Senin, 12 September 2022

Peduli Kelestarian Laut Indonesia Melalui Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’

 

Membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu kebiasaan yang sangat sederhana dan berdampak positif, membiasakan kebiasaan baik ini tentunya bisa kita tanamkan sejak dini dari rumah. 

Bicara tentang sampah memang seakan tiada habisnya, dan menjadi salah satu penyumbang masalah utama dalam pencemaran lingkungan, baik pencemaran tanah maupun laut adalah sampah plastik. Masalah ini timbul dikarenakan sifat sampah plastik yang tidak mudah terurai, yang artinya membutuhkan waktu ratusan tahun bila terurai secara alami.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 menyebutkan bahwa limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun, dimana diperkirakan sebanyak 3,2 juta ton diantaranya merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut. 

Sedangkan, data dari National Plastic Action Partnership (NPAP) menunjukkan ada 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik, di mana sebanyak 48 persen di antaranya dibuang ke alam terbuka dan 9 persen dari sampah plastik berakhir di laut. 

Kategori sampah plastik yang terbesar berasal dari kemasan dan wadah seperti botol minuman, tutup botol, botol sampo dan lainnya. 

Masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik  bukan hanya tidak mudah terurai, pencemaran plastik ini juga akan menimbulkan dampak negatif yang lainnya, seperti :

  • Pencemaran air laut yang dapat mengganggu rantai makanan dan membunuh hewan laut.
  • Pencemaran air tanah karena sampah plastik tidak mudah terurai. 
  • Penyebab polusi udara yang dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan manusia
  • Menimbulkan racun karena memproduksi plastik menggunakan bahan kimia beracun.
  • Biaya penanggulangan dan pengelolaan sampah plastik sangat mahal dan dapat menurunkan pendapatan negara dari sektor pariwisata.

Untuk itu penting bagi kita semua menyadari bahwa sampah plastik membawa dampak negatif yang luar biasa bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

Blackmores Peduli Tukar Botol Jadi Solusi Terbaik Untuk Mengurangi Sampah Plastik

Bukan hanya perkara plastik yang sulit diolah, namun sampah plastik bisa jadi masalah besar di bumi juga disebabkan karena rendahnya kesadaran manusia untuk menjaga lingkungannya, untuk membuang sampah dengan benar dan memilahnya.

Yang harus kita lakukan adalah bijak menggunakan plastik dengan menerapkan reduce, reuse dan recycle.

Hal ini pun membuat PT. Kalbe Blackmores Nutrition (Blackmores Indonesia) tergerak untuk ikut berkontribusi dengan membawa dampak baik yang nyata dalam membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik yang dapat mengotori laut demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dengan kembali menghadirkan program Blackmores PeduliTukar Botol’. 

Sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari : 

  • Memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih,
  • Pengemasan yang modern,
  • Hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. 

 

Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. 
Astrid Prasetyo (Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition)


Program Tukar Botol ini merupakan salah satu wujud inovasi Blackmores Indonesia untuk mendukung pemerintah dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan laut.

Upaya menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut adalah hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.

Masyarakat Indonesia diajak untuk ikut bertanggung jawab atas sampah plastik dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya sampah botol plastik bekas vitamin dari merek apapun agar bisa dikelola atau didaur ulang dengan baik sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

Nah, bagi siapa pun yang tergerak hatinya untuk menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut, boleh banget ikut berpartisipasi dalam program Tukar Botol ini lho. 

Caranya sangat mudah sekali, apabila ada konsumen yang memiliki botol plastik bekas vitamin merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mall di Indonesia. 

Selain itu, Blackmores juga telah menggandeng organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle untuk membantu proses pendauran ulang botol plastik yang telah terkumpul.


Yang lebih asyiknya lagi adalah Blackmores telah menyiapkan bentuk apresiasi bagi masyarakat untuk setiap keikutsertaannya pada kegiatan ini, dimana setiap botol plastik dapat ditukarkan dengan voucher belanja.

Program Blackmores Peduli Tukar Botol Ajak Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

Permasalahan sampah bisa menjadi berat dan sulit terselesaikan bila hanya mengandalkan satu pihak saja. 


Dukungan dari berbagai pihak sangatlah diperlukan, mulai dari pemerintah, pihak swasta, asosiasi, komunitas serta seluruh masyarakat untuk mendukung upaya mengelola sampah secara bertanggung jawab agar tidak mencemari lingkungan, baik itu daratan maupun perairan Indonesia. Ini sebagai aksi kolaborasi dalam penurunan sampah plastik di laut.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

Tasya Kamila selaku Pemerhati Lingkungan sangat mengapresiasi dan menyambut baik program Tukar Botol dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol' ini.

Ayo bersama-sama kita menjadi agen perubahan dengan mengumpulkan sampah botol plastik bekas vitamin untuk menjaga laut tetap bersih.

Jadi, apabila semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan sekitar, terutama lingkungan laut, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga, begitupun kehidupan yang ada dibawah lautnya.

Sudah menjadi komitmen berkelanjutan jangka panjang dari Blackmores untuk selalu peduli dan akan terus melakukan lebih demi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan. 

Semoga program Blackmores Peduli Tukar Botol yang telah berjalan ini dapat dilaksanakan dengan sukses dan kita pun dapat lebih bijak dalam penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. 

Punya banyak botol plastik bekas vitamin dirumah? Ayo, segera ikut program Blackmores Peduli Tukar Botol ini. Kalau bukan kita sendiri yang memulai hal baik ini, lalu siapa lagi yang akan memulainya?














0 komentar:

Posting Komentar