9 Kemudahan Yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Layanan Jemput Bola 'Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan





(Sumber foto : @BPJSKesehatanRI)

Sudah dipertengahan bulan Desember aja nih, nggak berasa ya beberapa hari lagi kita memasuki bulan baru di tahun yang baru. Sudah pada punya resolusi yang akan diwujudkan di tahun 2020 nanti belum? 

Kalau saya sih sudah buat daftar resolusi yang harus saya wujudkan di tahun 2020, salah satunya adalah saya dan keluarga harus lebih sehat, tentu saja dengan gaya hidup sehat dan jaminan kesehatan.

Layanan Jemput Bola 'Mobile Customer Service (MCS) Berikan Kemudahan Kepada Peserta BPJS Kesehatan

Ngomong-ngomong jaminan kesehatan, saya sebenarnya sudah menjadi peserta BPJS mandiri sejak setahun yang lalu. 

Kenapa sih kita harus punya jaminan kesehatan?

Alasan saya sih sederhana saja, nggak ada orang yang mau sakit, ya kan? Semua orang ingin sehat agar bisa beraktivitas, apalagi kalau kita sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Tentulah masalah kesehatan menjadi urusan nomor satu. Dengan memiliki jaminan kesehatan, saya menjadi lebih terbantu dalam hal biaya jikalau saya atau ada anggota keluarga yang sakit.

Saya merasa sangat tertolong dengan adanya jaminan kesehatan BPJS ini, waktu itu anak kedua saya harus operasi amandel, saya tidak bingung lagi dengan biaya operasi, biaya perawatan rumah sakit dan biaya obat karena BPJS Kesehatan sudah mengcover semua biayanya, Alhamdulillah.


Apalagi dibulan Januari nanti akan adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2020. Jujur, saya sempat bimbang, mau tetap dipilihan awal kelas 1 atau mau "turun kelas" saja ?

Bismillah, saya putuskan untuk tetap pada pilihan awal, yaitu kelas 1. Kenapa nggak mau "turun kelas"? Karena BPJS Kesehatan memberikan kemudahan dan kebebasan untuk seluruh pesertanya, termasuk saya dan keluarga. Dengan adanya penyesuaian iuran yang akan berlaku pada awal tahun 2020 nanti, BPJS Kesehatan pun telah menyiapkan solusi terbaik.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebanyak 100% alias dua kali lipat, mulai diberlakukan pertanggal 1 Januari 2020. BPJS Kesehatan pun berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh pesertanya. Salah satu upaya peningkatan layanan BPJS Kesehatan yaitu dengan dihadirkannya Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan "Mobile Customer Service (MCS)". Sebenarnya layanan ini sudah ada sejak awal BPJS Kesehatan ada, tetapi kini kembali digencarkan.

Waktu dulu saya mendaftar jaminan kesehatan BPJS, saya harus menyempatkan waktu untuk pergi ke wilayah Matraman, Jakarta Pusat. Ya lumayan macet juga sih daerah situ, dan sesampainya disana juga harus menyiapkan dokumen yang diperlukan, mengisi formulir dan menunggu dipanggil. Antri gak? Pastinya harus antrilah 😁

Tapi, sekarang sudah ada Mobile Customer Service (MCS) yang akan mempermudah kita untuk mengurus urusan BPJS. Wah asyik nih 😍


Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Ibu Dwi Asmariyati saat acara Sosialisasi Layanan Jemput Bola Mobile Customer Service (MCS) di Hongkong Cafe, Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin pagi (9/12) memaparkan bahwa MCS BPJS Kesehatan merupakan kanal layanan BPJS Kesehatan berupa mobil yang dilengkapi oleh infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan. 

"BPJS Kesehatan Jemput Bola ini, lanjut Ibu Dwi, merupakan layanan terintegrasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui MCS yang akan melayani seluruh peserta BPJS Kesehatan yang ada di pelosok negeri. Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan administratif dan pengaduan. Peserta yang datang cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) untuk mengurus kepesertaannya."



Mobile Customer Service mendekatkan dan meningkatkan pelayanan dengan konsep jemput bola, yaitu dengan mendatangi lokasi-lokasi yang jauh dari kantor cabang/kabupaten/kota untuk memberikan layanan kepada peserta JKN-KIS.

Layanan Apa Saja Sih Yang Bisa Kita Dapatkan dari Mobile Customer Service (MCS)?

1. Informasi program JKN-KIS
2. Pendaftaran peserta PPU, PBPU dan BP serta bayi dalam kandungan, termasuk permohonan turun kelas
3. Perubahan data kepesertaan PPU, PBPU dan BP
4. Pencetakan kartu baru dan penggantian kartu rusak/hilang
5. Informasi data peserta dan keluarga
6. Informasi jumlah tagihan dan pembayaran iuran
7. Skrining
8. Penanganan pengaduan
9. Registrasi Mobile JKN

Untuk aktivitas Mobile Customer Service (MCS) dilaksanakan setiap hari kerja maupun libur, sesuai kebutuhan, mulai tanggal 9 Desember 2019 dengan sasaran pasar, desa/kecamatan, fasilitas kesehatan, dan Car Free Day atau acara-acara lain.

Apa sih Manfaat Mobile Customer Service (MCS)?


Kita nggak perlu datang ke kantor cabang/kabupaten/kota, apalagi kalo daerah kita nih jauh dari Kantor BPJS Kesehatan karena MCS akan hadir ditengah masyarakat untuk memberikan layanan kepada peserta JKN-KIS.

Nah, kalau kamu, kamu semua dijalan melihat ada MCS lagi membuka layanannya, jangan ragu nyamperin ya. Karena kita 


0 Response to "9 Kemudahan Yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Layanan Jemput Bola 'Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel