Pelaksanaan Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju Sekretariat Kabinet Republik Indonesia


Zaman now, internet dan gadget telah menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian masyarakat. Di Indonesia, media sosial menjadi sumber informasi utama yang diakses oleh generasi milenial. 

Karena sekarang itu media sosial telah menjadi pusat informasi terdepan dan tercepat, jadi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab RI) pun tidak ingin ketinggalan momentum, bahwa netizen itu sangat bisa menyebarkan berita baik seputar program kerja pemerintah. 


Sekeretariat Kabinet Republik Indonesia 

(Setkab RI)


Berdasarkan Peraturan Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Kabinet, dijelaskan bahwa Sekretariat Kabinet adalah Lembaga Pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Sekretariat Kabinet dipimpin oleh Sekretaris Kabinet. Sekretariat Kabinet mempunyai tugas memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Di tahun pertama, Jokowi-JK dengan Kabinet Kerja yang mereka pimpin meletakkan pondasi pembangunan nasional yang kokoh melalui transformasi fundamental perekonomian dan meletakkan kembali paradigma Indonesia-sentris.

Pada tahun kedua, pemerintah mendorong percepatan pembangunan nasional, baik pembangunan infrastruktur fisik, peningkatan daya saing dalam mengejar ketertinggalan dengan negara lain, maupun melakukan percepatan deregulasi ekonomi melalui berbagai Paket Kebijakan.

Tahun ketiga, difokuskan pada pemerataan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Memasuki tahun keempat fokus pada penguatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan pondasi yang sudah dibangun sejak awal pemerintahan.

Sesuai keinginan Presiden,  pemerintah akan fokus kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) ditahun 2019 mendatang.

Karena memiliki tugas memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan, Sekretariat Kabinet aktif berperan dalam menyebarluaskan informasi tentang kinerja pemerintah untuk #MenujuIndonesiaMaju dan sosial media adalah salah satu saluran untuk menyampaikan informasi tersebut.


Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju



Launching Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju
(Foto : Humas Setkab RI)


Nah, di tahun 2018 ini, melalui berbagai lomba medsos, Sekretaris Kabinet  Pramono Anung mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung program dan kebijakan pemerintah #MenujuIndonesiaMaju.

Lomba medsos ini terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa ada batasan usia, siapa saja boleh lho ikutan lombanya. Dan diharuskan untuk mengikuti (follow) akun medsos Setkab RI juga pastinya dong ;

Facebook Fanpage: @Setkabgoid

Twitter: @setkabgoid

Instagram: @sekretariat.kabinet

Youtube: Sekretariat Kabinet RI
Website: www.setkab.go.id

Untuk mekanisme lombanya cukup mudah koq, kita diajak mengenal lebih dekat tentang bagaimana kinerja Kabinet Kerja sekarang dan sudah sejauh mana capaiannya. Dan kita juga diminta untuk menyalurkan aspirasi dan opini kita.
Jangka waktu lomba medsos ini berlangsung selama bulan April – Desember 2018, dengan platform media sosmed di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube (Vlog), dan Blog, dengan tagar #MenujuIndonesiaMaju.


Platform Lomba Medsos Facebook




(Foto : Setkab RI)


Isi kata yang hilang menjadi Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju yang diadakan di Facebook, para peserta lomba diwajibkan untuk mengisi 5 kata  yang hilang dari pengantar Presiden pada Rapat Terbatas Tentang Peningkatan SDM Indonesia (15/3). 5 kata jawabannya langsung ditulis di kolom komen akun Facebook Setkab RI.



(Foto : Setkab RI)



Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju yang diadakan di Facebook selanjutnya adalah Teka-Teki Silang (TTS), pertanyaannya bertemakan Hari Pahlawan, jadi para peserta lomba diminta untuk menyebutkan nama-nama pahlawan yang ciri-cirinya ditanyakan pada pertanyaan TTS, baik mendatar maupun menurun. Jawabannya bisa langsung ditulis dikomen akun Facebook Setkab RI.


Platform Lomba Medsos Twitter




(Foto :  Setkan RI)




Masih bertemakan tentang Hari Pahlawan juga nih, di Lomba Medsos Twitter #MenujuIndonesiaMaju para peserta lombanya diminta untuk menceritakan mengenai "Siapakah Pahlawan Masa Kini Versimu?"
Para peserta lomba diharapkan menceritakan siapa sebenarnya sosok yang berkontribusi besar di zaman now ini dan berikan alasannya.


Platform Lomba Medsos Instagram


(Foto : Setkab RI)


Membuat meme menjadi Lomba Medsos Instagram #MenujuIndonesiaMaju yang temanya masih sama, yaitu "Pahlawan Masa Kini Versimu" dengan hastag #MemeSetkab . Para peserta lomba diharapkan membuat meme yang sekreatif mungkin, bebas, tidak berbau SARA dan tidak melanggar karya cipta orang lain.

Meme hasil karya para peserta lomba pasti unik dan menarik nih, bisa dicek di hastagnya #MemeSetkab. Nah, melalui lomba meme ini juga para peserta lomba bisa menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah.



Pemenang Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju Mendapatkan Hadiah Tabungan Mandiri



Salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yaitu Bank Mandiri pun ikut mendukung penuh penyelenggaraan lomba media sosial ini. Karena isu ekonomi menjadi salah satu isu yang wajib disebar luaskan ke publik, terutama mengenai kebijakan pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Jumlah total hadiah Lomba Media Sosial Setkab #MenujuIndonesiaMaju ini adalah sebesar  Rp.107 juta rupiah lho...jumlah yang wow bukan? 

Adapun rincian masing-masing kompetisi berbeda di setiap platformnnya :


  • Hadiah untuk Lomba Blog senilai Rp.6 juta rupiah
  • Hadiah untuk Lomba Facebook Rp.3 juta rupiah (penyelenggaraan 8 kali ), totalnya Rp.24 juta rupiah
  • Hadiah untuk Lomba Instagram Rp.3 juta rupiah (penyelenggaraan 8 kali ), totalnya Rp.24 juta rupiah
  • Hadiah untuk Lomba Twitter Rp.3 juta rupiah (penyelenggaraan 8 kali ), totalnya Rp.24 juta rupiah
  • Hadiah untuk Lomba Youtube senilai Rp.29 juta rupiah (lomba membuat film pendek dan lomba vlog)

Berikut ini adalah nama para pemenang Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju :



(Foto : Setkab RI )


(Foto : Setkab RI)


(Foto : Setkab RI )


Wah, senangnya bisa dapat hadiah tabungan dari Bank Mandiri hanya dengan mengikuti Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju ini. Selamat ya untuk para pemenang...keren euy!

Cukup dengan menggunakan gawai yang menemani kita  tiap hari, kita bisa tiap saat ‘memantau’ kinerja pemerintah melalui media sosial.

Menurut Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, tujuan diadakannya lomba media sosial ini adalah:

  1. Menyebarkan informasi yang bertanggung jawab terkait program yang telah dilakukan oleh kabinet kerja
  2. Agar para netizen/generasi milenials mengetahui apa saja program dan hasil kinerja kabinet kerja
  3. Agar netizen dan masyarakat umum, terutama generasi muda, lebih aware terhadap kondisi negara.


Saya, sebagai salah satu milenials...eh jadi ngaku, tapi emang iya koq, saya kan tiap hari selalu update berita dari Setkab lho, saya jadi bisa tahu bagaimana kinerja pemerintah, capaian, dan juga bisa memberikan dukungan serta opini yang positif terhadap pemerintah.

Saya juga sangat mengapresiasi lomba media sosial yang diselenggarakan oleh Sekretariat Kabinet, guna mensosialisasikan program dan pencapaian kinerja pemerintah selama ini kepada masyarakat terutama netizen di kalangan generasi milenials.

Makin sukses Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, semoga tujuan dari lomba ini tercapai #MenujuIndonesiaMaju, dan ditunggu lomba selanjutnya yang sarat akan edukasi.










21 Responses to "Pelaksanaan Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju Sekretariat Kabinet Republik Indonesia"

  1. seru ya, saya kira ini cuma buat seru-seruan aja gitu eh ternyata iya loh pemenangnya diumumkan kemarin. padahal aku punya banyak Meme...

    BalasHapus
  2. Wah keren.. Sekarang kita bisa berkarya dengan gawai ya.. Tidak selamanya gawai berdampak negatif, kalau bisa menggunakannya dengan bijak

    BalasHapus
  3. Wah seru banget nih mbak. Sayang belum ikutan aku. Kalau nama2 pahlawan aku cukup hapal mbak apalagi kalau main TTS . Karena Aku sering banget main di rumah bareng suami

    BalasHapus
  4. Aku menyesal gak ikut lombanya, padahal hadiahnya banyak, wkwkwk. Kemana aja ya aku sampe ga tau info ini dari dulu.

    BalasHapus
  5. Hadiahnya bikin mupeng ya.
    Keren deh program pemerintah zaman now, semangat selalu dalam memajukan negara tercinta ini :)

    BalasHapus
  6. Wih ada lomba TTSnya, kirain games itu udah nggak akan ada lagi yang pake hahahaha. Hadiahnya mantap juga ya mbak.. Selamat untuk para pemenang!

    BalasHapus
  7. Aku ikut lombanya dari Setkab ini mba di twitter. Tapi sayang kalah hihihi. Tapi saya bener-bener juga ikut berharap Indonesia semakin maju. Walau saya juga kurang streg dengan program pemerintah, tapi saya tetap mendukungnya demia sebagai warga negara yang baik

    BalasHapus
  8. Wah keren... trnyt ada lomba kaya gini... aku baru tau skrg 😷... oneday pengen ikutan lombanya 😉

    BalasHapus
  9. Yeayyy selamat untuk para pemenang! :D Seruu banget nambah THR bua akhir tahun hehehe

    BalasHapus
  10. Aku udah ikut lomba blog #MenujuIndonesiaMaju yang tentang Asian Games 2018. Tapi apa daya aku kalah. Tapi seneng sih kalau ikut lomba blog itu bisa mengasah keterampilan menulis.

    BalasHapus
  11. Lombanya seru ada tts juga jaful bgt ya tapi memang asyik kemarin lihat juga banyak yg ikutan lomba meme nya pada kreatif keren

    BalasHapus
  12. Keren acaranya! Meme yang biasanya cuma buat lucu-lucuan aja bisa ada pemenangnya ya. Keren sih! Kekinian banget...

    BalasHapus
  13. Lombanya kreatif dan hadiahnya kereen ya. Selamat buat para pemenang..Semoga next ada lagi, karena kemaren aku ketinggalan ..hiks

    BalasHapus
  14. Program pemerintah sekarang makin kreatif ya buat mengajak Generasi millennials sadar akan berbagai kebijakan pemerintah.

    BalasHapus
  15. seru mbak yg lomba meme nya aku sering liat berseliweran di timeline.. Makin kagum deh sama kinerja pemerintah yang makin kekinian dan ngikutin perkembangan zaman..

    BalasHapus
  16. Pemerintah sekarang sepertinya sedang gencar mendekati generasi millenials. Salah satunya dengan mengadakan lomba seperti ini. Cara yang menyenagkan begini memang biasanya disukai millenials

    BalasHapus
  17. wah menarik jg nih lombanya. terimakasih infonya :)

    BalasHapus
  18. Siapa nih pemenangnya mba? Lumayan banget ya hadiahnya. Bisa buat traveling nih

    BalasHapus
  19. Makin melek teknologi dan caranya berbagi informasi sama anak millenial.. bagusss

    BalasHapus
  20. Wah baru tahu nih ada lomba ini. Pemerintah semakin kreatif ya jadinya sekarang mendekati generasi millenial

    BalasHapus
  21. Ga cuma seseruan lomba dan mengasah menulis tapi juga mengedukasi yaa.. Demi Indonesia yang lebih maju, keren

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel