Kampung Berseri Astra (KBA) Lengkong Kulon BSD Makin Maju Dengan 4 Pilar





Bayangan saya tentang kampung tuh biasanya identik dengan sesuatu yang ndeso banget ya. Namanya aja kampung, biasanya ada sawah, pepohonan rindang, hawa sejuk, damai, pemandangan hijau nan indah, kebun dengan beragam tanaman, gemericik suara air kali atau sungai kecil, ada hewan peliharaan dan pokoknya suasananya adem ayem.

Sebenarnya di ujung daerah Bumi Serpong Damai (BSD), ditengah-tengah berdirinya bangunan apartemen, deretan bangunan perkantoran yang megah , dan jalan-jalan yang sangat lebar beraspal mulus, siapa yang nyangka ada sebuah jalan kecil menuju sebuah kampung. 






Nama kampung itu adalah Kampung Lengkong Kulon, letak kampung ini berada diantara tembok-tembok besar dan jalan lebar yang merupakan satu-satunya kampung yang masih tertinggal di daerah BSD . Kampung dengan jumlah warga 700 KK dan luasnya 75 HA ini, awalnya bernama Kampung Sawah karena dikelilingi sawah-sawah, dan daerahnya disebut Pagedangan, 

Namun, yang ada hingga saat ini hanyalah rumah-rumah dari suatu perkampungan dengan jalan yang sempit dan sudah beraspal. Makin sempit tergerus modernisasi oleh adanya perkembangan kota yang semakin maju dan modern.

Kini di Indonesia sudah ada 76 Kampung Berseri Astra (KBA). Dan Kampung Lengkong Kulon Pagedangan,Tangerang Banten yang hadir sejak tahun 2016 ini termasuk salah satunya.

Keberadaan KBA Lengkong Kulon ini merupakan bagian dari Corporate Social Responbility Astra, melalui Astra Daihatsu , salah satu anak perusahaan Astra. Bersamaan dengan diresmikannya Astra Biz Center BSD City yang prestisius, maka Astra pun mengembangkan Corporate Social Responsiblity (CSR) di Tangerang. 



Apa Itu Kampung Berseri Astra?



Kampung Berseri Astra (KBA) adalah program kerja dari Astra, berupa kontribusi sosial yang diimplementasikan kepada seluruh masyarakat dengan menggunakan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.








Program ini merupakan program berkelanjutan dari Astra, dengan adanya program tersebut diharapkan masyarakat dan pemerintah dapat bekerjasama dalam mewujudkan lingkungan kampung yang damai, asri, sehat, cerdas, dan bersih. Demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ada di wilayah kampung terkait.


Koq Lengkong Kulon BSD Bisa Terpilih Ya? Kenapa?



Ternyata Kampung Lengkong Kulon BSD telah berhasil membuktikan 4 pilar yang menjadi program Kampung Berseri Astra (KBA) dan telah melaksanakannya sejak tahun 2016.




Selain dari 4 faktor pilar tersebut, terdapat faktor lainnya yang menyebabkan Kampung Lengkong Kulon BSD masuk kedalam Daftar KBA.

Sebagai kampung yang terpinggirkan, dan seolah kampung di tengah kota yang modern dan gaya hidup orang kota yang gemerlapan, kampung ini mampu bertahan dengan semangat yang dikobarkan dari Program CSR.


Penentuan dan Pemilihan KBA



Dengan melihat kondisi awal dari Kampung Lengkong Kulon, terlihat jelas sekali kalau kampung ini sangat memerlukan pembenahan, dan ini harus dimulai dari “mindset” seseorang yang berasal dari kampung. Biasanya mereka memiliki perasaan rendah diri, perasaan takut dan sensitif ketika tangan-tangan pemodal besar atau orang asing mulai menjamah kampung kelahiran mereka.

Pendekatan yang paling ampuh untuk merubah cara berpikir warga KBA Kampung Lengkong adalah dengan cara mengambil hati alias adanya pendekatan kepada para sesepuh yang punya pengaruh besar bagi warga. Sesepuh dan aparat birokrat Kelurahan dan Kecamatan diundang untuk membuka wawasan mereka tentang apa saja bentuk bantuan CSR Astra dan bagaimana cara pembinaan itu dilakukan.

Dengan sudah adanya pengertian dan pemahaman dari sesepuh serta aparat Birokrat Kelurahan dan Kecamatan Kampung Lengkong barulah diperkenalkan program CSR . Kemudian baru dapat dibentuk pengurus KBA Kampung Lengkong Kulon untuk pembinaan kader-kader untuk program CSR Astra.

Dalam menentukan dan memilih calon KBA, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, yaitu :

  • Adanya koordinasi perusahaan Grup Astra
  • Pembentukan tim KBA
  • Koordinasi dengan pemerintah daerah
  • Social mapping
  • Penentuan lokasi KBA
  • Penyusunan rencana program
  • Komitmen bersama dan kick-off program KBA


Apa saja sih yang sudah dilakukan Kampung Lengkong Kulon BSD?



1. Pilar Pendidikan

Melihat anak-anak zaman now yang tidak pernah ketinggalan gadget-nya tiap hari, akibatnya anak-anak kurang minat membaca buku. Oleh karena itu Kampung Lengkong Kulon BSD membuat "Gerobak Baca" yang berisi berbagai macam buku pendidikan untuk menambah literasi ataupun pengetahuan bagi anak-anak. 




Gerobak baca ini merupakan pemberian dari Astra Daihatsu BSD yang dihadiri langsung dari berbagai pihak diantaranya Daihatsu Astra, Kepala Desa Lengkong Kulon, Kepala Puskesmas, Sekcam Pagedangan dan perwakilan PT. Astra Internasional, serta Tokoh masyarakat.

Semoga dengan adanya gerobak baca di KBA Lengkong Kulon BSD bisa membuat seluruh lapisan masyarakat untuk membudayakan gemar membaca demi pendidikan yang berkualitas dan masa depan yang cerah.




Selain itu juga terdapat taman baca , untuk mewadahi kreativitas anak-anak dan mengembangkan kemampuannya. Semoga anak-anak disana bisa menjagi generasi literasi yang rajin membaca.

2. Pilar Kewirausahaan

KBA Lengkong Kulon BSD pernah mengadakan pelatihan cooporatives entreneurship. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua masyarakat di KBA Lengkong Kulon BSD bisa menjadi wirausaha asal ada kemauan dan tekad yang tinggi.








3. Pilar Lingkungan

KBA Lengkong Kulon BSD mengadakan aktivitas kebun sayur, kegiatan ini dilakukan dengan menanam pohon sayur, pelatihan menanam, dan segala aktivitas yang berkaitan dengan lingkungan. terdapat pelatihan untuk anak-anak menanam tanaman dan cara merawatnya.




PT. Astra sangat menghimbau kepada masyarakat di KBA Lengkong Kulon BSD untuk senantiasa gemar menjaga lingkungan seperti dengan menanam pohon dan tumbuhan secara rutin. 






Pada pilar ini merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh KBA Lengkong Kulon BSD. disana juga sering mengadakan pelatihan yang berhubungan dengan tanaman diantaranya pelatihan pembuatan pupuk dan pestisida organik.


4. Pilar Kesehatan

KBA Lengkong Kulon BSD selalu rutin mengadakan kegiatan posyandu sehat demi memberikan dan mengecek kesehatan secara berkala. Banyak sekali ibu dan balita yang membutuhkan kesehatan maka dari itu kegiatan ini harus dilakukan.



Ada penghargaan bagi dua orang ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Selalu ada sosialisasi tentang diabet, darah tinggi, kelas bagi ibu hamil dan pengetahuan lainnya bagi ibu-ibu dan para orangtua Saya kagum melihat ada dua pos kesehatan yang telah berjalan dengan baik, diadakan tiap bulannya.






KBA Lengkong Kulon BSD pernah mengadakan kegiatan kelas hamil bagi kaum wanita terutama Ibu-ibu. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan membawakan manfaat untuk kaum wanita agar senantiasa menjaga kehamilannya. Tidak hanya itu Kampung Lengkong Kulon BSD juga pernah melaksanakan pelatihan kader kesehatan.

Nah, begitulah sedikit ulasan tentang wilayah Kampung Lengkong Kulon BSD, semoga dengan adanya 4 pilar tersebut diatas dapat terus terlaksana dan makin berkembang kedepannya demi meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat kampung.

Menciptakan masyarakat yang peduli akan kesehatan dan terdidik memang tidak mudah dan pemerintah terus berupaya meningkatkan hal tersebut melalui berbagai program. 

Kampung berseri astra bisa jadi contoh yang baik buat kampung lain agar bisa produktif dan bermanfaat buat masyarakatnya.

Jika masyarakatnya sehat, maka akan berpengaruh juga terhadap aspek lain seperti pendidikan, produktivitas, dan lain-lain.



Oleh karena itu yuk mulai dari sekarang jadikan kampung halaman kita seperti Lengkong Kulon BSD dengan menerapkan 4 pilar diatas, sehingga kampung kita bisa masuk ke dalam daftar KBA.

20 Responses to "Kampung Berseri Astra (KBA) Lengkong Kulon BSD Makin Maju Dengan 4 Pilar"

  1. Rumah saya dulu dekat dengan BSD tapi saya baru kenal kampung ini. Bagus ya kampungnya, semoga kampung-kampung lainnya juga bisa menarik seperti Kampung Lengkong Kulon BSD ini

    BalasHapus
  2. Whaa peran astra besar juga ya dalam memajukan kecerdasan masyarakat Indonesia. Semoga jejaknya banyak diikuti perusahaan lain juga ya.

    BalasHapus
  3. loh aku kira ini Lengkong Bandung loh mba ternyata yang di BSD yah, seneng deh baca yang pilar pendidikannya dimana udah nerapain gerobak baca semoga nih di tempatku juga daya tarik baca meningkat :)

    BalasHapus
  4. Aku penasaran dengan kebunnya Mbak. Itu tanah milik warga yg ditanami beraneka macam tumbuhan seperti yg tertulis di papan begitu kah? Atau kebunnya tanah milik umum?

    BalasHapus
  5. Wah hebat ya lekong kulon BSD bisa terpilih oleh programnya Astra dan saya suka sekali dengan program sosialnya Astra ini. Semoga mereka dimudahkam ya dalam pelaksanaan program positif ini

    BalasHapus
  6. Waaah kereeen. Kampung di tengah kota yf notabene wow XD semoga ke depan makin banyak KBA di Indonesia.

    BalasHapus
  7. Kampungnya kreatif dan menginspirasj ya. Semoga semua kampung di Indonesia akan menjadi kampung yang keren seperti ini. Menarik banget juga ya ada gerobak baca jadi anak-anak bisa belajar membaca dan lebih banyak dapat ilmu dari membaca.

    BalasHapus
  8. Salfok sama Ibu-ibu yang guyub sedang liwetan...kayaknya enak tuh :)
    Astra memang keren dengan kontribusi nyatanya dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya lewat KBA ini.
    Ide gerobak bacanya bisa ditiru nih di kampung lainnya untuk menggiatkan literasi sejak dini

    BalasHapus
  9. kampung berseri astra juga menghadiri medan loh mom yaiu tepatnya di binjai. semua akses diberikan guna memberikan penyuluhan terhadap masyrahat sekitar.

    BalasHapus
  10. Kampung berseri astra memang sangat membantu masyarakat dalam fasilitas yang memadai buat perkembangan warga khususnya anak-anak ya mba.

    BalasHapus
  11. Daku selalu suka dengan program dari Astra, apalagi Kampung Berseri Astra ini. Dengan begitu masyarakat sekitar bisa semakin produktif dan meningkatkan kreatifitas untuk memajukan dan mensejahterakan, sehingga berdaya guna mandiri

    BalasHapus
  12. Keren banget nih Astra, program Kampung Berseri Astra tersebar dimana-mana, di Jogja juga ada. Semoga dengan program ini makin banyak masyarakat desa yang terbantu yaa :)

    BalasHapus
  13. Keren ini. Kampungnya bisa dijadikan kampung contoh untuk dikembangkan dan bisa jadi manfaat bagi masyarakatnya. Salut!

    BalasHapus
  14. Suma banget sama suasana kampung sawah ini. Apalagi dengan 4 pilarnya itu, patut dicontoh ya mba.

    BalasHapus
  15. wah keren nih programnya ASTRA, semoga akan ada kampung kampung berikutnya ya yang akan dilirik sama ASTRA kedepannya..

    BalasHapus
  16. Astra ini bagus-bagus programnya, jadi dia juga membantu masyarakat sekitar situ ya. Semoga banyak perusahaan lain juga yang mengikuti jejak Astra

    BalasHapus
  17. Selama ini aku mikirnya BSD identi dengan perumahan mewah yg dibangun pengembang, ternyata jg ada kampung2 gtu ya. Bahkan sekrng jd binaan Astra, keren. Makin tambah sejahtera ya masyarakatnya di Lengkong Kulon sana :D

    BalasHapus
  18. Bagus ya programnya :) Semoga nanti di masa depan main banyak KBA yang tersebar di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  19. Program seperti ini membantu masyrakat banget, oke banget deh...

    BalasHapus
  20. Whoaa... Bagus gan, sederhana dan menarik sekali, terimakasih banyak sudah berbagi gan...

    pokerplace88.me
    deposit idn poker
    daftar idn poker

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel