Coffee Media Ya Kopi Sugeng




Untuk pertama kalinya, KOPI SUGENG langsung membuka jaringan pertamanya di 2 (dua) lokasi yang berbeda. Pekan lalu sudah dibuka di Eatstreet Jakarta Lt.2 Mall Artha Gading, Jakarta Utara (9/9/2018), kali ini giliran peresmian kedai yang kedua di Mall Bassura City Lt.2 Basuki Rahmat, Jakarta Timur pada hari Minggu, 16 September 2018.

Grand Opening KOPI SUGENG 002 di Mall Bassura City Lt.2, Jakarta Timur ini mempunyai konsep yang sama seperti yang ada di Mall Artha Gading. Letaknya yang strategis, persis didepan Kidzone, dekatnya Cinema XXI dan tidak jauh juga koq dari mushola.

Jadi kalau kita selesai sholat bisa mampir untuk ngopi, sebelum atau sesuah nonton film di Cinema XXI bisa ngopi dulu nih, bahkan sambil nunggu anak-anak bermain diarena permainan bisa langsung ngopi di Kopi Sugeng.



Logo 'Gunungan' Kopi Sugeng

Tiap kali kita mampir ke kedai Kopi Sugeng, tiap kali itu juga kita akan menemui gerobak kopi dan logo gunungan. Kedua simbol ini akan selalu ada di kedai Kopi Sugeng.

Kopi Sugeng menggunakan logo 'Gunungan' sebagai identitasnya, agar orang yang mendengar ataupun melihat Kopi Sugeng langsung ingat bahwa Kopi Sugeng ini adalah kopinya Indonesia, milik orang Indonesia. Logo 'Gunungan' ini tidak ditemukan di negara lain selain Indonesia.

Anda dan saya sama-sama sepakat kan ya kalau logo ini sangat Indonesia banget?...(toss kalau gitu, hehee).

Ini merupakan konsep yang sangat Indonesia sekali, seperti halnya juga Kopi Sugeng memilih batik dan wayang kulit sebagai unsur pendukung yang saling terkait satu sama lainnya. Kopi, batik dan wayang kulit paduan yang sangat tepat untuk branding Kopi Sugeng sebagai kopinya Indonesia, jadi ini bukan tentang kopinya saja, ini tentang Indonesia.

Siapa kita?...Indonesia!
Ini saya koq jadi ikutan semangatnya komentator bola ya..hehee.




Antusias para penikmat kopi langsung terlihat dari antriannya di kedai Kopi Sugeng yang baru diresmikan ini, tepatnya di Mall Basura Lt.2. Termasuk saya dan teman-teman Blogger lainnya yang turut ngantri demi tetesan Selera Kopi Indonesia.

Sajian Kopi Sugeng terbilang lengkap, pilihan menunya ada Sugeng Coffee Blend, Sugeng Manual, Sugeng Coffee dan ada pula Sugeng Snack. Semua menu yang tersaji dibanderol dengan harga yang sesuai dari kualitas biji kopinya dan terjangkau oleh semua penikmat kopi, Anda dan saya jadi tidak perlu khawatir kalau minum Kopi Sugeng bikin kantong bolong, hihihii.


Sugeng Priyono (Founder of Kopi Sugeng), 
Jenderal Purn. Muhammad Ali Muthohar, SH, MH, Annisa Sugeng


Acara yang berlangsung dipanggung utama lantai GF Mall Bassura City ini dipandu apik oleh MC Dedy Darmawan, semakin meriah dengan hadirnya penyanyi muda berbakat Reyhan (sang mantan Kangen Band) di Grand Opening Kopi Sugeng 002,  hadir pula Bapak Jenderal Purn. Muhammad Ali Muthohar, SH, MH, yang tidak lain dan tidak bukan adalah Ayahanda dari Founder of Kopi Sugeng, Sugeng Priyono.

Ayahanda Muhammad Ali Muthohar, SH, MH, memotong tumpeng sebagai simbolis peresmian Kopi Sugeng dilokasi kedua ini, sekaligus memimpin doa untuk keberkahan, keselamatan dan kemajuan bisnis Kopi Sugeng.









Kopi Sugeng sebagai Coffee Media

Kalau ada kopi kita bisa ngobrol, bisa kenalan, bisa duduk bareng, bisa nongkrong sembari kita ngomongin tentang edukasi kopinya ke orang-orang Indonesia lainnya yang tidak ngopi, atau yang tidak punya budaya habit ngopi alias gak biasa ngopi, disitulah kita bisa banyak doing something. 

Ngopi bukan hanya untuk diri sendiri, memang sih lidah kita yang menikmati rasanya, selera kopi tiap tiap orang juga berbeda, kembali pada pribadi kita masing-masing. Namun ngopi bareng juga ternyata banyak manfaat positifnya.

Kopi Sugeng sebagai coffee media, karena kopi kita bisa ketemu teman-teman semua, karena kopi bisa menyambung silaturahmi, karena kopi kita juga bisa bersosialisasi dengan lingkungan. Dan media komunikasinya itu ternyata sederhana, yaitu kopi.



Nama Kopi Sugeng

Penamaan kopi ini diambil dari nama Founder Kopi Sugeng, yaitu bapak Sugeng Priyono. Nama, sifat dan karakternya yang sederhana, humble dan kebapakan ini sangat menginspirasi. 

Kata Sugeng memiliki arti keselamatan, bisa juga berarti diberi keselamatan. Bukan lantas diartikan Kopi Sugeng yang memberi keselamatan, Alloh subhanahu wa ta'alla lah Yang Maha Memberi Keselamatan kepada kita semua, Kopi Sugeng hanya ingin berbagi berkah kepada orang lain.



Kopi Sugeng menerapkan konsep Coffee Ecosystem

Sebagai pendatang baru di Industri Kopi Indonesia, Kopi Sugeng Indonesia berkomitmen penuh untuk turut berperan aktif melestarikan Kopi asli Indonesia. 

Mulai dari pemilihan biji kopi yang akan digunakan, datang dan membeli langsung dari para petani kopi lokal diseluruh pelosok nusantara. 

Kopi Sugeng terapkan konsep “Coffee Ecosystem” dimana selain membuka Jaringan Kedai Kopi atau Coffee Bar, juga berkomitmen dalam mengembangkan konsep edukasi atau pendidikan & sertifikasi untuk  profesi Barista, Trading & Retail Biji Kopi, Event Organizing Coffee Industries & Konsultan.

Kopi lokal memiliki total 20 jenis kopi yang ada saat ini. Mulai dari kopi Aceh Gayo, Enrekang Latimojong, Flores Bawaja, Papua Wamena, Jawa Ijen, Bali Kintamani, Toraja Dandang Batu, Sumatera Mandheling, Java Andongsari, Java Temanggung, Luwak Liar dan lainnya.

Negeri kita memang kita kaya, varian rasa lainnya masih ada sebanyak 350 jenis kopi, dan Kopi Sugeng nantinya akan membuat berbagai program dan promo menarik bagi para penikmat kopi yang akan dibagi per season. 

Bekerjasama dengan jaringan petani kopi dari seluruh pelosok Nusantara, supplier alat kopi lokal terbaik & para pemerhati kopi Indonesia  (professional barista, pelaku bisnis kopi Indonesia, pemerintah, reviewer, blogger, media, dll) diharapkan secara bersama memajukan Industri Kopi Indonesia baik secara lokal maupun Internasional.




Bapak Sugeng Priyono dan Ibu Annisa Sugeng 
berfoto bersama teman-teman Blogger 
(sumber foto : Ariefpokto.com)


Perekrutan Barista telah mempunyai standarisasi yaitu mengharuskan ada sertifikasinya, tidak sembarang dalam memilih tenaga sdm.

Karena seorang Barista bukan hanya sekedar 'tukang bikin kopi' kemudian selesai begitu saja. Lebih dari itu, mereka merupakan seniman yang tahu betul bagaimana membuat racikan alias seberapa banyak takaran dan campuran yang diperlukan untuk menyajikan espresso dan variasi lainnya.

Tak hanya fokus pada biji kopi unggulan dan tenaga sdm yang memiliki keahlian khusus dibidang perkopian, Kopi Sugeng juga memberikan pelayanan yang terbaik dan layak bagi para penikmat kopi, khususnya pelanggan Kopi Sugeng.



Mencari taste kopi Indonesia temukan di Kopi Sugeng

Beroperasi dibawah bendera manajemen PT. ANNISA GAHARU INDONESIA secara bisnis menempatkan diri sebagai Jaringan Bisnis Kopi Cepat Saji, dimana konsep Take Away & Fast Moving Coffee menjadi salah satu service yang diberikan untuk konsumen Kopi Sugeng.

Ditahun 2018 ini Kopi Sugeng menargetkan membuka sebanyak 50 kedai dan akan lebih banyak lagi ditahun-tahun berikutnya. Karena Kopi Sugeng punya tim-tim muda yang sangat bersemangat dan berusaha memajukan kopi yang mempunyai tagline 'Selera Kopi Indonesia' yang bermakna menyajikan rasa nikmat jenis kopi khas Indonesia.

Sama-sama mensyi'arkan kopi Indonesia tapi gaya tidak dirubah, gayanya tetap sama seperti kopi Amerika dan Eropa, hanya saja biji kopinya asli dari Indonesia, punya Indonesia. Karena sudah terbukti bahwa kopi Indonesia banyak disukai orang Eropa.

Mas Aji selaku perwakilan dari Kopi Sugeng juga menjelaskan bahwa selain kedai kopi, next Kopi Sugeng ada rencana untuk membuka coffee shop. Namun untuk saat ini fokus di mall saja, untuk memberikan edukasi langsung (berbagi ilmu mengenai kopi).

Menempatkan kopi Nusantara pada kelas yang seharusnya dan sebenar-benarnya adalah sebuah kewajiban mutlak. 

Siapakah ambasadornya kalau bukan kita sendiri?
Intinya adalah generasi muda Indonesia jangan pernah malu menjadi ambasador produk lokal Indonesia.

Bangga dengan produk lokal, bangga menjadi Indonesia!




1 Response to "Coffee Media Ya Kopi Sugeng"

  1. Jadi ambassador kopi Sugeng asik kali ya,hahahaha. Filosofinya, kopi bisa jadi pencair suasana saat berkumpul, apalagi kalau sudah sama-sama coffee addict. Pasti suasana jadi lebih santai.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel