Kamis, 08 April 2021

Dukung Penuh Kebijakan BPOM, Frisian Flag Terapkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' Pada Kemasannya

 



Dalam masa pandemi ini, mobilitas kita terbatas. Hobi baru adalah makan, makan dan makan, pastinya kita harus cermat-cermat nih dalam memilih asupan untuk diri kita sendiri dan keluarga.

Keadaan pandemi membuat kesadaran kita akan kesehatan sangat naik dan meningkat, dan ini juga seiring dengan mulai meningkatnya kesadaran konsumen, termasuk saya sebagai ibu rumah tangga, untuk memilih asupan yang lebih sehat.

Membicarakan tentang pilihan lebih sehat, salah satunya adalah produk susu. Produk susu di tumpeng gizi seimbang masuk di kelompok protein, yang ternyata setara kedudukannya dengan lauk pauk dan sumber protein lainnya.

"Di tumpeng gizi seimbang sebenarnya kita bisa sehat, asalkan makanan kita variatif, porsinya jangan berlebih, porsinya moderasi, jenisnya variasi. Jadi moderasi dan variasi adalah kunci."
- Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, Nutrisionis -

Pada hari Selasa (6/4), saya diberi kesempatan oleh komunitas Mom Blogger Community (MBC) untuk menambah ilmu diacara webinar ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan’ bersama Frisian Flag Indonesia.

Sumber foto :@mombloggercommunity (ki-ka : pak Andrew F. Saputro, ibu Dra. Rita Endang, ibu Seala Septiani dan MC mas Hendry)


Turut hadir sebagai narasumber pada acara ini diantaranya adalah
  • Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM
  • Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, Nutrisionis
  • Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia
Sudah banyak juga study-study yang menghubungkan bagaimana pandemi ini sangat berisiko meningkatkan kejadian obesitas. Preventif dengan memilih makanan yang tepat, itu menjadi penting.

Cermat memilih suatu produk bisa dimulai dengan memeriksa informasi nilai gizinya pada kemasan, apakah sudah tertera atau belum labelnya?

Frisian Flag Terapkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' Pada Produknya

"Susu itu sebenarnya adalah natural source, termasuk salah satu pangan yang kaya akan zat gizi, ada 3 yang utama yaitu protein, kalsium, fosfor, dilanjutkan juga dengan magnesium.



Karena perkembangan teknologi dan lain sebagainya, banyak susu juga semakin diperkaya dengan zat gizi lain, jadi susu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, yang sangat berperan dalam penguatan daya tahan tubuh" papar Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, Nutrisionis.

Pilihlah susu yang ada logo 'Pilihan Lebih Sehat' dari BPOM.

"Selain informasi nilai gizi pada bagian utama daripada kemasan produk, BPOM juga mengakomodir penggunaan logo 'Pilihan Lebih Sehat' adalah dengan 'contreng hijau', ini berguna untuk tentu memudahkan konsumen dalam melihat, kemudian memilih pangan yang sesuai dengan kebutuhannya" papar ibu Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, selaku Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM.



Penerapan logo 'Pilihan Lebih Sehat' ini, lanjut ibu Rita, kami laksanakan secara bertahap. Untuk tentu saja berdasarkan profil gizi pangan olahan, saat ini sudah kami kaji.

Oleh karena itu, ada 2 hal memang yang sudah BPOM terapkan, pertama minuman siap konsumsi tanpa btp (bahan tambahan pemanis), yang kedua adalah pasta atau mie instan, jumlahnya bisa dilihat profil gizinya.
 
Untuk itu, Frisian Flag Indonesia sangat mendukung penuh kebijakan dari BPOM pencantuman logo 'Pilihan Lebih Sehat' di label atau kemasan produk pangan.

Pilihan Lebih Sehat, Pilih Produk Susu Frisian Flag

"Hal ini adalah sejalan dengan visi perusahaan, nurishing by nature, dimana salah satu pilarnya itu adalah bagaimana kita bisa menghadirkan atau memberikan produk-produk susu yang bergizi, berkualitas dan terjangkau" ungkap pak Andrew F. Saputro.

Tidak hanya itu, FFI juga sudah memperkenalkan produk-produk susu siap minum FFI yang sudah FFI cantumkan logo 'Pilihan Lebih Sehat' atau healtier choice.


Produk-produk FFI sudah ada logo 'Pilihan Lebih Sehat' ini, FFI cantumkan pada rangkaian purefarm yaitu susu siap minum FFI dengan seluruh ukuran 225 mili, 450 mili dan 900 mili family pack.

Dalam berbagai varian rasa, rasa-rasa yang sudah cukup beken seperti Full Cream, Coconut Delight, Ketan Hitam, Sweet Delight, dan juga ada dibeberapa varian yang Low Fat atau rendah lemak yaitu Fresh Vanilla dan Californian Strawberry.

"Harapannya adalah dengan pilihan varian ukuran kemasan dan juga rasa yang nikmat dan enak ini kita bisa memberikan keleluasaan bagi konsumen, bagaimana mereka memilih dan menikmati asupan bergizi sesuai dengan selera masing-masing.

Jadi ini kan bisa diminum secara langsung, bisa dikombinasikan dengan jenis-jenis asupan lain" jelas pak Andrew.

Konsumsi berkesadaran itu bigger than only eating or drinking, tidak hanya terkait dengan konsumsi atau yang kita asup saja.
Jadi memilih asupan yang baik untuk tubuh kita, tapi ada beyond that, lebih lanjut bagaimana kita melihat apakah ini memiliki dampak yang juga baik, bagi sekitar kita dan juga bagi lingkungan kita.
- Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia -


Selaras dengan keberlangsungan lingkungan, untuk itu FFI baru saja menghadirkan inovasi susu siap minum dengan sedotan kertas (paper straw) yang diletakkan pada produk-produk susu rendah lemak FFI dan kedepannya FFI akan melanjutkan inisiatif ini.

Diproduk kemasan susu FFI yang ramah lingkungan ini ditandai juga dengan pencantuman logo FSC atau Forest Stewardship Council, yang artinya bahan baku yang digunakan untuk kemasan kartonnya itu berasal dari sumber yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.



Untuk itu pencantuman logo 'Pilihan Lebih Sehat' di produk-produk pangan, terutama di produk-produk susu siap minum FFI dapat memudahkan kita sebagai masyarakat dalam menjalankan konsumsi berkesadaran, untuk memilih produk yang lebih sehat, produk yang lebih baik.

Oh iya, ada mom @AmaliaSarah selaku Founder Komunitas Mom Blogger Community (MBC) yang  juga turut hadir diacara webinar. 

Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya logo 'Pilihan Lebih Sehat' dari FFI ini sangat membantu sekali untuk ibu-ibu muda dan teman-teman, biasanya kami hanya memperhatikan tanggal kadaluarsa, kondisi kemasan sendiri, dengan adanya logo ini jadi semakin yakin dan tidak membuang-buang waktu memilih produk saat lagi belanja.

Nah, kita semua nih, keluarga Indonesia, konsumen Indonesia, mulai saat ini, ayo kita praktekkan konsumsi berkesadaran ini dengan memperhatikan dan memilih asupan yang kita konsumsi setiap hari, sesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. 

0 komentar:

Posting Komentar