Wujudkan Punya Properti Dengan Dekor Rumah Yang Instagramable Di Indonesia Properti Expo (IPEX)



Dulu, waktu jamannya sekolah SMP, paling suka merhatiin rumah-rumah cantik yang berjejer di suatu komplek perumahan. Dalam hati langsung bercita-cita kepingin punya rumah seperti yang barusan saya lihat tadi. Yang ada tamannya, yang kayak istana, ada balkonnya, ada jendela besarnya, atapnya ada cerobong asapnya. Wah kalau dijadikan rumah, bentuknya pasti jadi aneh dan gak jelas, hahaaa. 



Tapi lama-kelamaan berubah lagi, saya kepingin punya properti yang sederhana saja, yang ada pagar kayu warna putih tapi pendek saja, ada halaman depan yang ditanami pohon buah, juga tanaman bunga cantik. Dengan konsep desain rumah gaya Belanda, dilengkapi dengan dekorasi interior minimalis.

Kenapa minimalist?

Ya karena saya memang orangnya suka dengan hal yang simpel dan praktis, untuk menghemat waktu dan tenaga juga alias gak mau rempong...hihiii.

Dekor Rumah Ala Instagram

Selain memilih tema dekorasi, hal apa aja sih yang menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan desain interior rumah?

Dekor rumah sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa lepas dari siapapun. Dengan rumah yang nyaman, estetik dan fungsional, tentunya akan semakin menambah semangat serta memberikan inspirasi  bagi penghuni disetiap harinya. Bahkan, rumah yang sesuai dengan karakter si pemilik juga dapat memacu produktivitas sehari-hari. 


Ki-ka : Ani Berta, Adelya Vivin, Irma Alaydrus

Saya bersama rekan-rekan blogger mendapatkan undangan untuk acara Blogger Gathering & Talkshow bertema “Dekor Rumah Ala Instagram”. Acara yang dihadiri oleh dua influencer cantik yang sudah dikenal berkat penataan rumahnya yang apik yaitu Irma Alaydrus dan Adelya Vivin Kumidaninggar, serta teteh Ani Berta sebagai moderator, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC Senayan) Jakarta – Hall B Indonesia Properti Expo (IPEX).

Pemilihan tema dekorasi rumah sangatlah penting, kita bisa pilih yang sesuai dengan keinginan, ada 4 pilihan tema dekorasi yang perlu kita tahu, yaitu
  1. Minimalist, elemen desainnya memberikan kesan kesederhanaan, bentuk geometri dasar, penggunaan bahan sederhana dan pergerakan cahaya alami  pada bangunan mengungkapkan ruang yang sederhana dan bersih. 
  2. Japanese, selain keindahan desainnya yang sempurna, desain ini juga dikenal karena kombinasi kesederhanaan, ketelitian, dan kecanggihannya.
  3. Boho (Bohemian), biasanya memiliki pernak-pernik yang bernuansa budaya dan barang-barang menarik untuk dilihat oleh seluruh dunia, estetika ini terlihat dihadapan sensibilitas modern dan merangkul yang riang, santai dan tidak biasa.
  4. Industrial, tema ini biasanya mengacu pada tren estetika dalam desain interior yang mengambil petunjuk dari pabrik-pabrik tua dan ruang industri.

Ketika kita sudah menentukan pilihan dekornya, harus pula didukung dengan keberadaan furnitur, warna cat yang sesuai, juga pencahayaan.

"Keberadaan tanaman hidup (indoor plants) menjadikan rumah kita menjadi lebih hidup, segar dan memberikan kesan bahwa rumah kita menjadi instagramable. Selain itu, frame (bingkai foto) juga menjadi pilihan, namun sebaiknya peletakan frame lebih rendah atau tidak terlalu tinggi pada dinding. Begitu juga dengan pencahayaan alami (sinar matahari) dan buatan (lampu) juga penting untuk dekorasi rumah kita" pungkas Adelya.

Sumber : @adelyavk

Indoor plants yang bisa kita pilih untuk mempercantik ruangan seperti rubber tree, fiddle leaf, palm trees, monstera, olive tree juga bisa kita letakkan diatas meja dapur atau ruang lainnya, tentu saja kita harus melapisi bagian potnya dengan kantung paper bag atau anyaman berwarna natural.

Kita juga bisa menggunakan frame (bingkai) untuk menghiasi dinding ruangan. Objek gambar bisa berupa foto diri ataupun jika ingin lebih menarik lagi, kita bisa gunakan gambar makhluk hidup seperti hewan, juga gambar abstrak, sehingga menimbulkan kesan yang unik.


Sumber : @irmaalaydrus


Sumber : @irmaalaydrus


Tips agar rumah kita terlihat lebih instagramable ala Irma Alaydrus adalah
  • Tentukan warna apa yang kita inginkan untuk ruangan, sebaiknya jangan terlalu banyak warna-warni.
  • Pernak-pernik dan perabot sebaiknya diseragamkan dengan warna ruangan.
  • Fungsional dan tone senada bisa kita aplikasikan dirumah kita.
  • Maksimalkan pencahayaan
Irma Alaydrus pun menjelaskan jika kita bosan dengan dekorasi rumah yang begitu-begitu saja, kita bisa mulai untuk ganti style, ganti layout, kurangi barang-barang yang sudah bosan, uangnya bisa kita belikan barang-barang baru untuk interior rumah.
Straight line, multiple angles, dan soft texture akan membuat ruang-ruang di rumah kita menjadi lebih menarik dan kita berasa nyaman. Orang lain yang melihat pun akan tertarik dan nyaman pula.
Natural light bisa kita manfaatkan, Shutterspeed harus rendah karena bisa menyerap pencahayaan yang ada disekitar. Letakkan cermin diatas kursi, lalu cermin (reflektor) akan memantulkan cahaya di ruangan.


Sumber : @adelyavk


Aduh, nggak kebayang deh, rumah sudah instagramable tapi akhirnya harus berantakan gegara anak-anak yang selalu aktif bergerak dan ingin tahu. Alhasil, kitanya jadi emosi.
Masih bisakah rumah kita tetap instagramable jika ada anak-anak kecil didalamnya? 

Tentu saja bisa!

Adelya Vivin menyarankan agar kita berikan wilayah teritori kepada masing-masing anak. Biarkan mereka berkuasa di area atau wilayahnya masing-masing. Agar mereka bisa mengekspresikan bakat mereka tanpa kita perlu merasa khawatir akan mengacak-acak ruangan yang telah kita tata rapi. Tapi tentu saja kita sebagai orang tua yang mengatur wilayah teritori ini, bahkan kita bisa koq mendiskusikan hal ini kepada anak, agar mereka merasa dihargai dan dibutuhkan oleh kita. Atur peletakan barang menjadi agak tinggi, sebaiknya hindari pemakaian barang pecah belah, bisa diganti dengan perabot yang terbuat dari besi dan minimalis saja.

Alhamdulillah jadi lebih banyak tahu mengenai tema dekorasi rumah dan desain interiornya agar lebih instagramable. Tapi bagi Anda yang belum punya properti atau ingin menambah properti lagi untuk investasi, bisa langsung berkunjung ke pameran IPEX 2019 nih.

Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019

Anda lagi cari hunian murah? Di Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) ini ada rumah mulai Rp.130 Juta.


PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) kembali menggelar pameran Indonesia PropertyiExpo (IPEX). Pameran yang berlangsung pada 2 hingga 10 Februari 2019 ini ada sebanyak 600 rumah yang ditawarkan. Pameran ini juga diikuti lebih dari 167 pengembang.

Harga rumah yang ditawarkan di pameran ini mulai dari Rp 130 juta. Selain itu, terdapat penawaran khusus yakni down payment (DP) mulai 1% dan bunga rendah 6,69%.


Nah, saat tepat sekali untuk Anda berkunjung ke pameran ini, selain bisa mendapat investasi properti, Anda juga bisa mencari rumah murah dengan lokasi strategis sesuai favorit Anda.

Bahkan, tak sedikit dari pengunjung yang sengaja sudah menyiapkan berkas persyaratan agar bisa langsung mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Salah satu spot bermain anak 

Tidak sedikit pula booth-booth Indonesia Properti Expo (IPEX) yang menyediakan spot bermain anak. Mereka menyediakan fasilitas ini agar anak-anak merasa nyaman dan bisa bermain saat orang tuanya sedang bertransaksi.

Apalagi untuk masuk ke Indonesia Properti Expo  (IPEX) tidak dipungut biaya sepeserpun  alias free (gratis). Anda pun berkesempatan dapat memenangkan doorprize satu unit mobil Daihatsu Ayla. Di lokasi juga sudah disediakan berbagai fasilitas seperti toilet, musholla, parkiran kendaraan yang luas, serta terdapat juga charging booth. 

Karena pameran ini berakhir pada tanggal 10 Februari mendatang, jadi sebaiknya Anda secepatnya mengunjungi pameran ini dan jangan sampai Anda kehilangan promo dan penawaran spesialnya. 

Wujudkan impian punya properti dengan dekor rumah yang instagramable di Indonesia Properti Expo (IPEX) saat ini juga.

21 Responses to "Wujudkan Punya Properti Dengan Dekor Rumah Yang Instagramable Di Indonesia Properti Expo (IPEX) "

  1. hai Mbak Laily.. aku juga datang ke event ini lho.. keren sekali ya dalam satu gelaran gini kita bisa dapat banyak banget informasi dan inspirasi hunian yg bisa disesuaikan dgn kondisi dan kebutuhan kita :) pas nih buat yg punya resolusi punya properti di 2019 ini..

    BalasHapus
  2. Mau juga menata rumah kayak Mbak Irma itu...tapi inget masih ada anak ya. lupakan kerapian. Karena kalau menurut saya, kalau ruang gerak anak dibatasi hanya gara-gara agar rumah rapi kok kayaknya egois sekali. Apalagi tipe rumah di kota besar yang minimalis ukurannya..

    Tapi pameran ini bikin mupeng berat, Mbak...semoga saya berkesempatan mengunjunginya juga

    BalasHapus
  3. Masih ada waktu nih hingga tgl 10 pebruari 2019. Yuk kita datang ke IPEX 2019 di JCC Senayan disana banyak pilihat proprti

    BalasHapus
  4. sepulang event bikin jadi pengen ngerombak rumah gak sih mbak? hihihi..

    buat yang lagi cari rekomendasi perumahan atau apartement harus kesini nih ya.. apa lagi banyak penawaran2 yang bagus bagus..

    BalasHapus
  5. Seru banget ya acara Indonesia properti Expo. Aku pun pas jaman masih SMP dulu pengen banget punya rumah di perumahan yang walaupun kecil tapi semua rumahnya tertata rapi gitu.

    BalasHapus
  6. Wah bagus ya acara property expo ini. Pasti yang dateng kebanyakan orang-orang yang pengen punya rumah sendiri. Semoga mereka dimudahkan untuk punya rumah ya mba. Kerasa ama aku gimana rasanya dulu pengen punya rumah sendiri. Selain itu ternyata di property ini ada tentang interiornya juga ya. Makin mantap

    BalasHapus
  7. Aku jadi penasaran pengen ngepoin IG Irma Alaydrus dan Adelya Vivin Kumidaninggar, penasaran rumahnya yang instagrammable itu kyk apa hehe :D

    BalasHapus
  8. Slah satu impianku kelak ketika sudajh punya rumah, pengen banget punya dekor yang instagrammable,semoga tercapai amiinnn

    BalasHapus
  9. Promonya menarik sih yang DP ringan tapi suka ngeri bunga nya mba. Ada promo juga gak ya utk bunga nya?

    BalasHapus
  10. Daku sebenernya suka desain interior tema industrial, cuma pingin digabung juga sama Boho, biar tetep ceria dan terang

    BalasHapus
  11. Mupeng banget ini, pengen banget deh punya perabotan kaya gini dirumah. Jadi mau ganti perabotan dirumah ahaha supaya terlihat instagramable.

    BalasHapus
  12. Dekor rumah ala instagram mau deh yang style Japanese. Seneng liat rumahnya di dorama jepang, cakep banget dilihat dari sisi manapun. Pastinya bagus juga difoto buat instagram. Jadi pengen, semoga punya rumah tahun ini, amin.

    BalasHapus
  13. Suka banget dengan sharingnya narasumber rumah tidak harus mewah sederhana saja sudah cukup dengan tampilan ciamik dan instagrammable.

    BalasHapus
  14. Sayang pameran properti di jogja belum sebnayaj di jakarta, padahal aku suka banget main2 ke expo begini, selain update wawasan ttg properti, dapet ilmu home decor juga :)

    BalasHapus
  15. Aduh, dekor rumahnya bagus banget deh. Bikin kepengen punya rumah kayak gitu..

    BalasHapus
  16. gara gara pernah kepoin IG rumah yang instagramable
    pengin banget punya rumah spt itu
    nyoba nyicil beli aksesoris
    tapi ga jadi kenyataan
    perlu kesepakatan semua penghuni rumah
    klu ga konsep kita diubah mereka hahaha
    apalagi suami yg ga suka rumah yg terlalu diatur hihihhi

    BalasHapus
  17. Jadi ingat jaman kuliah dulu aku suka banget jalan-jalan ke komplek perumahan elit gitu buat lihat model rumah mereka dan memilih yang paling kusuka. Dan kayaknya sampai sekarang kesukaanku nggak berubah yakni rumah yang desainnya minimalis dan ada balkonnya. Heu

    BalasHapus
  18. Aku juga kesana, seru banget ya mba acara talk shownya, inspiratif banget. Abis talk show lanjut hubting2 rumah deh

    BalasHapus
  19. Aduh ini mah keren parah. Selalu suka dengan konsep rumah yang instagramable, terlebih profesi kita sebagai influencer dan blogger butuh kreativitas tinggi untuk tampilan foto yang menarik. Kapan ya hadir ke Medan, exponya… mupeng

    BalasHapus
  20. Oh Tuhan, lihat ini jadi pengen segera punya rumah. Dekor sendiri biar jadi background pepotoanku. Udah lama absent.

    BalasHapus
  21. Wah Mba ulasannya detail sekali.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel