Realcom Dari Indonesia Untuk Dunia Yang Makin Eksis Di Dunia Pendidikan




Para peserta Seminar


Sebenarnya kita siapa sih? 
Alam semesta mencatat kita sebagai apa?  
Nah, jadi apapun yang kita tulis 
ya akan kembali ke kita juga. 
Nulis yang baik, akan kembali baik juga kepada kita.
_ Risanda Wijaya _



Sadar atau tidak, teknologi telah memiliki peran besar dalam kehidupan manusia saat ini. Peran komputer dan internet telah menghiasi kehidupan manusia diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Teknologi ini merupakan sarana yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.

Hampir semua informasi yang kita butuhkan bisa kita cari dan dapatkan melalui internet. Cukup bermodalkan kata kunci yang ingin kita ketahui, kemudian ketik kata kunci tersebut pada mesin pencari dan tidak perlu menunggu lama, hanya beberapa detik saja kita bisa mendapat banyak alternatif situs/web/blog yang menyediakan informasi yang kita butuhkan.

Kebutuhan untuk mengakses internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang penting di zaman now khususnya generasi milenial (manusia yang lahir pada tahun 1980 - 2000) saat ini. Generasi yang selalu terhubung dengan media sosial, yang tidak bisa jauh dari gadget. Lebih banyak mengakses informasi melalui media digital, bukan lagi print out. Lebih banyak menaruh perhatian pada gambar, grafik, warna dan musik daripada tulisan. Dan merasa enjoy mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus atau yang biasa kita sebut multi-tasking. Generasi milenial merupakan generasi yang terbuka dalam menerima perubahan.


Peran Internet Terhadap Proses Belajar Mengajar Generasi Millenial


Generasi millenial merupakan generasi dimana keberadaan komputer dan internet sangat berpengaruh terhadap setiap sisi kehidupan mereka. Lalu bagaimana peran dari komputer dan internet terhadap proses belajar mengajar generasi tersebut?

Saat ini, banyak sekolah yang sudah menerapkan pola belajar mengajar yang baru untuk menyesuaikan diri dengan karateristik dari generasi millenial.

Di era yang serba canggih ini memang belajar tidak melulu harus lewat buku. Berbagai materi pelajaran dan soal latihan sudah dengan mudahnya diakses lewat gadget atau laptop. Tidak perlu duduk tegak di kursi meja belajar, cukup akses internet dimanapun dan kapanpun, kita sudah bisa belajar online.


Bicara tentang media sosial pendidikan, Realcom menghadirkan update dari para guru/tenaga pengajar yang berisi ilmu dan update dari para murid/peserta didik terkait peningkatan kapasitas diri.


Risanda Wijaya, Founder/CEO/Owner Realcom



Sabtu lalu (10/11), saya bersama tim Real Squad ikut dalam acara Seminar Sehari "Kiat Mengajar Online Dan Berkah" bersama Realcom di MULA by Galery Jakarta, Basement Cilandak Townsquare, Jakarta Selatan. Bapak Risanda Wijaya, selaku Founder/CEO/Owner Realcom memaparkan bahwa Realcom adalah media sosial berbasis pendidikan dan konsepnya bukan online e-learning biasa saja, namun telah menjadi beyond online e-learning.


Realcom Adalah Aplikasi Dari Indonesia Untuk Dunia





Aplikasi yang memiliki motto “Dari Indonesia Untuk Dunia”, Realcom mengangkat karya anak bangsa. Dimana tim teknologi Realcom adalah anak bangsa yang tidak pernah mengenyam pendidikan di luar negeri, 100% pendidikan dalam negeri. Berawal dari keinginan mengangkat dunia pendidikan menjadi lebih baik berbasis digital dan bisa menjadi kebanggaaan Indonesia, Realcom hadir untuk menjembatani kebutuhan pendidikan yang lebih terintegrasi.

Realcom menjadi salah satu alternatif belajar mengajar, dengan mengusung prinsip kemudahan, Realcom dapat diakses darimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja yang peduli akan dunia pendidikan.




Profesi pendidik seperti guru/dosen/tutor/trainer/motivator/inspirator di seluruh dunia bisa mengajar melalui aplikasi ini. Jadi siapapun Anda dapat belajar dengan media pendidikan secara online hanya melalui Realcom, yang lahir sebagai jawaban atas kebutuhan media sosial yang berbasis pendidikan dan kegiatan belajar mengajar secara online.



Potensi bagi guru mendapat murid belajar secara online  menjadi lebih luas via Realcom, murid akan memperoleh guru yang dibutuhkan lewat klasifikasi bidang di fitur aplikasi. Sebagai aplikasi pendidikan berbasis “Social Media Network” ini sangat mudah diunduh secara gratis melalui App-store dan Play store.

Aplikasi Realcom adalah aplikasi yang akan terus belajar dan berkembang. Bila tahap awal mengejar kemampuan komunikasi “Real Time-nya”, maka di tahun 2018 ini Realcom akan melengkapi dengan lebih banyak kemampuan otomatisasi data. Dimana ke depannya akan mengakomodir kebutuhan pembelian tiket kereta, pesawat, booking hotel, dengan fitur Real Pay, Real TV dan Real Travel. 

Di masa depan, kemudahan lainnya yang akan dilengkapi adalah guru dan murid dapat bekerja menggunakan word, excel dan power point versi Realcom.
Aplikasi Realcom menjamin kerahasiaan dan keamanan data penggunanya. Penggunaan aplikasi ini sangat privat, dimana hubungan transaksional antara pelajar dan guru bersifat langsung, murni hanya antara kedua belah pihak saja.

Untuk setiap pengguna,  keamanan dari hacker merupakan hal penting, maka dalam aplikasi ini email dan data tanggal lahir pengguna tidak ditampilkan dibagian paling depan profil Realcom-nya.
Pengguna juga terhindar dari pornografi, hoax, SARA, hate speech, fake news, politik praktis dan lain sebagainya yang tidak bermanfaat bagi dunia pendidikan. Fitur Realcom sangat banyak, multiple cross platform dan akan menjadi one stop solution bagi dunia pendidikan di tanah air dan dunia.


Realcom Makin Eksis Di Dunia Pendidikan



Realcom yang lahir dari aplikasi sederhana yang melibatkan banyak orang, sebagiannya adalah jamaah Majelis Az-Zikra. Diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 September 2016 di Play Store. Pada awalnya Realcom belum memiliki fitur video call dan video conference, baru pada akhir 2016 fasilitas video call keluar dan awal tahun 2017 video conference bisa dilakukan. Dan baru pada 1 Desember 2017 Realcom diluncurkan di App Store (iPhone dan iPad).




Proses dalam pengerjaannya sangat panjang, dimana hampir semua fitur belum ada saat diluncurkan pada tanggal 1 September 2016. Tim Teknologi pun harus mulai dari awal kembali, mulai dari membuat video call, video conference, dan lain-lain. Kemudian harus mempelajari bahasa Swift agar bisa membuat Realcom versi App Store.


Login sebagai Guru


Login sebagai Murid


Ternyata banyak yang minat sejak Realcom test pasar ke seluruh dunia, dan lanjut menguji program serta servernya. Makin menguat aplikasi pendidikan via daring yang diunduh lebih dari 83 ribu kali ini makin eksis di dunia pendidikan. Salah satu kelebihan Realcom adalah kemampuan setiap Versi yang sama antara Versi IOS, Versi Android, dan Versi Website.

Dan dikesempatan yang baik ini, Realcom sempat menjajal kemampuan Video Conference dari Versi Website, dari Laptop. Alhamdulillah lancar jaya dan para peserta pun merasa puas.


Realcom, Aplikasi Yang Sehat Dan Berkah


Realcom lebih menekankan kepada good behavior dan berbagi ilmu sebanyak-banyaknya di timeline. Realcom ingin membangun komunitas yang cinta ilmu, bukan komunitas yang cinta ghibah, dan inilah yang menjadi inti keberkahannya.

Realcom itu aplikasi yang real. Identitas kita real dan guru pun expert di bidangnya. Untuk tiap akun guru, ada groupnya masing-masing. Jumlah murid dalam group tidak terbatas.


Di Realcom guru bisa gelar tes di group murid dan jawaban bisa dijapri.

Sebagai murid untuk belajar kita diberi kebebasan unttuk bisa memilih guru atau pelatihnya terlebih dulu.
Nah untuk memilih guru,  kita harus klik menu teacher yang ada di kolom consultation (tombol kuning).


Oia yang menariknya lagi adalah Realcom mempunyai program reward bagi para pengguna dan memberitahukan bahwa sistim reward yang ada saat ini akan segera berakhir tgl 30 November ini. Di bulan Desember Realcom akan merumuskan kebijakan baru utk Sistim Point. Sistim point ini akan berlaku mulai 1 Januari 2019. Untuk detilnya, akan umumkan oleh Realcom di pengumuman selanjutnya.








Hadiah rewardnya bikin mupeng kaan? Naah maka dari itu, mumpung masih ada waktu nih beberapa hari lagi, segera unduh aplikasi yang Realcom-nya ya.

Teknologi telah memudahkan segalanya, dengan adanya Realcom, setiap orang bisa belajar dimanapun dan kapanpun (dengan syarat adanya jaringan internet).


Kantor Realcom ke depannya berkonsep Realcom Station : warung kopi dan pastry dengan fasilitas wifi berkecepatan tinggi 100 Mbps dilengkapi koneksi listrik untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial akan internet dan gadget.

Berbagai peran positif yang dihadirkan dengan adanya teknologi diharapkan dapat membuat sebuah lingkungan belajar mengajar yang kondusif. Khusus untuk generasi millenial yang sangat tergantung dan menyukai keberadaan komputer dan internet dalam setiap aktifitas mereka, perubahan pola dan sistem pengajaran yang memanfaatkan dua teknologi tersebut sangatlah diharapkan.


Saya percaya rejeki itu sudah ada ada yang atur, 
jadi saya ga percaya sama yang namanya persaingan.
Satu-satunya persaingan, bila ada, 
hanya persaingan saya dengan diri saya saya sendiri,
dari dari masa lalu saya, 
dalam berbuat baik, 
melakukan kebaikan,
dan berbagi kebaikan buat lingkungan, 
dalam nama Allah.
_ Logika Risanda Wijaya dan Realcom _




17 Responses to "Realcom Dari Indonesia Untuk Dunia Yang Makin Eksis Di Dunia Pendidikan"

  1. Internet sekarang besar perannya dalam pendidikan ya Mom. Bukan cuma formal tapi juga non formal. Rasanya bepajar tanpa perangkat internet itu susah jadinya. Makasih sudah berbagi soal Realcom. Keren kegiatannya Mommy. Salam dariku Sakinah di Medan.

    BalasHapus
  2. Wah ini bisa saya jadikan alternatif dalam proses belajar mengajar. Bisa dipakai untuk konsultasi dengan siswa nggak ya Realcom ini?

    BalasHapus
  3. Suka banget kutipan di akhir kalimat mba, kebanyakan yang mematikan semangat orang-orang tuh karena persaingan, padahal persaingan itu seringnya kita sendiri yang ciptakan.

    BalasHapus
  4. Ini semacam bimbingan belajar online? Biayanya berapa, Mbak? Etapi, ternayta bisa buat booking tiket dan segala macam juga, ya

    BalasHapus
  5. Kok pengen donlot aplikasinya nih Mom, jadi penasaran saya untuk mengenal lebih jauh

    BalasHapus
  6. Suka dengan kemajuan segala bidang dengan adanya teknologi, termasuk pendidikan ini. Yang penting tetap bijak dengan teknologi

    BalasHapus
  7. Sekarang makin gampang ya kalau mau belajar. Nggak harus tatap muka karena sudah banyak aplikasi yang mendukung kegiatan belajar ini

    BalasHapus
  8. Wah menarik nih sekarang sudah cukup banyak aplikasi untuk membantu kita belajar hanya dengan berbekal smartphone ya :D

    BalasHapus
  9. Mbak sayarat untuk menjadi guru/ pendidik di Realcom ini bagaimana ya?
    Penasaran apakah semua org bisa bebas jd pengajar melalui aplikasi ini :D

    BalasHapus
  10. Tidak terbayang dalam benak saya ketika perkembangan technology yang semakin pesat per sekian detik membuat kehidupan ini menjadi mudah dan accessable. Dulu ketika smp kita hanya belajar komputer berbasis Ms. Dos. Kini tingkat SMP sudah belajar membuat website. Kebayangkan di 2020 semua orang tidak bisa hidup tanpa internet? Terutama dalam dunia pendidikan. Membantu dan memudahkan para siswa untuk medapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Semoga semakin kita cerdas berdigital. Semakin kaya akan ilmu dan memahami waktu berinternet untuk generasi bangsa. Thanks for sharing Mbak. Keep going on ❤

    BalasHapus
  11. Nah, sekarang anak SD aja sudah berbasis internet ya belajarnya. Bikin tugas nyarinya dari internet.

    BalasHapus
  12. Cakep..jadi ga ada lagi alasan terlambat datang, macet...bla..bla.. karena sekarang asal terhubung dengan internet..semua bisa belajar bersama :)

    BalasHapus
  13. Zaman sekarang mah mending ketinggalan dompet ya dari pada hape, hehehe. Teknologi emang dua sisi mata pisau, kalau dimanfaatkan dengan baik pasti hasilnya baik.

    BalasHapus
  14. Aplikasi yang bermanfaat banget terutama untuk para siswa. Jadi siswa megang handphone bukan untuk main-main saja, bisa untuk belajar juga.

    BalasHapus
  15. Quotes di awal dan akhir bener-bener jadi reminder. .
    Realcom ini saya baru tahu Mbak. Keren aplikasinya, harus download buat anak-anak nih

    BalasHapus
  16. Makin mudah aja guru mengajar ya. Bisa via Realcomm. Boleh nih dicoba.
    (Leyla, 14)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel