Kenali Dan Dukung Passion Anak Kita Bersama Nippon Spot-less Plus




Tahukah kita bahwa kemampuan anak dalam berkreasi dan berkesenian merupakan tanda perkembangan kognitifnya? Kita sebagai orang tua penting untuk memberikan dukungan terhadap segala bentuk kreasi yang diwujudkan oleh anak kita.

Dukung Passion Dan Kreativitas Anak Kita Bersama Nippon Spot-less Plus

Alhamdulillah di Sabtu pagi (14/7) saya sangat senang sekali bisa hadir di acara talkshow "How to SPARK your Child's Passion" bersama nara sumber cantik Elvina Lim Kusumo, pendiri Indonesia Montessori.com. Acara yang bertempat di Chipmunks Playland & Cafe, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan ini juga dihadiri oleh Linda Kam, ATL Marketing Manager dari Nippon Paint dan Jon Tan  selaku CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia.

Elvina Lim Kusumo, pendiri Indonesia Montessori.com

Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anak, kita ingin mereka cerdas, sehat dan riang bahagia.

Tugas kita sebagai orang tua adalah mengamati dengan seksama serta mempelajari reaksi si anak terhadap kesempatan yang diberikan, guna membantunya menemukan hal yang paling mereka senangi dan bisa mereka lakukan dengan baik. Dengan mengetahui passion serta minat anak, rasa percaya diri yang sehat akan terbangun.



Orang tua perlu nih mengenali minat dan passion anak sejak dini, membantu mereka mengembangkan passion tersebut. Jadi, anak dapat mematangkan passion mereka sendiri secara optimal dan sesuai passion mereka tanpa terbebani paksaan orang tua.


Tentunya dukungan dari orang tualah yang menjadi hal utama nih. Dukungan terhadap passion anak dapat kita mulai dengan memberikan kesempatan bagi anak untuk eksplorasi terhadap berbagai obyek, aktivitas dan komunitas yang mempertemukan anak kita dengan orang-orang berbeda, dan menjadi pengalaman tersendiri bagi anak.

Warna dan Kreativitas 
Studi psikologis menunjukkan bahwa warna dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkah laku anak, merangsang otak dan badan, bahkan berdampak pada kesehatan. Setiap gerakan yang hasilkan anak ketika berkarya seperti mewarnai dengan kuas atau krayon, sangat dibutuhkan bagi perkembangan motorik anak.


Lalu, bagaimana cara orang tua dapat mengenail passion anaknya?

"Cara untuk mengenali passion anak ialah dengan mengenalkan si anak kepada berbagai hal yang terkait dengan berbagai bidang kehidupan. Bisa melalui permainan sehari-hari, juga dengan mengajak anak ke perpustakaan, musium, menonton pertunjukan seni, mengikuti berbagai aktivitas yang terkait dengan profesi-profesi tertentu, bahkan kita bisa mengajak mereka ke tempat kerja sesekali. Langkah ini bisa dilakukan sejak anak masih balita.



Dengan begitu anak tereskpos dengan berbagai bidang kehidupan. Dari situ kita bisa amati, anak lebih tertarik pada bidang yang mana. Nanti pasti akan kelihatan mana yang menjadi passion anak. Apakah bermusik, menggambar, berkebun, berenang, dan lain-lain," jelas Elvina.

Lanjut Elvina “Pendampingan langsung orang tua dan didukung dengan lingkungan rumah yang sehat, tentunya menjadi faktor penting pada setiap proses belajar anak. Kenyamanan beraktivitas di dalam rumah perlu dibangun, guna mendorong percaya diri, keberanian, dan semangat anak dalam menyelami minat dan bakatnya. Lingkungan yang nyaman tentunya juga memberikan kenyamanan bagi orangtua ketika mendampingi anak belajar.



Nippon Spot-less Plus Diformulasi untuk Memenuhi Kebutuhan di Setiap Tahap Tumbuh Kembang Anak

Nippon Paint Indonesia mengajak para orang tua untuk bersama-sama mendukung passion anak dan kreativitasnya di dalam rumah, tentu saja rumah yang sehat, yang ada keluarga sehat didalamnya. Karena rumah adalah tempat aman dan nyaman bagi anak-anak.

Biasanya yang menjadi “objek favorit eksperimen” anak di rumah adalah tembok (dinding). Anak sering menganggap tembok (dinding) sebagai papan tulis terluas dan terasyik untuk menuangkan segala bentuk dan warna sesuai imajinasinya.

Berkesenian adalah salah satu cara anak mengekspresikan dirinya. Cara termudah bagi anak untuk menciptakan karya seni adalah dengan menggambar di mana saja. Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan media yang digunakan oleh anak dalam membuat karya seni, seperti menggambar. Orang tua juga perlu menyediakan media yang aman dan sehat. 

Linda Kam, ATL Marketing Manager Nippon Paint

Nah, Nippon Paint Indonesia meluncurkan Nippon Spot-less Plus, yaitu produk inovatif yang diluncurkan demi mewujudkan rumah dan keluarga sehat Indonesia.

Dengan mengaplikasikan cat dinding Nippon Spot-less Plus pada dinding, maka aktivitas seni dan berkreasi yang dilakukan anak - seperti melukis pada dinding rumah – bisa lebih sehat dan menyenangkan. 

Nippon Spot-less Plus dilengkapi dengan penambahan formula silver-ion yang sering dipakai pada alat kesehatan dan tidak mengandung VOC (volatile organic compound) pemicu kanker. Kedua komponen tersebut dapat membasmi beragam bakteri jahat pada dinding dan tak menimbulkan gangguan kulit serta pernapasan. Produk ini dilengkapi juga dengan stain-guard, sehingga kita tidak perlu pusing lagi saat membersihkan dinding rumah yang telah tercorat-coret oleh anak-anak kita.  Cukup disemprot saja dengan air dan dilap dengan kain bersih, atau digosok dengan deterjen, maka dinding yang penuh coretan pun bisa bersih kembali dengan mudah.

Biarkan dinding rumah Anda menjadi kanvas bagi kreativitas Si Kecil

Linda Kam, ATL Marketing Manager  dari Nippon Paint menjelaskan dan menyarankan kepada orang tua untuk tetap memperhatikan aneka mainan anak yang dilapisi cat. Jangan sampai hanya dinding rumah yang aman, namun mainan yang digenggam setiap saat masih berbahaya untuk kesehatan anak Anda.


Tips Pemilihan Warna Cat Dinding

Pemilihan warna cat dinding pun juga sebaiknya bisa lebih diperhatikan oleh orang tua. Misalnya saja, 
  • Warna hangat, seperti oranye, kuning, dan cokelat dipilih untuk merangsang perkembangan otak dan menjadikan mereka lebih aktif. 
  • Warna tenang, seperti biru, hijau, dan ungu bisa dipilih untuk membuat anak Anda cepat tidur.

"Kualitas rumah perlu dijaga. Mengingat rumahlah tempat anak menghabiskan sebagian besar waktunya, termasuk dalam aktivitas mengembangkan bakat" ujar Jon Tan

Di rumah tuh biasanya yang paling sering luput dari perhatian orang tua adalah dinding. Nah, padahal kan dinding merupakan area terluas dalam rumah dan seringkali menjadi media yang digunakan anak untuk belajar, seperti berpegangan ketika berjalan berjalan hingga mencoret dinding rumah untuk mengekspresikan imajinasi dan kreativitasnya. Hal ini menjadi pemandangan yang sering kita temui pada aktivitas balita sehari-hari di rumah.


Yang lebih pentingnya lagi adalah bagaimana orang tua memberikan lingkungan rumah yang nyaman dan aman untuk mendukung aktivitas anak, khususnya bagi usia balita. Banyak kegiatan kreatif yang dapat dilakukan anak bersama orangtua ketika di rumah.

Anak perlu diberikan kesempatan untuk bereksplorasi agar minat, passion dan kreativitasnya terasah dengan baik dan membantu tumbuh kembang optimalnya di masa depan.




5 Responses to "Kenali Dan Dukung Passion Anak Kita Bersama Nippon Spot-less Plus"

  1. Anakku dulu juga suka coret2 dinding tapi kubiarkan buat kreativitasnya. Wah sekarang bagus banget yah ada nippon spot less, ga capek lagi bersihin dinding dari coret2 anak.

    BalasHapus
  2. Baca artikel ini rasanya pengen balik lagi ke masa kecil.. Bermain mencoret2 dinding.. Hehe.. Maaciw mba artikelnya untuk ilmu aku di masa depan nanti hehe

    BalasHapus
  3. That's why jadi orangtua itu perlu peka karena orangtua adalah observer anaknya ya mom. Untung ada Nippon paint yang siap jadi cat anti noda dan anti kuman di rumah.

    BalasHapus
  4. jadi yang penting kenalkan aja dulu ya anak ke berbagai kreativitas, nanti biar dia pilih sendiri mau apa

    BalasHapus
  5. Thanks for sharing, semoga sukses terus..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel