Inilah Tip Dan Trik Menata Rumah Mungil dan Ruang Kerja Yang Nyaman Dan Bikin Betah



Semua perempuan pastinya ingin dong ya punya rumah impian yang desain interiornya bagus, elegan, semua serba tertata rapi, yang instagramable sehingga bikin kita jadi betah tinggal di rumah. Pokoknya seindah yang ada di televisi dan instagram yang bikin mupeng bener.

Tip & Trik Menata Rumah Mungil ala Adelya Vivin

Apalah daya kita nih jika krucils sedang aktif-aktifnya bergerak. Kita sebagai sang arsitek di rumah kudu pintar memutar otak agar rumah impian kita bisa tertata sesuai dengan keinginan kita tentunya, dan tanpa rasa khawatir di acak anak-anak.


Alhamdulillah Rabu sore (31/07) saya bisa hadir di acara Talkshow & Blogger Gathering "Seba Serbi Menata Rumah" di Hall B, JCC Senayan, Jakarta, bersama 2 influencer cantik yang susah dikenal berkat penataan rumahnya yang apik yaitu Adelya Vivin dan Zata Ligouw. 


Small Space Living adalah hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan.
Acara seru yang dimoderatori oleh Founder Komunitas ISB Ani Berta ini dimulai dengan Adelya Vivin yang memberikan "Tip & Trik Menata Rumah Mungil". Ternyata hanya dengan penataan interior dan perabot yang baik dan tepat, rumah mungil kita bisa kita sulap menjadi hunian yang nyaman.


"Karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan yang tidak penting, misalnya seperti kardus bekas barang elektronik. Jika masa garansinya sudah habis sebaiknya kardus tersebut dibuang saja. Ini yang kadang membuat rumah menjadi sempit,” jelas Adelya.


Tahap-tahap perencanaan
Tahap perencanaan bisa kita mulai dari :


  1. Menentukan apa saja yang menjadi kebutuhan seluruh keluarga, pasti berbeda untuk tiap anggota keluarga. Misalnya ibu butuh ruang dapur yang seperti apa, atau ayah ingin ruang kerja yang bagaimana.
  2. Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga. Misalnya untuk ibu suka ruangan yang rapi dan simple, bisa memilih tema dengan konsep ruangan ala Jepang yang minimalis dengan perabotan atau rak-rak yang tertata rapi dan bersih. Jadi dengan mengenal karakter masing-masing keluarga bisa dicocokkan tema apa yang sesuai dalam penataan ruangan.
  3. Perbanyak referensi untuk hal-hal yang disukai. Misalnya referensi dari desain interior dan perabotan yang ada di hotel saat kita menginap di sana, atau bisa juga dari rumah teman, dari majalah, dan lain sebagainya.
  4. Menghitung budget yang tersedia. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki untuk bisa menata semua ruangan yang ada.


Dasar penataan untuk rumah mungil
  • Pencahayaan, permainan cahaya bisa dilakukan untuk membuat rumah terlihat lebih terang, luas, dan nyaman bagi penghuni yang memiliki rumah yang mungil dengan budget terbatas. Kita bisa menempatkan skylight di daput tepatnya di atas kompor, jadi kita dapat memanfaatkan cahaya alami untuk penerangan dan hemat listrik. Lampu putih yang terang bisa kita gunakan di atas meja makan, sedangkan untuk lampu baca kita bisa memilih lampu kuning seperti yang biasa dipasang di coffee shop. Agar kita merasa lebih hangat dan betah di rumah, sehingga tidak perlu sering-sering ke coffee shop.
  • Akses udara/ sirkulasi udara, pemasangan jendela dan ventilasi yang cukup di tiap ruangan. Untuk rumah yang mungil biasanya tidak memiliki space yang cukup dan memadai untuk memasang jendela atau ventilasi. Ini bisa disiasati dengan memasang exhaust fan, seperti di ruang kamar mandi dan di dapur untuk melancarkan sirkulasi udara. Cooking hood yaitu alat untuk penyedot udara bisa kita tempatkan di atas kompor. Alat ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan sisa lemak, sisa pembakaran, asap, bau, panas, dan uap dari udara yang ada di dalam ruangan. 
  • Warna cat, sebaiknya pilih warna-warna yang terang, seperti warna putih sehingga ruangan akan nampak lebih lega dan luas. Jika tidak suka warna putih karena takut kelihatan kotor, bisa memilih warna lain, seperti warna abu-abu muda. Tipnya adalah hindari penggunaan warna-warna dinding yang gelap.
  • Pengadaan/ storage, rumah mungil biasanya tidak punya cukup ruang untuk dijadikan gudang, karena semua ruangan sudah dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga. Jika ada beberapa barang yang punya nilai kenangan dan sayang untuk dibuang, maka bisa disiasati dengan menggunakan open storage. Sebaiknya pilih kotak yang cukup dan sesuai dengan besar ruangan. Kotaknya bisa dihias agar terlihat lebih menarik, dan diletakkan di atas lemari atau rak gantung yang letaknya agak tinggi. Open storage lainnya bisa berupa lemari yang disulap jadi gudang kecil.
  • Jika kita hobi baca dan memiliki banyak buku, bisa ditata yang rapi di rak gantung sehingga tidak terlalu makan banyak ruang. Agar terlihat rapi, tata buku tersebut sesuai dengan warna sampulnya, atau kalau tidak memungkin kan, tinggal balikkan letak bukunya, sehingga terlihat seragam dan lebih rapi.
  • Penghijauan, dengan adanya tumbuh-tumbuhan di dalam ruangan akan membuat rumah mungil kita menjadi lebih nyaman. Selain baik untuk kualitas udara di dalam rumah, indoor plantsjuga dapat berfungsi untuk mempercantik ruangan. Jika tidak mau repot, bisa pilih tanaman kaktus yang lebih gampang dalam perawatannya.
  • Ketepatan furnitur terhadap tema, Misalnya jika kita memilih tema rumah dengan konsep ala Jepang, maka sebaiknya memilih furnitur yang seragam khas desain interior ala Jepang yang kaya akan warna putih, hitam, dan berbahan kayu. Ketepatan warna dan furnitur dapat membuat ruangan yang kecil terlihat lebih nyaman.


Tip & Trik Menata Ruang Kerja di Rumah ala Zata Ligouw


  1. Siapkan tempat khusus untuk meja kerja, untuk rumah mungil kita bisa sharing ruangan. Misalnya gunakan pojokan ruang tamu atau ruang keluarga, ruang makan, atau ruang lainnya yang dirasa pas untuk meletakkan meja kerja dan nyaman dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas kerja. Tapi jika kita punya ruangan lebih tentu akan lebih bagus lagi, dan bisa digunakan sebagai ruangan khusus untuk kerja.
  2. Meja yang pas, pemilihan meja kerja bisa disesuaikan dengan selera dan besarnya space yang tersedia untuk meletakkan meja. Bisa gunakan meja yang memang sudah ada di rumah, atau beli baru jika ada budget lebih, atau bisa juga bikin sendiri. Namun yang penting mejanya ergonomis, yaitu meja kerja yang digunakan harus nyaman dan gak bikin pegel.
  3. Aksesoris, manfaatkan aksesoris bisa untuk menaikkanmood dan semangat kerja. Selain dapat mempercantik ruangan, aksesoris juga dapat berguna untuk menunjang pekerjaan lho. Aksesoris ini bisa dibeli, bisa juga dibikin sendiri, seperti bikin mood board atau kalender kerja/ to do list. Mood board yang bisa ditempel bisa berupa gambar-gambar yang kita sukai, seperti tempat-tempat indah yang ingin dikunjungi, tokoh panutan, atau gambar-gambar lucu dari majalah. Bisa juga menempelkan foto jalan-jalan bareng keluarga, foto pemandangan, atau kartu pos, atau tulisanquote favorit, dan lain sebagainya.
  4. Tanaman, kita bisa letakkan tanaman di ruang kerja. Gunanya hampir sama dengan aksesoris, yaitu untuk meningkatkan mood dan produktivitas. Selain dapat mempercantik ruang kerja, tanaman juga bermanfaat untuk membuat rileks, memberi rasa nyaman, dan mengurangi stres. Pengaruh alam di dalam ruang kerja dapat membantu menstimulasi otak dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja, hingga dapat mendatangkan kebahagiaan.
Nah, rumah mungil pun ternyata bisa tampil cantik dan rapi, asalkan kitanya bisa menata dengan baik dan tepat.

Namun, jika kita belum punya budget lebih untuk membeli rumah impian yang lebih besar, nggak ada salahnya kita memiliki rumah mungil dulu, sambil kita mengusahakan dan semangat menabung untuk membeli rumah yang lebih besar. 

Pameran IPEX 2019

Oia, ada banyak tipe rumah dengan harga yang beragam, dan promo menarik yang bisa kita dapatkan di Pameran IPEX 2019. Tahun 2019 ini, PT. Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) kembali menggelar IPEX 2019. 


Pameran yang digelar di area JCC seluas 12 ribu meter persegi ini terdapat lebih dari 730 proyek properti yang ditampilkan, yang terdiri dari rumah subsidi, rumah komersil, apartemen, condotel, condominium, dan banyak lagi. Berbagai macam promo seperti subsidi dan promo DP Nol Rupiah ditawarkan di IPEX 2019.



Pada gelaran IPEX 2019, Bank BTN menawarkan banyak kemudahan bagi calon debitur. Di antaranya seperti suku bunga KPR yang ditawarkan mulai dari 6,99% fixed rate (tetap) 1 tahun dengan gimmick marketing bebas biaya provisi, biaya bebas administrasi, dan diskon biaya asuransi jiwa sebesar 20%. 

Bank BTN juga merangkul pengembang untuk meraih program promo yang menarik. Di antaranya untuk pengembang rumah KPR Non-Subsidi yang memberikan subsidi bunga kurang lebih 2,00% selama 1 tahun atau lebih akan menikmati keringanan uang muka sebesar 0%.

Uang muka mulai dari 0% dikhususkan bagi pegawai negeri atau aparatur sipil negara, TNI, dan Polri yang memiliki payroll di Bank BTN.

Bank BTN juga menawarkan tenor KPR maksimal hingga 30 tahun. Sementara, tenor Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) ditawarkan sampai dengan maksimal 20 tahun. 

Promo yang menarik juga ditawarkan bagi segmen menengah ke bawah yang berminat untuk memiliki rumah subsidi. Gimmick marketing yang ditawarkan antara lain terbebas dari biaya administrasi, biaya provisi jika mengajukan fasilitas KPR BTN subsidi selama pameran berlangsung. 

Para calon nasabah juga diberikan kemudahan untuk mendapatkan fasilitas KPR meskipun berusia 18 tahun. Syaratnya, calon debitur muda ini sudah bekerja selama minimal 1 tahun dengan pendapatan tetap dan payroll di Bank BTN. Persyaratan lain yakni instansi tempatnya bekerja sudah menjalin perjanjian kerjasama dengan Bank BTN. 

Sehingga, nasabah dapat mendapatkan rekomendasi dari perusahaannya untuk mengajukan KPR ke Bank BTN.

0 Response to "Inilah Tip Dan Trik Menata Rumah Mungil dan Ruang Kerja Yang Nyaman Dan Bikin Betah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel