Film Koboy Kampus, Kisah Nyata Ngoboynya Pidi Baiq Bersama The Panasdalam


Siapa nih yang dulu waktu jamannya ngampus datangnya hanya pas ujian? Atau emang beneran rajin kuliah?

Seingat saya sebagai mantan mahasiswa jurusan arsitektur, ngerjain tugas akhir waktu itu memang sampai begadang di studio gambar lantai 4 di kampus bareng sama teman-teman kelas. Di studio itu juga kita begadang ngelarin gambar desain, kalau ngantuk ya tinggal bikin kopi, atau ngobrol dan nyanyi sama teman-teman. Kurang lebih suasananya sama seperti studio seninya The Panasdalam yang ada di film Koboy Kampus.

Film Koboy Kampus Karya Terbaru Pidi Baiq

Kita pasti kenal dong ya dengan Pidi Baiq, karya beliau telah menjadi perhatian masyarakat luas, apalagi dengan novelnya yang diadaptasi ke film "Dilan 1990". Dan kali ini, karya terbaru Pidi Baiq akan segera menghiasi perfilman di Indonesia yaitu "Koboy Kampus".




Koboy Kampus adalah sebuah film yang memiliki latar belakang pada tahun 90-an, ketika mahasiswa sedang bergejolak karena pemerintahan orde baru.  Koboy Kampus menggambarkan kehidupan seorang Pidi Baiq sebagai salah satu mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain, di ITB pada tahun tersebut.

Film yang diproduksi oleh pihak MNC Pictures dan 69 Production itu, menyuguhkan potret mahasiswa di era tahun 90-an dalam berjuang menghasilkan sebuah karya dan pertentangannya dalam melawan rezim orde baru. Bahkan, Pidi Baiq mengajak beberapa musisi untuk tampil dan berperan dalam filmnya untuk membuat Koboy Kampus ini terkesan nyata.

Dalam acara Press Screening "Koboy Kampus" di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta pada Kamis lalu (18/7), Pidi menjelaskan bahwa semuanya yang diangkat dalam film ini lebih banyak berisikan romantisme mahasiswa di era tahun 90-an. Sisanya adalah perjuangan gimana mahasiswa yang berusaha kritis selalu berusaha untuk mencari ide dalam mengungkapkan keinginan hatinya. Kalau saya ya lewat karya seni dengan membentuk sebuah band bernama The Panasdalam dan seperti mendirikan sebuah negara kecil di lingkungan kampus. Ini sisi yang menarik menurut saya dalam membuat ceritanya lebih hidup.



Ide Cerita Film Koboy Kampus Butuh Riset Hampir 6 Tahun

"Untuk menghasilkan ide ceritanya, saya butuh riset yang panjang mungkin hampir 6 tahun. Itu lebih mudah lantaran kisah hidup saya yang dijadikan garis besar ceritanya. The Panasdalam band merupakan kisah yang banyak diangkat dalam film ini dimana saya mengajak beberapa rekan saya dari musisi seperti Jason Ranti dan sejumlah musisi lain untuk ikut gabung dalam project ini," ungkap Pidi.

Perempuan tidak hanya dia, ada 3 Milyar 21

Berbeda dengan mahasiswa lainnya yang mengeluarkan aspirasi dengan turun ke jalan alias demo. Pidi Baiq bersama rekan Koboy Kampusnya, membuat kumpulan yang disebut negara The Panasdalam, sebagai salah satu cara mengkritisi pemerintah orde baru lewat berkarya. Koboy Kampus kocak dan ngasal, lagu-lagunya The Panasdalam yang memiliki pesan cinta kepada tanah air ini pun ternyata enak-enak banget didengarkan.

Nah, Koboy Kampus sendiri ternyata diambil dari kisah Pidi Baiq dan teman-teman yang lebih suka bermain atau ngoboy daripada mengikuti pembelajaran di kampus. Dan mereka telat lulus sampai ada yang 14 tahun di kampus.
Lha, kira-kira kapan saya diwisuda ya? Hahahaaa.


Jason Ranti Didaulat sebagai Pemeran Utama di Film Koboy Kampus

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya Pidi Baiq tidak main-main dalam mencarikan aktor untuk memerankan dirinya di Film Koboy Kampus ini. Pidi meminta langsung kepada Jason Ranti, seorang musisi yang dirinya tidak memiliki dasar berakting. Jason mengaku tidak bisa menolak permintaan itu karena Pidi Baiq dinilai sebagai seniman atau musisi yang diidolakannya.

Jason Ranti yang didaulat sebagai pemeran utama di Film Koboy Kampus ini yang berperan sebagai Pidi sendiri, mengaku tak butuh waktu lama baginya untuk bisa masuk dalam karakter yang ada dalam filmnya, ini dikarenakan Jason merupakan seorang musisi yang punya karya.

"Ini adalah film perdana saya dan ini adalah akting saya perdana dalam sebuah film.  Saya sangat senang bisa gabung dalam proyek ini, dan tidak ngerasa seperti syuting. Karena adegannya banyak nongkrong-nongkrong, dan seperti saya menjalani kehidupan pribadi. Saya juga banyak dibantu teman-teman lain dalam berakting dan saya sangat menyukai hal ini," ujar Jason Ranti.

Pertamakalinya melihat Jason Ranti berakting, dan gila ternyata keren banget. Bikin gemes deh!


Koboy Kampus Siap Tayang 25 Juli 2019

Koboy Kampus yang ide ceritanya merupakan kisah nyata dan disutradarai oleh Pidi Baiq sendiri ini siap tayang pada 25 Juli 2019 nanti. Selain Jason sebagai Pidi Baiq, beberapa aktor dan aktris ternama juga ikut membintangi film Koboy Kampus. Seperti Ricky Harun, Bisma Karisma, David John, Miqdad Addausy, Steffi Zamora, Danilla Riyadi, Vienny JKT48, Christina Colondom, Anfa Safitri, Chicha Koeswoyo, dan Ria Irawan.

Makin penasaran kan gimana sih jalan ceritanya Koboy Kampus yang komedinya khas banget dengan ala Pidi Baiq, si penulis Dilan ini. Mendingan kita intip dulu yuk trailernya disini : bit.ly/trailerkoboykampus

Saya aja udah nonton film Koboy Kampus, kalau kamu ngakunya anak ITB dan Unpad terus kamu juga penggemarnya Pidi Baiq, berarti kamu wajib nonton Koboy ya di 25 Juli 2019 nanti😉






1 Response to "Film Koboy Kampus, Kisah Nyata Ngoboynya Pidi Baiq Bersama The Panasdalam"

  1. Ini masa-masanya hampir sama dengan masa aku kuliah. 90 an gitulah. Jadi berasa nostalgia kali ya kalau nonton film ini.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel