Kamis, 01 Februari 2024

Memilih Bengkel Sepeda Motor Berkualitas Dan Terpercaya, Simak 7 Tips Ini

 


Rutin ke bengkel adalah salah satu cara saya untuk menjaga dan merawat motor agar mesinnya bisa tetap awet dan tahan lama.
 
Dulu tuh saya sempat merasa kesulitan mencari bengkel terbaik untuk servis Sepeda motor, pernah juga mengalami kecurangan yang dilakukan oleh oknum bengkel seperti menaikkan harga suku cadang. Beberapa teman saya bahkan pernah punya pengalaman dicurangi oknum bengkel dengan cara melonggarkan baut kopling motornya, sehingga kopling dalam mesin motor seakan rusak.

Banyak juga pengguna sepeda motor yang bergonta-ganti bengkel karena merasa tidak cocok dengan pemilik bengkel atau mekaniknya dan harga yang ditawarkan mungkin mahal atau servisnya kurang bagus. Hal ini jadi pengalaman yang bikin saya kapok deh dan mau tidak mau harus mencari bengkel yang cocok.

Tips Memilih Bengkel Motor Yang Berkualitas Dan Terpercaya 


Emang cocok-cocokan sih ya, apalagi dalam hal memilih bengkel, terutama bagi kita perempuan, yang biasanya cukup mudah dicurangi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sebaiknya kita wajib berhati-hati, jangan sampai salah memilih bengkel motor. 

Berikut ini ada beberapa tips memilih bengkel motor berkualitas dan terpercaya, antara lain :

1. Harga Terjangkau

Bagi para pengguna motor yang pergi ke bengkel untuk servis atau membeli spare part, pastinya menginginkan harga terjangkau. Sebaiknya kita aktif bertanya secara langsung kepada staf atau mekanik bengkel mengenai layanan service hingga harga produk. Atau sebelum mengunjungi bengkel, kita bisa cari info terlebih dahulu mengenai harga suku cadang dan layanan servis yang ingin dilakukan.

2. Pastikan Mekaniknya Handal dan Profesional

Salah satu cara untuk memastikan mekaniknya handal dan profesional adalah dengan melihat sertifikat yang diakui, biasanya pihak bengkel memajang sertifikat tersebut. Hal ini bisa membuktikan bahwa mekaniknya benar-benar bisa memahami dan mengatasi masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna motor.

Kita pastinya merasa nyaman jika mekanik bengkel ramah dan bisa menjawab keluhan kita dengan baik. Dengan aktif bertanya, kita pun jadi bisa melihat apakah mekaniknya jujur atau tidak. Seperti diketahui sebelumnya, sering terjadi kecurangan yang dilakukan oleh oknum bengkel sehingga merugikan para konsumennya.

3. Bengkelnya Memiliki Peralatan Modern

Pastikan bengkel yang akan kita kunjungi telah memiliki perlengkapan modern, selain dapat membantu mekanik dalam melepas maupun memasang berbagai baut atau mur dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau membuatnya tergores. Sehingga menjamin bahwa pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif serta aman.

Seperti tersedianya Tyre Changer (alat melepas dan memasang ban) untuk mengganti ban motor, penggunaan alat ini akan membuat kondisi velg motor lebih aman, karena tidak menimbulkan baret atau lecet oleh alat congkel untuk melepas ban.

4. Kelengkapan Suku Cadang Asli

Pastikan bengkel memiliki kelengkapan suku cadang asli, walaupun harganya mungkin lebih mahal jika dibandingkan dengan suku cadang aftermarket. 
Sebaiknya kita tetap memilih suku cadang asli yang tentunya bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan motor dan dapat memperpanjang usia pakai komponen motor.

Bengkel yang lengkap pastinya memudahkan kita dalam mendapatkan suku cadang dan layanan secara lengkap dan menyeluruh.

5. Jaminan Garansi Dari Pihak Bengkel 

Bengkel motor yang baik adalah bengkel yang memberikan garansi serta memberitahukan konsumennya jika ada keluhan lagi pada motornya, maka bisa kembali ke bengkel dengan membawa garansi tersebut. Agar kita bisa mengajukan klaim tanpa dipungut biaya apapun saat harus kembali lagi ke bengkel dengan keluhan yang sama.

6. Jam Operasional Bengkel Fleksibel

Sebaiknya pilih bengkel motor terdekat yang tetap beroperasi saat hari libur atau akhir pekan. Jadi, jika sewaktu-waktu motor kita perlu diservis mendadak, kita tidak perlu panik dan bisa langsung mengunjungi bengkel tersebut. 

Pilih juga bengkel motor yang ramai mulai dari pagi hingga sore hari, ini bisa menunjukkan bahwa bengkel tersebut terpercaya dan kinerjanya benar-benar bagus.

7. Berbagai Metode Pembayaran

Saat ini bengkel-bengkel modern, sudah memiliki metode pembayaran non tunai (debit dan
e-wallet). Tentunya ini memudahkan kita dalam proses pembayaran tanpa harus membayar tunai Dan kita jadi merasa lebih nyaman saat ke bengkel.

Servis Sepeda Motor Berkualitas Di Planet Ban


Sumber foto : Planet Ban

Banyak sekali keuntungan yang saya dapatkan dengan mengendarai sepeda motor, saya jadi bisa menjalani aktivitas keseharian jadi lebih cepat dan efisien, mulai dari antar jemput anak sekolah hingga pergi ke berbagai tempat. Untuk itu kondisi dan performa sepeda motor haruslah prima.

Akhirnya, saya menemukan juga sebuah bengkel yang cocok dengan kebutuhan perawatan motor saya di Planet Ban dan udah gitu lokasinya pun cukup dekat dari rumah, otomatis jadi lebih hemat waktu dan bensin.

Tepatnya akhir pekan lalu, saya membawa motor saya ke Planet Ban untuk ganti ban belakang dan sekalian servis. Dengan menggunakan peralatan modern ganti ban dan servis motor jadi lebih cepat dan memuaskan.

Ternyata Planet Ban mengusung konsep Servis Motor Rasa Mesin Baru untuk layanan servisnya, dan inilah yang membedakan Planet Ban dengan bengkel lainnya.

Para mekanik di Planet Ban pada saat melayani servis tidak mengambil atau menghisap bensin dari tangki motor kita. Ternyata Planet Ban telah menyediakan cairan khusus bagi para mekanik. Jadi, kita tidak dirugikan dan biayanya pun sudah masuk kedalam biaya jasa servis.

Adapun beberapa bagian yang di servis, terdiri dari:
  • Servis Mesin 
  • Servis Throttle Body 
  • Servis CVT / Rantai 
  • Servis Injeksi

Kini, Planet Ban tidak hanya menjual ban motor saja. Planet Ban juga merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia.

Planet Ban menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap.

Kita tidak perlu khawatir untuk masalah harga karena harga di Planet Ban juga transparan, kita bisa langsung cek sendiri di website resmi Planet Ban, planetban.com

Bukan hanya bisa cek harga, kita juga bisa lihat langsung di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.

Planet Ban bisa menjadi bengkel pilihan kita untuk yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari bengkel motor. Mekaniknya profesional, peralatannya canggih, produk suku cadangnya asli dan lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. 

Selain itu, Planet Ban juga memberikan berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan kita dapatkan di bengkel motor lain, seperti :
  1. Gratis biaya pemasangan ban 
  2. Gratis jasa Servis dan Ganti Oli 
  3. Gratis jasa pengisian cairan anti bocor 
  4. Kita juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selamanya.

Planet Ban sudah hadir memberikan layanan terbaiknya untuk kita semua, yuk segera kunjungi Planet Ban terdekat. 

Sumber foto : Planet Ban 

Oia, kita juga bisa langsung mendapatkan
voucher potongan harga Rp.150.000,- dari Planet Ban, asyik! Ke Panet Ban aja yuk, untuk seluruh kebutuhan sepeda motor kita.







10 komentar:

  1. Banyak keuntungannya ya Mba kalau servis di Planet Ban.. Dan pastinya tenang karena terpercaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak Diyah, Planet Ban berkualitas dan terpercaya, udah gitu dekat dari rumah juga nih

      Hapus
  2. Sehari hari saya pasti selalu menggunakan motor,,,maka dari itu servis rutin adalah sebuah kewajiban,,,tapi sayanknya bisa dibilang sulit kalau mencari bengkel yang harganya transparan dan mekanik yang handal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Planet Ban termasuk bengkel yang transparan dalam memberikan info harga dan mekaniknya pun profesional kak

      Hapus
  3. Paksu langganan juga nih ganti ban motor di Planet Ban dan ternyata melayani servis dgn menyediakan suku cadangnya juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sist, apalagi Planet Ban juga ada bagi-bagi voucher potongan harga Dan promo lainnya.

      Hapus
  4. Oh, baru tahu kalau planet ban bisa servis macam2. Kirain cuma urusan ban aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mak, Planet Ban menawarkan layanan unggulan seperti servis motor, ganti oli dan suku cadang otomotif

      Hapus
  5. Ini Planet Ban lokasinya dekat banget sama rumahku, mekaniknya handal dan peralatan bengkelnya modern.

    BalasHapus
  6. Sama kak, Planet Ban juga dekat dari rumah, jadi gak perlu jauh-jauh cari bengkel yang aman dan lengkap

    BalasHapus