengapa ada beberapa prosedur yang harus dijalani. Ternyata jika dipahami sebenarnya prosedur ini sangat menolong.


Ruang MRI

MRI (Magnetic Resonance Imaging) merupakan teknik diagnostik medis yang menghasilkan gambaran untuk memeriksa serta mendeteksi kelainan didalam tubuh, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi.


RS Premier Bintaro memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, yaitu alat pemindai MRI 3 Tesla Skyra.

MRI 3 Tesla Skyra memungkinkan pencitraan lebih detail sehingga dapat diketahui sejauh mana penyakit telah menyerang tubuh si pasien. Contohnya penyakit tumor. Dapat dideteksi jenisnya apa, jinak, atau ganas, dan apakah sudah tahap inflamasi atau infeksi.

Sadar bahwa aktivitas pemeriksaan MRI kerap membuat kurang nyaman pasien, RS Premier Bintaro memberikan kenyamanan dengan membebaskan pasien untuk bisa mendengarkan lagu kesukaannya selama menjalani pemeriksaan MRI ini, jadi pasien bisa merasa sangat nyaman.

Ruang Radiologi

Dari ruangan MRI, kami menuju ruangan Radiologi, petugas Radiologi menjelaskan bahwa Radiologi, Laboratorium dan Farmasi dapat berfungsi sebagai penunjang diagnostik bagi pasien, Rincian penjelasannya dibagi menjadi :

  • Ruang Diagnostik terbagi menjadi tiga, yakni pemeriksaan konvensional, Mamo dan CT Scan.
  • Ruang Imaging mencakup Gelombang Elektromagnetik dan Magnet Tinggi.
  • Sedangkan Intervensional berhubungan dengan aneograsi atau pembuluh darah.

Di RS Premier Bintaro, ketika pasien melakukan X Ray, selalu harus memakai rompi berlapis PB (Timbal) yang telah disediakan, agar keamanan pasien dari efek radiasi X Ray dapat dicegah. 

X Ray dapat dilakukan setiap satu tahun sekali pada saat Medical Check Up. Ketika dalam kondisi tertentu, misalnya penyakit kronis TB, baru dilakukan per tiga bulan sampai kondisi membaik.

Skin & Laser Clinic




Skin & Laser Clinic berfokus pada pelayanan dengan menggunakan teknologi Laser Fotona generasi terbaru. Beberapa manfaat dari penggunaan Laser Fotona generasi terbaru ini, antara peremajaan kulit, mengurangi bekas jerawat, memperbaiki kulit kendur, mengurangi kerutan halus dan pigmentasi, hair removal, varises, snoring atau mendengkur, dan vagina rejuvenation.

Tim Skin & Laser Clinic RS Premier Bintaro terdiri dari beberapa dokter spesialis dari multidisiplin. Antara lain, spesialis kulit dan kelamin, kebidanan dan kandungan, THT-KL, bedah vascular, serta bedah plastik.

Berbagai permasalahan kesehatan dan estetika dapat ditangani dengan metode non-operatif, sehingga memberikan kenyamanan dan pilihan baru bagi pasien dalam menentukan perawatan maupun pengobatan yang tepat.

Layanan Unggulan dari Rumah Sakit Premier di Bintaro 

Layanan unggulan atau center of excellence merupakan layanan yang diberikan rumah sakit, penuh dengan inovasi dan teknologi terbaik didalamnya. Umumnya layanan ini mengatasi suatu penyakit tertentu secara komprehensif.

RS Premier Bintaro pun memiliki layanan unggulan yang mungkin di rumah sakit lain belum tentu ada, yaitu :
 
1. Ramsay Spine Center 
Merupakan pusat layanan khusus masalah tulang belakang. Layanan ini mengatasi semua masalah yang berkaitan dengan tulang belakang secara komprehensif dan terpadu.

2. Hand Clinic
Layanan Hand Clinic memberikan penanganan cedera tangan dengan cepat untuk meminimalisir berbagai konsekuensi. Terapi yang tersedia di layanan khusus ini mulai dari fisioterapi hingga pembedahan.

3. Sports Clinic
Layanan Sports Clinic di RS Premier Bintaro ini untuk melayani masalah atau cedera yang timbul akibat aktivitas olahraga.

Layanan yang tersedia di Sports Clinic mulai dari konsultasi, pemeriksaan, dan pengawasan latihan yang tepat.

4. Arthroplasty (Total Hip and Knee Replacement)
Layanan unggulan lain yang dimiliki RS Premier Bintaro adalah layanan artroplasti atau penggantian sendi. Tindakan ini dipegang langsung oleh spesialis bedah pinggul dan lutut.

5. Vascular Center 
Seperti namanya, layanan Vascular Center ini menangani masalah yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Pelayanan yang diberikan di klinik ini seperti skrining, diagnostik, terapi obat, dan terapi bedah juga non-bedah melalui teknik endo vaskuler.

6. Sleep Clinic
Fasilitas khusus yang mengatasi atau mempelajari gangguan saat tidur. Di klinik ini pasien akan mendapat layanan konsultasi dan observasi umum. Dilanjutkan dengan pemeriksaan dan tes fisik pasien.

7. Orthopedic Center
RS Premier Bintaro dikenal luas sebagai pusatnya layanan ortopedi sejak pertama berdiri.

Di sini, berbagai masalah ortopedi ditangani secara komprehensif dan terintegrasi. Spesialis ortopedi yang ada di layanan ini mulai dari Bedah Tulang Belakang, bedah penggantian pinggul dan lutut, operasi tangan dan sebagainya.

Health Talk Mitos, Fakta dan Penanganan Idiopatik Sloliosis 

Berkunjung ke Skin & Laser Clinic merupakan rute terakhir dari Hospital Tour untuk saya dan rekan-rekan Blogger kelompok pertama. Selanjutnya kami naik lift ke lantai 5 untuk mengikuti kegiatan Health Talk bersama narsum dokter spesialis orthopedi dan traumatologi dr. Asrafi Rizki Gatam, Sp.OT (K-Spine). 



dr. Asrafi Rizki Gatam, Sp.OT (K-Spine)

Siapa nih yang dahulunya sering diingatkan oleh orang tuanya ini untuk tidak membiasakan diri duduk membungkuk? Bahkan saat belajar pun sering diingatkan untuk tetap duduk dengan posisi tegap. 

Memang salah satu fungsi tulang belakang (tulang punggung) adalah sebagai penopang tubuh yang paling penting. Namun keberadaannya seringkali kita abaikan. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari akan membuat tulang belakang menjadi sakit, antara lain posisi duduk.

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang dengan keadaan miringnya tulang belakang ke arah samping dan disertai dengan  adanya rotasi pada tulang belakang.

"Skoliosis idiopatik merupakan keadaan yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya" ungkap dr. Asrafi



Skoliosis ini dapat terjadi pada anak-anak, bahkan pada orang dewasa. Cenderung dialami kaum perempuan dibanding laki-laki. Pola kurva atau lengkungan skoliosis dipengaruhi oleh jenis kelamin, faktor genetik, dan usia onset.

“Kebanyakan anak dengan scoliosis memiliki kelengkungan tulang punggung yang ringan dan mungkin tidak memerlukan perawatan dengan penyangga atau pembedahan,” ujar dr. Asrafi

Anak-anak dengan skoliosis ringan perlu pemeriksaan teratur untuk melihat apakah ada perubahan kelengkungan saat mereka tumbuh.

Jenis scoliosis

Jenis skoliosis yang berbeda memiliki penyebab yang berbeda pula. Berikut jenisnya :

- Scoliosis idiopatik
Jenis yang paling umum, tidak diketahui penyebabnya tetapi cenderung diturunkan dalam keluarga.

- Scoliosis kongenital 
Disebabkan karena ada pertumbuhan bagian tulang belakang yang tidak sempurna ketika masa kehamilan.

- Scoliosis neuromuskular
Disebabkan gangguan fungsi saraf dan otot seperti pada penyakit cerebral palsy, spina bifida atau distrofi otot.

- Syndromic scoliosis
Terjadi karena kelainan genetik seperti pada penyakit Sindrom Marfan, Sindrom Ehlers-Danlos, dan lain-lain.

"Bahwa untuk pasien skoliosis idiopatik, pasiennya sehat, sangat-sangat sehat, jadi tidak ada masalah sama sekali" papar dr. Asrafi.

Tanda dan Gejala Skoliosis 

Pada umumnya tidak ada gejala. Tidak sengaja terlihat bahu tidak simetris, terdapat punuk di punggung, payudara terlihat besar sebelah. Sering merasa pegal pada punggung atau pinggang.

Perawatan skoliosis yang tepat bagi anak akan ditentukan oleh dokter spesialis orthopedi (orthopaedi) dengan melakukan pemeriksaan untuk mengukur derajat kelengkungan tulang belakang.


Skoliosis bisa ditangani dengan melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan, dan rontgen lanjutan sekali setahun untuk memastikan kelengkungan tidak bertambah parah. Penggunaan brace dianjurkan untuk membantu mencegah kelengkungan bertambah berat. Operasi spinal fusion dilakukan untuk mengatur kembali dan menggabungkan tulang belakang agar menjadi satu tulang yang solid.


Kegiatan olahraga harus tetap dilakukan meskipun kita mengidap skoliosis, walaupun tidak dapat mengubah kurva kelengkungannya, olahraga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal pada punggung kita. Seperti olahraga dan berenang, yoga, pilates dan kickboxing yang bermanfaat untuk melatih core muscle atau otot perut sangat dianjurkan oleh dokter.











0 komentar:

Posting Komentar