Senin, 12 Februari 2018

Mommyclopedia, Langkah Tepat Dan Praktis Mengasuh Buah Hati



Buku Mommyclopedia karya dr. Meta Hanindita, Sp.A,

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya memiliki tumbuh kembang yang baik. Namun banyak orangtua muda yang kebingungan bagaimana cara merawat buah hati dengan benar, terutama ketika masih usia batita. 

Di era digital saat ini banyak sekali informasi simpang siur mengenai cara merawat anak, mulai dari dunia internet hingga tradisi turun-temurun dari orangtua jaman old. Di masa balita, sel otak berkembang dengan sangat pesat. Anak balita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyerap kepandaian dan informasi baru.

"Karena aku seorang ibu, dan juga seorang dokter, aku ingin memberikan yang terbaik untuk anakku dan para pasienku. Salah satunya dengan memberikan jawaban pasti dan ilmiah mengenai keresahan para orangtua, bahwa mitos ini benar atau tidak hingga cara ini benar atau tidak," ujar dr. Meta Hanindita, Sp.A, dalam acara peluncuran dua bukunya di  Kinokuniya Books, Plaza Senayan, Jakarta, Jumat kemarin, 9 Febuari 2018.

Berdasarkan data WHO, Indonesia menduduki peringkat ke lima dunia untuk jumlah anak dengan kondisi stunting. Lebih dari sepertiga anak berusia di bawah lima tahun di Indonesia tingginya berada di bawah rata-rata. Bahkan, kasus stunting di Indonesia semakin meningkat. Pada 2013 persentase penderita stunting sebesar 37,2 persen.

Istilah stunting mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. 

Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun. Kekurangan gizi pada usia dini meningkatkan angka kematian bayi dan anak, menyebabkan penderitanya mudah sakit dan memiliki postur tubuh tak maksimal saat dewasa. Kemampuan kognitif para penderita juga berkurang, sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi jangka panjang bagi Indonesia.

Hal itulah yang menjadi alasan utama dokter cantik, dr. Meta Hanindita, Sp. A, memutuskan untuk menulis buku berjudul 'Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Batita' dan 'Mommyclopedia Tanya Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak'.

Menurut dokter cantik yang telah meraih gelar dokter spesialis anak dari Falkutas Kedokteran Univeraitas Airlangga Surabaya ini, diluar sudah banyak sekali informasi yang beredar, membuat para orangtua kebingungan hal-hal apa yang sebenarnya tepat untuk merawat anak. Karena itulah ia memutuskan untuk membuat buku, yang menjelaskan secara ilmiah mengenai mitos fakta hingga berbagai macam cara merawat batita yang benar.

"Mommyclopedia : Panduan Lengkap Merawat Batita merupakan buku panduan yang tepat dan praktis secara medis untuk merawat dan mengasuh anak usia satu sampai tiga tahun. Topik-topik seperti tentang menjaga kebersihan, nutrisi, kesehatan batita dan tumbuh kembangnya, serta pertolongan pertama turut diulas didalamnya," ujar dokter yang juga aktif mengasuh rubrik konsultasi kesehatan anak diberbagai media ini.


Penyerahan secara simbolik buku Mommyclopedia : Panduan Lengkap Merawat Batita (1-3 Tahun) dari pihak Penerbit Gramedia (kanan) kepada dr.Meta (kiri)

Di dalam buku tersebut membahas mengenai panduan yang tepat dan praktis secara medis untuk merawat dan mengasuh anak 1-3 tahun, bagaimana menjaga kebersihan anak, nutrisi, kesehatan batita, tumbuh kembang, hingga pertolongan pertama ketika anak terkena masalah seperti luka bakar, demam, kejang, dan masih banyak lagi. 

Penyerahan secara simbolik buku Mommyclopedia : Tanya Jawab Tentang Nutrisi Di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak dari pihak Penerbit Gramedia (kanan) kepada dr.Meta (kiri)


Sedangkan untuk tanya jawab tentang nutrisi di 1000 hari pertumbuhan anak yang biasanya diajukan oleh para orangtua kini telah dirangkum.oleh dr.Meta dalam bukunya yang diberi judul Mommyclopedia : Tanya Jawab tentang Nutrisi Di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak.

Kedua buku parenting yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama ini, ditulis dengan bahasa yang sederhana, singkat dan jelas serta dilengkapi ilutrasi menarik. Informasi lengkap di dalamnya  diharapkan akan membuat hari-hari merawat dan mengasuh anak semakin menyenangkan untuk para orangtua.

Seri Mommyclopedia yang sudah bisa didapatkan di seluruh toko buku dan toko buku online ini disusun dr. Meta sekaligus sebagai jawaban ilmiah dari segala keresahan orangtua. dr. Meta melihat ibu-ibu saat ini lebih menyukai mencari informasi melalui internet, karena bahasanya yang ringan dan mudah dimengerti.


"Moms zaman now lebih suka segala hal yang mudah dan simpel. Karenanya aku membuat buku yang colorful dengan banyak gambar dan dengan bahasa yang ringan sehingga para moms lebih mudah mengerti dan tidak bosan ketika membaca," ucap dokter satu anak yang juga berprofesi sebagai penyiar radio, presenter dan blogger.




15 komentar:

  1. Bener kak. Daripada nyari info yg simpangsiur di net mending kembali baca buku.menarik jg jd tau istilah stunting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi lebih ngerti juga mana yang sebenarnya hanya mitos dan fakta nih mas.

      Hapus
  2. Selalu suka sama penjelasan Dr Meta yang selalu ada landasan teori & number jurnal berEBM. Pengen punya 1000 nutrisi hari pertama dan merawat batita. Mba punya seri yang mana amana aja ?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah saya juga suka sama MOMMYCLOPEDIA Series ini. Saya juga lengkap tiga-tiganya. Bahkan kalau launching suka datang ke Gramedia Surabaya

    BalasHapus
  4. Wah salut dengan Dokter Meta, dokter yang juga berprofesi sebagai penyiar radio, presenter dan blogger...lengkaaap profesinya!
    Buku Mommyclopedia seperti ini harusnya yang jadi panduan buat pengasuhan. Dan bukan percaya pada info yang bertebaran di media sosial yang justru kadang menjerumuskan.
    Keren bukunya!

    BalasHapus
  5. Wah menarik nih, bayiku yang sekarang 9 bulan bentar lagi udah jadi batita. Mana ngasuh sendiri juga sekarang tanpa bantuan nanny atau mertua jadinya mesti punya buku pedoman kayak mommyclopedia :)

    BalasHapus
  6. akhir2 ini stunting sudah mulai banyak yang menginformasikan, mudah-mudahan makin banyak orang tua yang perhatian untuk hal tersebut dan bisa dapat informasi yang benar.
    dan aq jadi penasaran sama bukunya, cuslah akhir pekan ini cari di gramedia

    BalasHapus
  7. Ooh ini semacam buku ensikolpedia khusus mama ya, bagus juga idenya, secara mama zaman now udah overwhelmed dengan informasi

    BalasHapus
  8. wah mantap nih,ternyata bu dokter inj betu-betul multitalent,seperinya bukunya cocok ini buat sodara saya..

    BalasHapus
  9. Aku waktu punya anak pertama, koleksi nih beberapa buku tentang pengasuhan anak. Namanya juga masih ibu baru ya... jadi apa-apa blm tau deh.

    BalasHapus
  10. Zaman sekarang banyak banget orang yang suka share parenting yang kadang bikin tambah puyeng bacanya, ga tau mana yang bener mana yang ngarang hahaha.

    Makanya saya lebih suka menulis tema parenting berdasarkan pengalaman pribadi, bukan menggurui, tapi berbagi pengalaman.
    Karena sesungguhnya yang ngerti masalah ginian hanya para pakar, itupun belum tentu bisa diterapkan ke semua anak.
    Emang memilih buku parenting yang terpercaya lebih baik ketimbang Googling dan bingung sendiri hahaha

    BalasHapus
  11. Sudah ada di toko buku gramedia dong ya mba? Mau ah cari. Kalo liat dari judul-judul nya menarik banget ini. Aku emang suka baca buku yg ada gambar-gambarnya jd ngga bosen utk baca

    BalasHapus
  12. Harus cari nih bukunya. Biar mamak lebih teredukasi lagi. Soalnya mudahnya informasinyang didapat berdampak pada banyaknya ibu-ibu yang bingung, kayak aku ini. Simpang siur beritanya. Lebih baik yang jelas-jelas aja..

    BalasHapus
  13. Aku suka namanya "Mommyclopedia", ensiklopedia bunda untuk anak. Apalagi ada panduan praktis secara medis dan pertolongan pertama. Tumbuh kembang anak jadi makin komprehensi terkawal, nih

    BalasHapus
  14. Wah bukunya informatif banget yah mba jadi tau dari ahlinya langsung

    BalasHapus